Saya Memulai Bisnis Dari Produk Yang Laku Setiap Hari

Ide untuk memulai bisnis dengan jual produk yang laku setiap hari.

Apakah produk yang laku setiap hari?. Pertanyaan tersebut muncul dalam benak saya ketika hendak memulai bisnis. Saya mencari ide bisnis dimulai dengan mengenali produk yang laku setiap hari. Maklum saja, modal yang dimiliki sangat terbatas sehingga rencana memulai bisnis harus bisa memutar kembali modal usaha.
Produk yang laku setiap hari adalah produk yang dibutuhkan sehari-hari oleh masyarakat. Tidak cukup sulit untuk menemukan produk yang laku setiap hari. Kita bisa melihat usaha yang dilakukan disekitar kita. Yang menjadi persoalan adalah apakah kita mampu memulai bisnis seperti usaha yang sudah dilakukan orang lain.

Apa saja produk yang laku setiap hari?

Secara umum, produk yang laku setiap hari adalah produk yang dibutuhkan masyarakat. Namun itu masih terlalu general sehingga masih belum bisa menjadi ide memulai bisnis. 
1. Olahan Makanan Matang
Untuk ide pertama untuk memulai bisnis dengan produk yang laku setiap hari adalah olahan makanan matang. Ada banyak jenis olahan makanan matang yang bisa dijadikan langkah awal memulai bisnis. 
Sebagai contoh adalah warteg, rumah makan padang, ketoprak, ayam bakar, gado-gado, gorengan, kue kering, soto dan masih banyak macamnya. Mungkin akan sedikit membutuhkan kerja keras untuk memulai bisnis olahan makanan matanh. Butuh resep masakan yang memiliki ciri khas berbeda dengan usaha milik orang lain.
Meskipun bisnis olahan makanan matang ini terlihat kerja kasar namun memiliki prospek bisnis dengan laba yang menggiurkan loh. Saya sendiri bergerak di bidang bisnis olahan makanan matang sehingga saya tau kisaran laba yang bisa diperoleh dari bisnis olahan makanan matang ini.
2. Pulsa
Untuk ide kedua untuk memulai bisnis dengan produk yang laku setiap hari adalah pulsa. Kebutuhan masyarakat akan pulsa semakin meningkat seiring dengan beragam medsos yang membuat semakin eksis generasi milineal.
Bisnis pulsa sangatlah prospektif banget dan tidak butuh keahlian khusus untuk bisa menjalankan bisnis pulsa ini. Kisaran margin laba pu  cukup menggiurkan.
3. Warung kelontongan
Untuk ide bisnis yang ketiga untuk memulai bisnis dengan produk yang laku setiap hari adalah warung kelontongan.
Warung kelontongan adalah warung yang menyediakan kebutuhan rumah tangga. Ada banyak jenis produk yang bisa dijual. Tidak perlu keahlian khusus untuk memulai bisnis warung kelontongan. Yang diperlukan adalah keuletan. Sedangkan dari sisi modal dibutuhkan dana cukup besar untuk memulai buka usaha warung kelontongan. Dari sisi keuntungan relatif tipis per item produk karena dibatasi dengan harga pasaran. Namun volume penjualan yang tinggi akan menjadikan omset dan laba warung kelontongan akan melejit. 
4. Olahan minuman segar
Untuk ide bisnis yang ke empat untuk memulai bisnis dengan produk yang laku setiap hari adalah olahan minuman segar. Yang sering kita jumpai adalah es kelapa muda, jus buah-buahan, es campur, sop buah dan lainnya.
Meskipun terlihat sepele namun keuntungan bersih yang didapat bisa tinggi banget. Secara resiko produk jika tidak laku juga minimal, artinya produknya masih bisa segar jika disimpan buat dijual esok hari.
5. Sayuran
Untuk ide bisnis yang ke lima untuk memulai bisnis dengan produk yang laku setiap hari adalah bisnis sayuran. Meskipun harga pokok sayuran relatif tidak stabil namun sayuran adalah bahan pokok masakan rumah tangga maupun bisnis olahan makanan matang.
Yang diperlukan adalah kemampuan memilih agen sayuran saja. Saya yakin anda pasti makan setiap hari jadi setidak-tidaknya anda pasti belanja bahan sayuran atau bumbu masakan. 

Kendala memulai bisnis yang sering dijumpai

Saya ketika memulai bisnis olahan masakan matang memiliki keraguan, jangan-jangan nggak bakal laku. Tapi keraguan adalah kendala terbesar untuk memulai bisnis.
1. Modal
Kendala yang sering dihadapi ketika hendak memulai bisnis adalah modal. Saya kira modal masih bisa dicari tergantung kemampuan anda meyakinkan orang terdekat anda.
Kalau anda benar-benar baru lulus sekolah, saya bisa memaklumi kendala modal adalah hambatan memulai bisnis. Solusi mendapatkan modal adalah dari keluarga terdekat. Yakinkan kemampuan anda untuk mengelola bisnis yang akan dijalani.
2. Mental
Gengsi, malu, takut nggak laku adalah mental tempe yang bisa merusak keyakinan anda untuk memulai bisnis. Singkirkan mental jelek seperti itu, lihat saja orang lain mampu masa anda nggak mampu. Tuhan sudah memberikan rejeki masing-masing.

Apa Solusi Untuk memulai bisnis?

Apakah solusi untuk memulai bisnis?. Solusi untuk memulai bisnis adalah pengetahuan. Pengetahuan yang cukup untuk bisnis yang akan anda jalani akan membangun kepercayaan diri.
1. Niat
Untuk memulai bisnis diperlukan niat yang kuat. Mulailah dengan niat menafkahi diri sendiri dan keluarga maka akan tumbuh kekuatan spirit.
2. Cari ide bisnis
Untuk mendapatkan ide bisnis, anda tinggal perlu browsing dari google atau medsos. Era digital ini akan sangat mudah menemukan berbagai ide bisnis. Carilah ide bisnis sesuai dengan minat dan hobi anda.
3. Pelajari seluk beluk bisnis
Ketika sudah menemukan ide bisnis, langkah selanjutnya adalah mempelajari seluk beluk bisnis yang akan anda jalani. Pelajari resiko untung rugi bisnis yang akan dijalani sehingga anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk membangun bisnis.

Kesimpulan

Untuk memulai bisnis yang termudah adalah dengan usaha menjual produk yang laku setiap hari. Cari dan temukan ide bisnis yang tepat dengan minat dan kemampuan anda. Jangan takut gagal, belum dicoba saja sudah ketakutan. Tuhan sudah mengatur rejeki setiap orang. Jangan khawatir tertukar rejeki. 
Bila dirasa ada pertanyaan, silahkan tinggalkan pertanyaan anda dikolom komentar. Atau mungkin mau share ide memulai bisnis juga boleh.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih