Andai Saja Bisa Memulai Blog Dari Awal Lagi, Saya Akan Melakukan Ini

Andai bisa kembali dari awal, saya akan memulai blog dengan cara yang efektif dengan strategi pemasaran konten.

Ketika saya memulai blog dengan domain gratis yang diinangi google"blogspot" berharap bisa meraih sukses dengan penghasilan tinggi seperti kisah maxmanroe, sugeng, klikmania, mastimon atau strukturkode. Mungkin anda juga berharap sama dengan saya bisa meraih penghasilan tinggi.

Saya dan anda mungkin dalam posisi yang sama betapa sulitnya mendatangkan traffic blog apalagi dikonversi menjadi penghasilan. Jenuh banget blogging itu tapi kata mastah blog, blogging adalah hobi. Saya sendiri bingung hobi ko bisa menjadi uang, apakah benar-benar hobi atau kamuplase saja.

Mari kita mulai berfikir kembali jika hobi maka tulisan artikel seharusnya tidak sistematis dan tidak tertarget untuk masuk halaman pertama google. Apa yang sering kita temukan di blog-blog yang tinggi traffic blog dan penghasilannya?. Semua kata-katanya sistematis, katanya tentang hobi menulis bisnis ko gak terjun ke dunia bisnis sebagai praktisi bisnis, katanya hobi menulis algoritma google terbaru tapi ko gak tau dasar-dasar algoritma. Benarkah memulai blogging karena hobi menulis?.

Menurut saya ada kekeliruan dari awal memulai blogging, seharusnya saya menyadari bahwa menjadi seorang blogger adalah terjun ke dunia bisnis konten. Jika saya berpedoman bahwa blogger adalah bisnis maka treatment pada artikel pun akan berbeda yaitu harus bersifat menjual.

Ketika Blogger Memperlakukan dirinya sebagai Pebisnis

Saat saya menyadari bahwa menjadi seorang blogger pun bisa meraih penghasilan tinggi maka saya mulai bergeser dari hobi menjadi pebisnis. Artikel yang saya tulis adalah seperti sebuah produk yang dijual ke pasaran.

Oleh karena artikel adalah sebuah produk maka tidak ada lagi istilah konten adalah raja. Saya benar-benar memulai memikirkan bagaimana konten saya diterima pembaca.

Ada baiknya saya memulai menulis artikel untuk dijual ke pembaca bukan semata-mata untuk mesin pencarian google. 

1. Pembaca menginginkan manfaat
Apa yang anda inginkan ketika membeli obat flu? tentu ingin menghilangkan flu. Kalau saya menulis tentang cara memulai bisnis online shop tanpa modalagar jualan di bukalapak cepat laku, bagaimana memulai menjadi dropship di bukalapak, tool scraper marketplace, cheat mobile legends, menghasilkan uang dari instagram, kalkulator kehamilan online, algoritma google terbaru, seo youtube, meningkatkan subscriber dan viewer youtube, creator studio, view gunung salak dari ipb, puisi cinta romantis yang mendayu-dayu, template kompi ajaib, mastimon, kompi ajaib, kumpulan lirik lagu Via Vallen, review smartphone terbaru, spesifikasi dan harga smartphone, bisnis online maka pembaca harus bisa menerapkannya tanpa mentor cukup membaca artikel saya. Itu baru bermanfaat buat pembaca bukan semata wawasan yang kalau dipraktikan gelagapan.
Hampir sama seperti sebuah produk, artikel harus bersifat memberi manfaat kepada pembaca. Semakin dirasakan manfaat akan semakin menjadikan pembaca loyal terhadap blog.
Untuk bisa menjadikan artikel bermanfaat, saya harus bisa memetakan masalah yang sedang dihadapi calon pembaca. Dengan begitu maka saya bisa memulai dengan apa permasalahan pembaca, solusi, pembahasan dan kesimpulan.
2. Gaya bahasa yang unik
Ada miliaran blog dan puluhan juta bahkan ratusan juta artikel tiap harinya, bagaimana pembaca memilih blog saya atau anda jika gaya bahasa blognya sama dengan blog lainnya. Gaya bahasa blog harus menonjol agar selain mudah di ingat juga menjadi ciri khas blog. Disini anda perlu target geografis pembaca misal target utama pembaca dari Sunda ya pake euleuh-euleuh, si borokokok, lah bujug ya(Betawi), aku kudu pie(Jawa), atau ciri khas daerah lainnya.
Hal tersebut penting untuk membangun keakraban dengan pembaca. Leres teu?.
Kalau saya sudah menemukan format manfaat dan unik maka saya bisa memulai menentukan niche blog. Untuk niche blog diharapkan jangan yang terlalu banyak jangkauannya jangan sedikit juga yang sedang-sedang aja agar bisa mengatrol traffic blog.
Dua hal tersebut tidak saya lakukan dari awal sehingga traffic blog dan kejenuhan selalu mampir dalam benak saya. Maunya memiliki penghasilan tinggi tapi pola fikirnya bukan sebagai pebisnis masih kaku sama hal-hal yang berbau teknis blog seperti template seo friendly, bagaimana masuk halaman pertama google?, dan ikut-ikutan memantau algoritma google terbaru. Itu bagus tapi cukup sekali saja toh google akan terus membutuhkan konten yang berkualitas. Meskinya saya harus mulai memasuki strategi pemasaran konten bukan lagi teknis blog.

