Panduan Bisnis Online Untuk Pemula Terlengkap

Panduan ini meliputi pengertian, jenis, manfaat dan kiat sukses bisnis online di tahun 2019.
Panduan bisnis online untuk pemula

Sebelum memulai bisnis online ada baiknya mengikuti panduan dasar-dasar bisnis untuk pemula terlengkap. Panduan ini meliputi pengertian, jenis, manfaat dan kiat sukses bisnis online di tahun 2019. Hal tersebut penting agar mampu menemukan peluang bisnis 2019.

Bisnis online sedang booming sejak memasuki era digitalisasi. Kondisi tersebut memicu terjadinya shiping dari belanja offline ke belanja online. Tidak heran tumbuh internet marketers yang menjadi profesi baru bagi pelaku bisnis online.
Ketertarikan menerjuni bisnis online bukan saja dari anak-anak muda saja namun generasi tua pun tidak mau ketinggalan. Mencari bisnis online dengan modal kecil yang menjanjikan menjadi kendala bagi pemula. Bahkan ada juga yang hendak memulai bisnis online tanpa modal.
Dapat dimengerti kondisi tersebut diatas mengingat bisnis online bisa dikerjakan dirumah. Dengan kata lain bisnis online adalah bisnis yang bisa dikerjakan dimanapun termasuk dirumah seharian.
So, apa yang anda kenali dari bisnis online?. Ada baiknya anda mempelajari bisnis online dari pengertian bisnis online, jenis bisnis online, manfaat bisnis online, kiat sukses bisnis online dan tren bisnis online 2019.
Saya aspudin akan share dalam tulisan panduan bisnis online untuk pemula terlengkap.

Apakah pengertian Bisnis Online?

Kata bisnis online bukanlah hal baru yang kita dengar. So, apakah pengertian bisnis online?
Bisnis online adalah kegiatan jual beli produk yang dilakukan melalui jaringan internet. Jadi kata kunci dari bisnis online adalah jaringan internet. Tanpa itu disebut bisnis offline.
Secara pengertian bisnis online, ada perbedaan mendasar cara jualan offline dan online. Hal tersebut akan memicu teknik dan strategi pemasaran yang berbeda dari bisnis offline.
Sedangkan pengertian bisnis online menurut ahli adalah :
1. Yudi Wicaksono
Bisnis online adalah kegiatan jual beli dalam sambungan interner dan fitur belanja online yang sudah tersedia.
2. Dedik Kurniawan
Bisnis online adalah sebuah kegiatan yang menggunakan fasilitas jaringan internet untuk melakukan segala kegiatan secara seperti halnya bisnis, daftar kuliah, searching, stalking, mencari berita dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Bisnis Online yang dikerjakan dirumah

Pengangguran happy adalah istilah bagi para pebisnis online yang dikerjakan dirumah. Mereka menganggap bahwa mereka memang bebas dari kegiatan yang diatur waktu atau perusahaan dengan rumah sebagai tempat pekerjaannya.
Mungkin anda bingung, jenis bisnis online yanh bisa dikerjakan dirumah. Berikut saya tawarkan jenis-jenis bisnis online yang bisa dikerjakan dirumah adalah sebagai berikut :
1. Dropship
Apakah pengertian dropship?. Dropship adalah perantara yag mempertemukan supplier dan end user. Sebagai dropship anda tidak bersentuhan langsung dengan produk.
Kegiatan yang dilakukan dropshipper adalah promosi produk ke berbagai target pemasaran online. Tempat jualan online terbaik untuk dropshipper adalah E-commerce atau marketplace.
Dropship marketplace gak perlu bingung mendatangkan audiens. Seorang dropshipper hanya fokus pada jualan.
Keuntungan dropship adalah hampir tidak ada resiko rugi yang ditanggung kecuali salah memilih supplier yang tidak bisa dipercaya.
Kekurangan dropship adalah kinerja dropshipper sangat dipengaruhi supplier.
2. Penulis lepas
Penulis lepas atau freelance bisa dikerjakan dirumah. Ada banyak website yang menyediakan jasa penulis lepas seperti freelance, iwriter dan lan sebagainya.
Untuk menjadi penulis lepas yang dibutuhkan adalah kemampuan menulis. Banyak baca adalah kunci sukses menjadi seorang penulis online.
3. Penulis Ebook/Paperback/Hardcover di amazon
Untuk menjadi penulis Ebook/Paperback/Hardcover di amazon sagatlah mudah. Tidak ada persyaratan khusus seperti kelulusan sekolah atau pengalaman kerja sebagai penulis.
Yang dibutuhkan untuk menjadi penulis dan penerbit buku di amazon adalah memenuhi kewajiban pajak yang berlaku. Jangan khawatir, setiap buku yang laku sudah langsung dipotong pajak. Jadi nominal yang anda terima adalah bersih.
4. Blogger
Memulai menjadi seorang blogger tidaklah sulit dan tidak faham bahasa pemograman website. Anda cukup menulis artikel yang menarik.
Ada dua platform besar yang sering digunakan para blogger yaitu blogger dan wordpress.
Pendapatan yang diraih seorang blogger berasal dari iklan yang tampil di blog maupun affiliasi marketing.
5. Affiliasi Marketing
Affiliasi marketing adalah salah satu jenis bisnis online yang bisa dikerjakan dirumahan. Ada banyak Ecommerce yang menyediakan affiliasi marketing.
Yang perlu anda kerjakan adalah promosi produk Ecommerce. Keuntungan yang didapat berupa komisi penjualan.
6. Online shop
Online shop adalah bisnis yang dikerjakan dirumah dengan pangsa pasar yang sangat luas. Online shop bisa menjual produk di website sendiri maupun di marketplace.
Untuk membuat website online shop mudah kok bisa menggunakan platform blogger.

Manfaat bisnis online yang sering dirasakan

Memulai bisnis online sampai berhasil akan memberikan banyak manfaat yang diperoleh. Ada pun manfaat bisnis online adalah sebagai berikut :
1. Waktu senggang
Salah satu manfaat bisnis online adalah banyak waktu senggang. Jika anda sudah berkeluarga akan sangat membantu untuk mendampingi putra putri anda.
2. Tidak ada yang ngatur
Menjalankan bisnis online yang dikerjakan dirumah membuat anda tidak ada yang ngatur. Itu disebabkan anda sepenuhnya yang mengendalikan bisnis online.
3. Menciptakan lapangan kerja
Beragamnya jenis bisnis online bisa menciptaka lapangan kerja baru. Tentu itu bagus buat kesejahteraan masyarakat.
4. Mengurangi arus urbanisasi
Oleh karena bisnis online bisa dikerjakan dimana saja maka otomatis akan mengurangi arus urbanisasi. Wow bagus banget jadi bisa pemerataan deh..
Masih banyak lagi manfaat bisnis online yang bisa dirasakan oleh masyarakat. 

Kiat Sukses Bisnis Online

Kiat sukses menjalankan bisnis online bisa dimulai dari membangun karakter diri sendiri. Berikut adalah kiat sukses bisnis online adalah :
1. Personal branding
Personal branding adalah membentuk karakter diri sendiri. Jika anda senang berbagi maka personal branding anda adalah gemar berbagi. 
2. Kepercayaan
Jaga kepercayaan yang duberikan klien anda. Jika belom mendapatkan kepercayaan bisa dilakukan dengan nama dan alamat asli. 
3. Review Costumer
Review costumer akan sangat membantu mengembangkan profil bisnis online anda.
4. Mudah dihubungi
Gini hari susah dihubungi ada apa? Kira-kira begitu pertanyaan yang terbesit difikiran klien anda. Usahakan jangan telat membalas percakapan. Terkadang 30 menit gak ada respon aja, klien anda akan ragu bahkan meninggalkan anda.
Bagaimana sudah tertarik menjalankan bisnis online yang bisa dikerjakan dirumah?
Tetap ikuti blog aspudin ya, saya akan memberikan panduan bisnis online lainnya!!.