Skip to main content

Tema 1 Analytics Dalam Pengembangan Channel

Pengembangan channel memiliki tujuan untuk membuat sebuah channel menjadi populer. Ketika channel sudah populer berarti pemirsa youtube mudah menemukan video dan meningkatkan penghasilan seorang youtubers. Untuk bisa seperti itu, seorang kreator youtube(youtubers) bisa memulai dengan cara analisa analytics dan manfaat dalam pengembangan channel. Berikut panduan youtubers yang di mulai dari materi 1 ringkasan analytics dalam tema cara analisa dan manfaat dalam pengembangan channel.
Pada materi sebelumnya, sudah diperkenalkan tentang analytics dan garis besar isi dari analytics. Untuk mempermudah mempelajari analytics secara kesinambungan, saya beri tema saja, yaitu tema 1 analytics dalam pengembangan channel. Gambaran umum pembahasan tema 1 adalah pengenalan analytics dan pembahasan isi analytics. Pembahasan isi analytics dimulai dengan materi 1 yang akan dibahas adalah ringkasan analytics.

Materi 1: Ringkasan Analytics

Materi 1: ringkasan analytics dan manfaat. Seperti yang sudah diperkenalkan dalam materi sebelumnya, dalam laporan analytics memuat ringkasan analytics. Ringkasan analytics adalah gambaran umum apa yang terjadi pada sebuah channel dengan rentang waktu yang ditentukan oleh pemilik channel. Menurut saya, rentang waktu yang ditentukan pemilik channel berkisar 28 hari sekali. Alasannya, dalam kurun waktu 28 hari sudah banyak aktivitas yang terjadi dalam channel sehingga data yang didapat sudah statis: tidak banyak perubahan. 
Berikut adalah isi dari ringkasan analytics(rentang waktu 28 hari), yaitu :
1. Penayangan real time dalam waktu 48 jam. Dalam data penayangan menunjukkan berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh pemirsa. Data ini penting sebagai bahan perbandingan dengan penayangan real time video yang terakhir dipublikasikan.
2. Penayangan real time dalam waktu 48 jam: video terakhir yang dipublikasikan. Data ini memperlihatkan jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan. Cara membacanya adalah jumlah penayangan real time(poin 1) - jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan= jumlah penayangan diluar 3 video terakhir dipublikasikan. Dengan demikian, kita akan mengetahui persentasi jumlah penayangan 3 video terakhir dipublikasikan. 
3. Waktu menonton(menit). Data ini menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton keseluruhan video dalam channel. 
4. Penayangan. Jumlah penayangan dalam waktu 28 hari. Berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh viewer.
5. Durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari. Data ini menunjukkan perbandingan durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari terakhir dengan 28 hari sebelumnya.
6. Estimasi pendapatan rata-rata. Data ini menunjukkan perkiraan pendapatan yang akan diraih seorang subscriber.
7. Subscribers. Data ini menunjukkan peningkatan atau penurunan jumlah subscribers.
8. Persen disukai(vs tidak disukai). Data ini menunjukkan keterlibatan viewer dalam memberikan like pada video.
9. Video teratas. Data ini menunjukkan 5 video dalam daftar video teratas untuk kurun waktu 28 hari terakhir. 

Manfaat Membaca Data Ringkasan Analytics.

Setelah membaca data pada ringkasan analytics akan didapatkan manfaat dalam bentuk petunjuk pengembangan channel. Manfaat membaca data ringkasan analytics adalah sebagai berikut :
1. Kita akan mengetahui jumlah penayangan video secara cepat dalam waktu 48 jam terakhir.
2. Mampu menganalisa seberapa besar kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan. Jika persentasi kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan cukup tinggi maka kita bisa membuat video dengan mengambil konten yang berkaitan dengan 3 video tersebut. Hal tersebut penting untuk memperkuat citra dimata viewer/subscriber untuk kembali lagi pada channel.
3. Dengan mengetahui jumlah waktu menonton dari viewer, kita bisa membuat konten yang memiliki durasi waktu yang akan dihabiskan viewer untuk menonton. Misal durasi waktu yang ditonton dalam rentang waktu 28 hari terakhir adalah 1 menit maka konten berikutnya harus dibuat dengan konten waktu sekitar 1 menit. Mengapa demikian? Karena jumlah durasi konten yang dibuat dengan waktu konten yang ditonton memiliki arti penting dalam SEO youtube. Jika durasi konten dengan durasi waktu seimbang akan memperkuat citra channel dimata SEO youtube. Tujuannya adalah video yang dimuat akan mudah ditemukan viewer dan pendapatan dari pengiklan akan mengalir deras. Beda halnya dengan durasi konten yang dimuat adalah 10 menit sedangkan waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton adalah 1 menit, apa yang akan terjadi pada channel kita?, tentu video yang dimuat akan sulit ditemukan viewer dan berujung pada minimnya penghasilan.
4. Mengetahui peningkatan jumlah subscriber dan penurunan jumlah subscriber. Apakah jumlah subscriber meningkat atau menurun?. Jika meningkat maka pertahankan konten yang dibuat karena viewer sudah percaya pada konsistensi dan kualitas konten yang dimuat channel. Jika penurunan, ada baiknya periksa jumlah 5 video teratas yang paling banyak ditonton. Dengan begitu, konten yang dimuat selanjutnya adalah konten yang berhubungan dengan 5 video teratas.
5. Dengan mengetahui jumlah video teratas yang paling banyak ditonton maka cari video yang sudah dimuat namun viewernya masih rendah lalu gunakan layar akhir untuk menempatkannya di video teratas. Hasilnya akan tercapai keseimbangan viewer di berbagai video. Ingat: penempatan video pada layar akhir harus sesuai dengan tema video yang akan ditempatkan. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kepercayaan dari viewer bahwa memang channel kita konsisten memuat video dengan tema tersebut.

