Cara Membuat Keywords Seo Google Dalam Algoritma Terbaru

Saya akan memaparkan cara membaca data google webmaster untuk membuat keywords seo friendly dalam menghadapi perubahan algoritma google terbaru.
Bagi seorang publisher adsense blog, posisi artikel dimesin pencarian menjadi wajib masuk dihalaman pertama google. Mereka melupakan webmaster. Saya akan memaparkan cara membaca data google webmaster untuk membuat keywords seo friendly disetiap algoritma google terbaru.
Sudah menjadi rahasia umum disetiap ada update algoritma google, para praktisi seo akan mencoba analisa perubahan algoritma. Tujuannya jelas menyesuaikan teknik seo mereka dengan kemauan mesin pencarian google.
Saya sendiri jujur gak mengerti apa itu algoritma google. Yang saya tahu bahwa setiap blogger menginginkan artikelnya masuk halaman pertama google.
Meskipun saya tidak mengerti secara teknis algoritma google namun bukan berarti saya gak punya analisa tentang "kultur" mesin pencarian google.
Hasil analisa saya mungkin berbeda dengan analisa blogger lainnya namun saya yakin akan sepakat dengan konsistensi google terhadap kualitas.
Apa saja kualitas yang dipertahankan dalam setiap perubahan algoritma google terbaru?
Bagi seorang blogger yang pernah mengajukan permohonan google adsense pasti akan mengingat email balasan google. Isi email itulah yang menunjukkan kualitas google. Kualitas google tidak pernah berubah dari tahun ke tahun meskipun google selalu update algoritma terbaru.
Saya sendiri mengalami banyak penolakan sampai akhirnya disetujui sebagai mitra publisher google adsense. Isi email penolakan yang masih saya ingat ada 2 point.
2 point penolakan adalah cermin kualitas google yaitu :
1. Konten yang memadai.
Dari isi email penolakan tentang konten yang memadai inilah yang di analisa para praktisi seo. Munculah rekomendasi agar isi artikel terdiri dari minimal 350 kata. Walaupun sebetulnya saya sendiri belum menemukan support google keterkaitan dengan jumlah kata.
Dari sini juga bermunculan optimasi onpage agar konten terlihat berkualitas. Link building, heading dan lainnya menjadi cara memperbaiki kualitas konten.
2. Navigasi situs.
Para praktisi seo mempelajari bagaimana navigasi situs yang seo friendly dengan google. Bermunculanlah cara-cara optimasi navigasi offpage seperti speed situs dan lainnya.
Bagaimana google memandang navigasi situs yang naik?. Mari kita buka dashboard blogger lalu masuk ke tata letak. Pilih add gadget lalu pilih arsip. Apa yang ada di tulisan arsip?. Disitu tertulis bahwa arsip akan memudahkan audiens menavigasi situs.
Apa strategi menghadapi algoritma google terbaru?
Tidak ada yang istimewa dengan saran saya terkait strategi menghadapi setiap perubahan algoritma google terbaru.  Saran saya hanyalah tetap mempertahankan kualitas blog.
Kualitas blog yang baik adalah konten yang memadai dan navigasi situs yang memudahkan audiens menavigasi situs.
Mengapa dua hal tersebut diatas saja?. Jawabannya karena disetiap perubahan algoritma google tidak menurunkan kualitas situs.
Apa permasalahan utama disetiap update algoritma baru?
Permasalahan yang sering muncul disetiap updatr algoritma terbaru adalah kena penalti google dan menurunkan peringkat artikel di mesin pencarian google.
Penalti google diberikan kepada situs yang melakukan praktek curang guna mendongkrak posisi blog dimesin pencarian google. Praktek curang yang sering ditemukan adalah membangun link building yang tidak wajar.
Apa perbedaan nyata perubahan pada algoritma google terbaru 2018?
Setidak-tidaknya ada 3 perbedaan nyata pada perubahan algoritma google terbaru yaitu :
1. Keywords
Meskipun keywords sudah dari setahun sebelumnya tidak lagi dipakai google sebagai penilaian peringkat situs tetapi google menggesernya sebagai topik utama artikel. Sehingga ketika anda membuat keywords/artikel utama tentang pemeliharaan kucing dan isinya melenceng jauh maka google akan mengabaikan artikel anda.
2. Link building
Google menginginkan link building yang natural dan berkaitan dengan konten blog. Jika tidak seperti itu maka link dari situs berkualitas bagus pun akan diabaikan.
Blog walking sudah tidak relevan lagi dalam membangun link building. Link eksternal akan didapatkan manakala kualitas artikel baik. Sedangkan link internal diharapkan lebih diperbanyak lagi sehingga akan memperkuat poaisi keywords.
3. Deskripsi
Deskripsi yang baik tidak mengulang-ulang kata yang sama. Buatlah deskripsi yang natural dan enak di baca karena itulah yanh diinginkan google.
Bagaimana cara membaca data google webmaster tentang keywords?
Oleh karena optimasi seo itu bertujuan memperbaiki posisi blog di mesin pencarian google maka sebaiknya kita membaca data yang tersaji di google webmaster.
1. Langkah pertama tentu masuk ke google webmaster.
2. Klik lalu lintas penelusuran
3. Telusur analitik.
Di telusur analitik ini akan disajikan beberapa parameter diantaranya klik, kueri, rkt, posisi dan lainnya.
Yang akan dibaca disini adalah kueri, posisi dan rkt. Kueri adalah kata kunci yang terdapat dalam situs atau blog. Data kueri memunculkan satu atau dua kata bahkan lebih yang menjadi keywords blog.
Posisi menunjukkan rata-rata keseluruhan posisi keywords blog sehingga data ini belum spesifik. Dalam posisi ini semakin besar angkanya semakin bagus posisi keywords di mesin pencarian google.
RKT menunjukkan rasio klik tayang keywords yang ada dalam mesin pencarian. Semakin tinggi RKT semakin banyak yang klik keywords blog.
Bagaimana Keywords yang seo friendly dengan algoritma google terbaru?
Gambar diatas menunjukkan posisi dan RKT dari setiap keywords. Oleh karena itu, untuk membuat keywords yang seo friendly harus bisa membaca laporan data google webmaster ini.
Cara membaca data keywords per keywords ini berbeda dengan posisi dan rkt yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Di gambar atas, posisi yang semakin kecil menunjukkan keywords semakin tinggi tingkat visibility mesin pencarian google. Dengan kata lain, semakin kecil posisi keywords semakin besar nampang di halaman pertama google.
Lalu bagaimana cara membuat keywords yang seo friendly dengan perubahan algoritma terbaru?. Gampang saja, kita hanya perlu mengkombinasi keywords yang memiliki posisi bagus dimesin pencarian google dan sekaligus naikkan keywords yang kurang bagus.
Berangkat dari cara dan strategi diatas maka saya yakin apapun perubahan algoritma google terbaru tidak akan banyak berpengaruh pada posisi artikel kita.
Strategi lanjutannya adalah membaca google trends. Apa yang lagi ngetrends kita buatkan artikel yang sesuai dengan posisi keywords blog yang kuat.
Mudah-mudahan strategi, cara dan tips membuat keywords ini efektif daripada harus survey keywords menggunakan tool selain produk google karena yang lebih tau google adalah google sendiri.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih