Cara Bertahan Dari Dampak Perubahan Algoritma Google Yang Terbaru 2018


Perubahan algoritma google selalu menjadi topik hangat para teknikal seo. Harap maklum, setiap google update algoritma akan ada blog yang hilang atau menurunkan traffic pengunjung. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara bertahan dari dampak perubahan algoritma google yang terbaru 2018.
Kalau anda seorang teknikal seo harap minggir dulu karena anda tidak akan mendapatkan apa yang diinginkan. Saya bukan seorang teknikal seo yang akan mengulas algoritma terbaru google.
Saya hanya seorang blogger pemula yang mencoba analisa pada dampak dari perubahan algoritma google dari sudut pandang yang berbeda.

Mengapa terjadi update algoritma pada mesin pencarian google?

Analisa saya menunjukkan bahwa google update algoritma yang selalu diperbarui bertujuan mengurangi praktek blackhat seo. Lalu yang terjadi adalah memanusiakan mesin pencarian google.
Seperti yang kita ketahui bahwa mesin pencarian google hanyalah sebuah bot yang bisa dikelabui dengan bot juga. Hal tersebut akan mendorong para teknikal seo mempersiapkan bot yang disesuaikan dengan kemauan bot google. Kalau sudah begitu akan terjadi persaingan tidak sehat.
Google harus menegaskan bahwa yang menjadi konten dalam mesin pencarian bukanlah bot semata tapi ada orang yang menyediakan dan ada orang yang menjadi pengunjung.

Apa yang terjadi dengan perubahan algoritma google terbaru 2018?

Dalam perubahan algoritma google terbaru 2018 sudah banyak yang turun dari halaman pertama. Hal ini terjadi akibat bot google yang menitikberatkan pada deskripsi bukan lagi pada keywords. Dari sini terjadi persaingan yang fair antara blog usia baru dengan blog lama dengan DA tinggi.
Selain deskripsi, google 2018 mengutamakan kerapatan deskripsi. Jadi semakin update postingan artikel semakin besar peluang masuk halaman pertama google.

Apakah Link Building mempengaruhi google?

Secara umum, link building tetap berpengaruh pada mesin pencarian tapi bener-bener yang berkualitas.
Jual beli backling hanya akan merugikan si pembeli saja bila usia blog masih baru. Karena akan diindikasikan sebagai kecurangan.

Apakah ada yang tidak berubah dari update algoritma google terbaru?

Ada yang tidak pernah berubah meskipun algoritma google diperbarui.
1. Kualitas konten
Google tidak pernah menurunkan kualitas konten.
2. Link Building
Link building tetap menjadi perhatian khusus google
3. Navigasi
Navigasi blog harus membuat pengunjung betah dan mudah dalam mengeksplor blog
4. Pagespeed
Pagespeed standar google tidak berubah tetap harus cepat memuat konten.

Bagaimana posisi keywords dalam algoritma terbaru google?

Dalam algoritma terbaru google 2018, keywords tidak menjadi tolak ukur ranking blog atau situs. Meta keywords sudah tidak berlaku. 
Algoritma terbaru google 2018 lebih mementingkan deskripsi. Karena deskripsi lebih natural. Meskipun begitu keywords tetap memegang peranan penting sebagai acuan pembahasan. Untuk memperkuat keywords dibutuhkan long tail keywords.
Long tail keywords adalah tangga untuk menaikkan keywords utama. Memperbanyak long tail keywords bisa mempercepat keywords utama masuk halaman pertama google.
Kalau senang riset keywords gunakan 4 tool keywords gratis.

Apa yang harus dilakukan blogger dalam menghadapi algoritma google terbaru?

Tidak banyak yanh bisa dilakukan seorang blogger terutama publisher adsense dalam menghadapi algoritma terbaru google kecuali posting artikel berkualitas, unik dan bermanfaat.
Ada yang menyarankan memperbanyak artikel namun ada juga yang menyarankan sedikit tapi jumlah kata yang maksimal. Anda tinggal pilih sesuai selera.
Kalau senang dengan seo maka belajar seo pada ahlinya. Bukan belajar asal belajar tanpa mentor. Kalau setengah-setengan mendingan stop belajar seo.

Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus