Monday, October 30, 2017

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Google Analytics

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Namun, fakta berbicara lain, setiap orang-orang sukses akan mengalami fase kegagalan. Bagaimana kegagalan dalam perspektif seorang blogger : kegagalan dalam meningkatkan pengunjung. 
Dalam konten berikut ini akan mengurai pendapat saya tentang kegagalan dam mencari cara meningkatkan penghasilan dengan menaikkan pengunjung situs/blog dan memandang pendapatan seorang blogger.

Situs/blog dan pengunjung memiliki hubungan simbiosis mutualis yaitu hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Pengunjung situs/blog akan mencari dan setia pada situs yang menjawab kebutuhannnya. Seorang blogger akan selalu mengembangkan konten untuk memastikan pengunjung tetap setia mengikutinya. Sedangkan pendapatan yang diraih seorang bloggeer merupakan buah kerja cerdas dalam membangun kepercayaan pengunjung.

Rethinking Earning


Yupz, pada awalnya, saya sering terjebak pada mencari cara untuk meningkatkan pendapatan situs. Maklum saja, tujuan pertama saya membuat blog adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Sebenarnya tidak ada yang salah, namun itulah yang membuat saya terjebak pada pemuatan konten yang cenderung mengikuti yang sedang trends. Hal tersebut membuat saya gagal fokus pada pengembangan konten.
Dalam persfektif saya, pengembangan konten merupakan sebuah penguatan identitas tema/niche blog dengan optimasi konten. Optimasi konten adalah bagian terumit dari blog karena termasuk dalam kategori SEO On Page namun lebih rumit karena didasari pada sebuah data laporan analytics.
Mungkin saja kita berbangga dengan kesuksesan mendapatkan penghasilan dari ngeblog dan mampu mendatangkan traffic pengunjung yang tinggi. Namun sering kali kita tidak menyadari jika saja semua itu bias. Idealnya, seorang blogger itu mampu menciptakan segmen pengunjung sehingga kontennya memang benar-benar tepat pada target yang diinginkan. 
Kadangkala, kita hanya fokus pada konten untuk meningkatkan pendapatan melalui klik iklan(jika jadi publisher adsense). Itu kekeliruan, pengunjung tidak datang mengunjungi situs untuk mengklik iklan. Pengunjung situs datang berkunjung ke sebuah situs untuk mendapatkan konten yang bermanfaat dan memiliki nilai lebih.
Pendapatan adalah tujuan namun kinerja utama seorang blogger adalah memuat konten yang memadai. Saya sendiri tidak menampik kenyataan bahwa ngeblog adalah tentang meraih penghasilan. Namun saya baru menyadari bahwa pengunjung situs menginginkan konten yang bermanfaat bukan untuk klik iklan.


Kegagalan meningkatkan traffic
Pendapatan yang tinggi dari ngeblog mungkin membuat kita berubah haluan dari kerja keras menjadi kerja cerdas. Orientasi pada pendapatan semata akan menempatkan kita pada beberapa fakta tentang perilaku blogger yaitu :
  1. Konten akan terasa hambar. Khusus konten artikel, rangkaian kalimat akan dibuat sebombastis mungkin dengan harapan akan menjadi daya tarik bagi pengunjung.
  2. Kalimat artikel akan terlihat tidak natural.
  3. Jumlah kata akan dicukupi sesuai kebutuhan saja. Memang tidak ada batasan jumlah kata dalam sebuah konten artikel namun akan berpengaruh pada tingginya pendapatan blog.
  4. Penempatan iklan yang berjubel seakan-akan "menjebak" pengunjung untuk klik iklan.
Fakta tersebut diatas merupakan kegagalan dalam meningkatkan pendapatan. Ada 2 alasan utama mengapa dikatakan gagal dalam meningkatkan pendapatan yaitu :
  1. Pengunjung ingin mendapatkan manfaat dan nyaman dalam berselancar di dalam situs.
  2. Pengiklan menginginkan konten yang berkualitas sehingga pengunjung yang mengklik iklan sesuai dengan target audiens.

Google Analytics mampu menjawab pertanyaan siapakah pengunjung situs kita?. Identifikasi pengunjung merupakan langkah awal uji kesuksesan seorang blogger. Sebagai alasan utama adalah konten sesuai dengan target audiens.
Untuk pencapaian target pengunjung dimulai dengan membuat goal assasement. Perkembangan laporan goal assasement akan menentukan seberapa besar perbaikan terhadap konten dan pemasaran.
Konten dan Pemasarn
Konten adalah raja namun apalah artinya konten tanpa pengunjung. Dari situlah ide pemasaran konten mulai ramai dibicarakan. Pemasaran konten berkaitan erat dengan media sosial. Medsos telah merubah cara-cara pemasaran konten.
Medsos telah berhasil membuat kotak-kotak pembagian pengunjung. Penciptaan kondisi pengunjung akan sangat mudah dibuat, tentu saja itu menjadi peluang besar bagi pemasaran konten untuk membuat kondisi pengunjung.
Casey Carey, Direktur Pemasaran Google Analytics
Saya mengutip dari artikel yang dimuat di think with google, Casey Carey menjelaskan tentang kegagalan. "Creating a culture of growth should rank at the top of marketers'New Years' resolution, but how to the best go about it? Casey Carey, director of Google Analytics marketing, suggest instituting a"quarterly failure report"-a suprising waysto shift how a marketer's team works and grows.
Pernyataan itu merupakan sebuah ide tentang gagasan dibalik laporan kegagalan kuartaran, alat yang berguna untuk penguji, pengoptimalan tingkat konversi, dan pemimpin pemasaran yang mencoba menanamkan budaya pertumbuhan.
Sepertinya saya sendiri belum mudeng tentang tes kegagalan, mungkin tentang eksperimen pencapaian target. Saya harus belajar mendalam tentang hal itu biar kelak nanti saya memiliki konten yang berkualitas dan mencapai target pendapatan tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung.


No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih

KESEHATAN

NUTRISI

REVIEW SMARTPHONE