Comments

Yang Populer

Awalnya Malas Taekwondo Terbitlah Sejarah, Kenali Sosok Defia Rosmaniar

Defia Rosmaniar adalah atlet pertama Indonesia yang meraih medali emas Asean Games 2018 dari cabang olahraga Taekwondo. Ga da yang nyangka doi bakal menciptakan sejarah bagi Taekwondo, maklum saja pada awalnya Defia malas latihan. Yu kenali lebih dekat dengan Defia Rosmaniar, atlet pertama Indonesia yang meraih medali emas Asean Games 2018.
Awal malas terbitlah sejarah!!. Mungkin itu gambaran singkat tentang Defia Rosmaniar. "Awalnya saya agak malas-malasan latihan Taekwondo. Tapi karena terus menerus di lakoni, akhirnya saya menyukainya." Dikutip dari bolasport.com(minggu, 19 Agustus 2019). Wah kita ga bisa bayangin bagaimana perubahan itu bisa terjadi dalam sosok Defia Rosmaniar. Malas latihan tapi masih mau melakoni Taekwondo ya. Salut dweh. Tapi ada juga yang patut di tiru dari sosok peraih emas pertama Asean Games 2018, hobi menulis. Defia mengaku doi hobi menulis meskipun tulisannya tersebut tidak dibuat dalam bentuk buku. Menurut Defia, hobi menulis itu lebih baik da…

Intip Toko Apakah Supplier Atau Dropshiper Di Tokopedia

Bagi dropshiper, toko supplier merupakan ujung tombak bagi reputasi toko yang sedang dibangunnya. Bila asal memilih akan berdampak negatif pada reputasi toko. Untuk menghindari dampak negatif, saya akan sedikit berbagi tips yang saya tahu tentang bagaimana cara dropshipper memilih toko supplier terpercaya di tokopedia. Mungkin pernah sebagian dari kita mengalami hal yang kurang menyenangkan karena di luar ekspetasi kita. Semisal kita chat ke toko yang kita fikir adalah supplier : "ready ga" di jawab ready gan silahkan order, lalu kita tanya lagi:"apakah bisa dikirim hari ini" ya gan.  Lalu kita belanja dengan harapan memang langsung di kirim ke alamat pembeli kita. Apa yang terjadi selanjutnya?. Toko yang kita anggap supplier, rupanya dropshiper juga yang belanja k toko yang di anggap supplier. Mata rantai yang panjang seperti itu akan mengakibatkan kinerja buruk bagi dropshiper.  Toko terpercaya untuk di jadikan sebagai supplier memiliki kecepatan dalam pengirima…

Cara Mudah Memilih Suplier Terpercaya Di Tokopedia

Sebagai seorang dropshiper, reputasi toko akan sangat ditentukan suplier produk. Mengingat pentingnya peranan suplier, saya tertarik untuk mencoba menulis tentang bagaimana cara mudah memilih suplier terpercaya di Tokopedia. Dikatakan mudah karena memang tidak perlu keahlian khusus untuk mencari tahu apakah suplier tersebut dapat dipercaya atau tidak. Tantangan tersulit adalah membuka komunikasi antara dropsipher dengan suplier untuk mau bekerjasama yang saling menguntungkan.
Sebelum pada inti pembahasan, perlu kita sadari bahwa posisi suplier dan dropshiper di mata marketplace adalah sama, ya sama-sama numpang jualan. Toh suplier juga ga di pungut bayaran ko sama pihak marketplace dan dropshiper pun di posisikan spesial oleh marketplace buktinya pasti sebelum lanjut ke metode pembayaran pasti ada tool untuk di cė
Ya ga bodong juga kelles, kita ini kan dropshiper yang memiliki kemampuan berbeda dengan pembeli sebagai end user. Kalo pembeli sebagai end user, dia akan menulis kata-kata…

Review Oppo F1s Selfie Expert

InfoFaktaAspudin- Review smartphone terbaru kali ini adalah review Oppo F1s selfie expert. Review Oppo F1s terbaru ini tentang harga Oppo F1s, Spesifikasi Oppo F1s, kelebihan dan kekurangan Oppo F1s selfie