Untuk Apa teknis blog diperlakukan?

Sebagai blogger, teknis blog tetap diperlukan untuk membuat kenyamanan pembaca agar betah menavigasi blog. Selain itu teknis blog dibutuhkan untuk membuat speed blog cepat. Menurut google, blog yang lambat loading akan ditinggalkan pembaca. Search Engine Optimasi diperlukan untuk mendatangkan free traffic yang berasal dari mesin pencarian google.
1. Judul blog
Judul blog harus mudah diingat dan tidak lebih dari tiga kata. Kalau sebagai publisher adsense, ada baiknya bersifat nama sendiri misal aspudin, maxmanroe, mastimon, sugeng. Saya fikir pembaca akan lebih percaya dengan label nama sendiri daripada judul umum. Kalau brand perusahaan lain lagi ya, ini semua tentang solopreneurship.
2. Alamat url
Alamat url sebaiknya sama dengan judul blog agar lebih mendapatlan trust dari pembaca dan seo friendly.
3. Template
Template yang seo friendly, ringan, kecepatan tinggi, gak terlalu banyak widget yang gak penting.
4. Link building
Suka atau tidak suka membangun link building diperlukan untuk meningkatkan kepercayaan dari mesin pencarian google. Jika hal teknis blog dirasa cukup maka gak usah uji coba dengan hal-hal baru, saatnya untuk memproduksi konten dengan keywords yang bisa mendatangkan pembaca.


Mari kita memulai strategi pemasaran konten

Mungkin saja anda cukup 2 sampai 3 jam membuat artikel akan tetapi pemasaran konten butuh waktu berhari-hari bahkan hitungan minggu. Dari situlah beranjak pemikiran bagaimana strategi pemasaran konten?. Strategi pemasaran konten adalah tidak melulu berbicara tentang seo dan medsos. Namun bagaimana membangun interaksi pembaca dan konten.
1. Artikel mudah di share
Artikel yang mudah di share akan memberikan dampak langsung pada pemasaran konten. Pembaca akan dengan mudah share artikel dan itu pemasaran gratis. Saya menggunakan sharethis untuk memudahkan pembaca share artikel.
2. Di akhir kalimat ajak pembaca meninggalkan komentar
Komentar dari pembaca akan memberikan pengaruh positif bagi artikel. Ajak pembaca di akhir postingan artikel untuk meninggallan komentar.
3. Kaitkan Url blog dengan profil medsos
Mulailah menunjukkan identitas di profil medsos dengan mengaitkan ke url blog. Hal ini akan berdampak pada peningkatan kepercayaan pembaca.
4. Membangun Fanspage Medsos
Traffic blog tidak melulu terkait mesin pencarian google, akan ada banyak traffic yang berasal dari Fanspage Facebook. Bangun interaksi pengunjung dengan konten artikel.
5. Pinterest
Pinterest menjadi traffic organik lainnya yang secara langsung bisa membangun pemasaran artikel. Buatlah boards dan pin yang sesuai dengan kategori blog.
6. Instagram
Instagram adalah medsos yang menggunakan multimedia seperti gambar dan video. Buatlah blog berbeda dengan kompetitor lainnya dengan memberikan sentuhan multimedia.
7. Youtube
Youtube adalah mesin pencarian terbesar kedua setelah google. Manfaatkan youtube untuk membangun opini dan traffic blog. Sentuhan multimedia akan meningkatkan kepercayaan pembaca pada blog.

Kesimpulan

Menjadi seorang blogger berarti saya dan anda terjun ke dunia bisnis konten. Tinggalkan paradigma blogger adalah hobi menulis. Perlakukan artikel sebagai produk yang menjual dengan memberikan manfaat kepada pembaca. Gak usah terpaku dengan cara seo blog atau update algoritma google terbaru. Fokus pada membuat konten dan strategi pemasaran konten.
Andai saja saya bisa memulai blog dari awal, saya akan menerapkan cara-cara diatas untuk meningkatkan traffic blog dengan efisiensi waktu. Strategi pemasaran konten akan memperluas traffic blog.
Bagaimana dengan anda, maukah share cara-cara blogging yang efektif?. Mari tinggalkan cara-cara blogging anda di komentar.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih