Kupas Tuntas Dunia Dropshipper


Selamat datang di blog aspudin. Artikel kali ini, saya akan kupas tuntas dunia dropshipper. Tulisan ini cocok bagi anda yang tertarik untuk menekuni bisnis online baik yang awam, pemula maupun yang sudah menjadi dropshipper. Plus saya berikan cara membuat aplikasi toko online di android.
Anda tidak akan rugi membaca tulisan saya dari awal sampai akhir. Artikel ini akan di bagi ke dalam beberapa sub bagian mulai dari :
1. Apa itu dropshipper marketplace?
2. Kelebihan dan kekurangan dropshipper marketplace!!
3. Bagaimana memulai menjadi dropshipper
4. Cara membuka toko online di marketplace
5. Cara mencari produk yang sedang laris
6. Cara mencari supplier di marketplace
7. Optimasi produk biar laris
8. Bagaimana cara berkomunikasi dengan pembeli agar closing
9. Suka duka dropshipper
10. Rujukan Tool upload massal 
11. Kelebihan dan kekurangan Tool Upload massal
12. Bonus cara membuat aplikasi toko online di android.

Bagian 1 Apa itu dropshipper marketplace?
Dalam bahasa paling mudah dipahami, dropshipper adalah calo. Sudah pada tau dong cara kerja calo, hanya yang membedakan disini adalah calo marketplace. Namanya juga calo, tidak punya produk tapi turut serta dalam jualan. Kira-kira begitulah gambaran umum tentang dropshipper. 
Tapi pengertian tersebut di atas sangat dangkal. Kalau dropshipper hanya terlibat pada jual beli semata itu sangat dangkal, kalo itu mah semua orang juga bisa kali :D .
Menurut saya dropshipper bekerja pada area jasa bukan pada jual beli semata. Ada beberapa alasan mengapa dropshipper bergerak dibidang jasa antara lain :
1. Dropshipper tidak pernah bersentuhan dengan produk yang dijual belikan. Kalau masih bersentuhan dengan produk namanya reseller.
2. Dropshipper berstatus ganda hehee, penjual sekaligus pembeli dalam waktu yang bersamaan. Kalau reseller masih ada jeda waktu karena dia harus menyetok dulu produk baru di distribusikan ke pembeli.
3. Tidak ada kerugian. Namanya juga jasa, ada yang pake jasanya berarti dia dapat uang, kalo ga ada yang pake jasanya ya gak rugi. Beda dengan reseller kalo keterlambatan jual produk ya rugi karena modalnya mendem di produk.
Bagian 2 Kelebihan dan kekurangan dropshipper marketplace!!
Meskipun dalam dunia marketplace tidak ada kerugian bukan berarti hanya memiliki kelebihan semata. Ada juga ko kekurangan dropshipper tapi bukan berarti kerugian finasial ya. :D .
inilah kelebihan dropshipper :
1. Tidak perlu stok produk. Namanya juga calo ga mungkinlah stok produk. Meskipub demikian, dropshipper harus memiliki tanggungjawab untuk memastikan bahwa produk yang dijualnya tersedia.
2. Modal nyusul setelah ada pembelian. Disini point utama tidak ada resiko kerugian. Bandingin aja dengan usaha lainnya yang harus ngeluarin modal terlebih dulu tanpa tidak tahu siapa yang akan beli.
3. Tidak perlu sewa tempat. Kurang enak apa coba, bisa jualan dapet untung gak perlu sewa tempat pula. Nikmat mana lagi yang hendak kau ingkari :P .
Masih banyak ko kelebihan dropshipper tapi saya kira 3 kelebihan itu saja sudah cukup mewakili pembeda dropshipper dengan bisnis lainnya.
Kekurangan Dropshipper 
1. Ketersediaan produk tergantung pada orang lain. Maklum saja ga stok produk. Mungkin saja kita baru saja pajang produk di etalase toko dan pas ada yang beli pas abis pula produk disupplier. Apa gak pening tuh kepala hehee.
2. Keterlambatan pengiriman barang. Hal tersebut terjadi jika kita salah memilih supplier makanya dibagian bawah akan dikupas cara mencari supplier.
3. Disangka piara tuyul. Wajar saja jika anda totalitas sebagai droshipper lalu anda dikira piara tuyul kan ga keliatan kerjaannya tapi banyak duit terus haha. Bisa jadi si piara tuyul online wkwkkk. Kalo yang mengira anda piara tuyul janga tersinggung keimanan anda cukup sedekah, ngaji dan ibadah. Hehee.
4. Malas bekerja rajin nabung. Secara keenakan dropshipper bisa cari uang dimanapun berada.

Bagian 3 Bagaimana memulai menjadi Droshipper Marketplace?
Tidak ada yang ribet untuk memulai dropship. Gampang ko cukup punya smartphone, simcard dan laptop. Ga punya laptop/Pc pun masih bisa memulai dropship.
Bagian 4 Cara membuka toko online di marketplace
Disini saya akan memberikan simulasi memulai dropshipper marketplace di Bukalapak saja biar bagi yang awam bisa langsung praktek. Berikut adalah langkah-langkah memulai dropshipper di Bukalapak :
1. Instal Aplikasi Bukalapak
2. Setelah terinstal, buka aplikasi Bukalapak
3. Anda akan ditawarkan Daftar atau login. Kalau yang belum punya akun bukalapak daftar dulu bisa dengan menggunakan email atau nomor handphone. Yang lebih cepat langsung login pakai facebook atau gmail.
4. Setelah punya akun, verifikasi dua tahap yaitu verifikasi email dan nomor handphone.
5. Setelah verifikasi berhasil, anda masih belum bisa jual produk karena harus memasukkan alamat toko.
6. Masukan alamat toko. Caranya di bagian bawah ada home sampai akun. Klik akun lalu scroll ke bagian bawah ada pengaturan akun. Klik pengaturan akun, lalu klik alamat dan masukkan alamat. Alamat disini alamat toko ya. Asumsi saya, anda mau jadi dropshipper jadi usahakan alamatnya di kota besar ya misal Jakarta karena nanti suppliernya pun dari Jakarta.
7. Verifikasi udah, memasukkan alamat sudah, kini giliran anda jual produk dari supplier.
Secara umum di marketplace lain pun sama langkah-langkahnya. Sampai disini anda sudah berhasil buka toko online di marketplace. Langkah selanjutnya, isi toko dengan produk dari supplier.
Bagian 5 Cara mencari produk yang sedang laris
Untuk mencari produk yang sedang laris, saya tidak memakai tool apapun juga  cukup dengan klak klik saja. Oleh karena simulasi tadi jualan di Bukalapak maka cara mencari produk yang sedang laris pun ya di bukalapak juga.
Berikut adalah cara mencari produk yang sedang laris :
1. Di mesin pencarian Bukalapak, ketik dua atau tiga kata produk yang ingin dijual. Misal obat asam urat. Maka akan muncul berbagai produk asam urat.
2. Cari produk yang berbintang dan liat angka dalam tanda kurung misal(170). Angka dalam kurung menunjukkan jumlah produk yang terjual. Cari angka yang paling banyak karena itu berarti produk yang laris bukan. :D
3. Setelah menemukan produk yang lagi laris baru dweh cari produk disupplier. 
Bagian 6 Cara mencari supplier di marketplace
Cukup mudah mencari supplier di marketplace. Untuk permulaan 

Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus