Skip to main content

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Google Analytics

Tidak ada satu orang pun yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Namun, fakta berbicara lain, setiap orang-orang sukses akan mengalami fase kegagalan. Bagaimana kegagalan dalam perspektif seorang blogger : kegagalan dalam meningkatkan pengunjung. 
Dalam konten berikut ini akan mengurai pendapat saya tentang kegagalan dam mencari cara meningkatkan penghasilan dengan menaikkan pengunjung situs/blog dan memandang pendapatan seorang blogger.

Situs/blog dan pengunjung memiliki hubungan simbiosis mutualis yaitu hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak. Pengunjung situs/blog akan mencari dan setia pada situs yang menjawab kebutuhannnya. Seorang blogger akan selalu mengembangkan konten untuk memastikan pengunjung tetap setia mengikutinya. Sedangkan pendapatan yang diraih seorang bloggeer merupakan buah kerja cerdas dalam membangun kepercayaan pengunjung.

Rethinking Earning


Yupz, pada awalnya, saya sering terjebak pada mencari cara untuk meningkatkan pendapatan situs. Maklum saja, tujuan pertama saya membuat blog adalah mendapatkan penghasilan tambahan. Sebenarnya tidak ada yang salah, namun itulah yang membuat saya terjebak pada pemuatan konten yang cenderung mengikuti yang sedang trends. Hal tersebut membuat saya gagal fokus pada pengembangan konten.
Dalam persfektif saya, pengembangan konten merupakan sebuah penguatan identitas tema/niche blog dengan optimasi konten. Optimasi konten adalah bagian terumit dari blog karena termasuk dalam kategori SEO On Page namun lebih rumit karena didasari pada sebuah data laporan analytics.
Mungkin saja kita berbangga dengan kesuksesan mendapatkan penghasilan dari ngeblog dan mampu mendatangkan traffic pengunjung yang tinggi. Namun sering kali kita tidak menyadari jika saja semua itu bias. Idealnya, seorang blogger itu mampu menciptakan segmen pengunjung sehingga kontennya memang benar-benar tepat pada target yang diinginkan. 
Kadangkala, kita hanya fokus pada konten untuk meningkatkan pendapatan melalui klik iklan(jika jadi publisher adsense). Itu kekeliruan, pengunjung tidak datang mengunjungi situs untuk mengklik iklan. Pengunjung situs datang berkunjung ke sebuah situs untuk mendapatkan konten yang bermanfaat dan memiliki nilai lebih.
Pendapatan adalah tujuan namun kinerja utama seorang blogger adalah memuat konten yang memadai. Saya sendiri tidak menampik kenyataan bahwa ngeblog adalah tentang meraih penghasilan. Namun saya baru menyadari bahwa pengunjung situs menginginkan konten yang bermanfaat bukan untuk klik iklan.


Kegagalan meningkatkan traffic
Pendapatan yang tinggi dari ngeblog mungkin membuat kita berubah haluan dari kerja keras menjadi kerja cerdas. Orientasi pada pendapatan semata akan menempatkan kita pada beberapa fakta tentang perilaku blogger yaitu :
  1. Konten akan terasa hambar. Khusus konten artikel, rangkaian kalimat akan dibuat sebombastis mungkin dengan harapan akan menjadi daya tarik bagi pengunjung.
  2. Kalimat artikel akan terlihat tidak natural.
  3. Jumlah kata akan dicukupi sesuai kebutuhan saja. Memang tidak ada batasan jumlah kata dalam sebuah konten artikel namun akan berpengaruh pada tingginya pendapatan blog.
  4. Penempatan iklan yang berjubel seakan-akan "menjebak" pengunjung untuk klik iklan.
Fakta tersebut diatas merupakan kegagalan dalam meningkatkan pendapatan. Ada 2 alasan utama mengapa dikatakan gagal dalam meningkatkan pendapatan yaitu :
  1. Pengunjung ingin mendapatkan manfaat dan nyaman dalam berselancar di dalam situs.
  2. Pengiklan menginginkan konten yang berkualitas sehingga pengunjung yang mengklik iklan sesuai dengan target audiens.

Google Analytics mampu menjawab pertanyaan siapakah pengunjung situs kita?. Identifikasi pengunjung merupakan langkah awal uji kesuksesan seorang blogger. Sebagai alasan utama adalah konten sesuai dengan target audiens.
Untuk pencapaian target pengunjung dimulai dengan membuat goal assasement. Perkembangan laporan goal assasement akan menentukan seberapa besar perbaikan terhadap konten dan pemasaran.
Konten dan Pemasarn
Konten adalah raja namun apalah artinya konten tanpa pengunjung. Dari situlah ide pemasaran konten mulai ramai dibicarakan. Pemasaran konten berkaitan erat dengan media sosial. Medsos telah merubah cara-cara pemasaran konten.
Medsos telah berhasil membuat kotak-kotak pembagian pengunjung. Penciptaan kondisi pengunjung akan sangat mudah dibuat, tentu saja itu menjadi peluang besar bagi pemasaran konten untuk membuat kondisi pengunjung.
Casey Carey, Direktur Pemasaran Google Analytics
Saya mengutip dari artikel yang dimuat di think with google, Casey Carey menjelaskan tentang kegagalan. "Creating a culture of growth should rank at the top of marketers'New Years' resolution, but how to the best go about it? Casey Carey, director of Google Analytics marketing, suggest instituting a"quarterly failure report"-a suprising waysto shift how a marketer's team works and grows.
Pernyataan itu merupakan sebuah ide tentang gagasan dibalik laporan kegagalan kuartaran, alat yang berguna untuk penguji, pengoptimalan tingkat konversi, dan pemimpin pemasaran yang mencoba menanamkan budaya pertumbuhan.
Sepertinya saya sendiri belum mudeng tentang tes kegagalan, mungkin tentang eksperimen pencapaian target. Saya harus belajar mendalam tentang hal itu biar kelak nanti saya memiliki konten yang berkualitas dan mencapai target pendapatan tanpa mengganggu kenyamanan pengunjung.


Comments

Yang Populer

Awalnya Malas Taekwondo Terbitlah Sejarah, Kenali Sosok Defia Rosmaniar

Defia Rosmaniar adalah atlet pertama Indonesia yang meraih medali emas Asean Games 2018 dari cabang olahraga Taekwondo. Ga da yang nyangka doi bakal menciptakan sejarah bagi Taekwondo, maklum saja pada awalnya Defia malas latihan. Yu kenali lebih dekat dengan Defia Rosmaniar, atlet pertama Indonesia yang meraih medali emas Asean Games 2018.
Awal malas terbitlah sejarah!!. Mungkin itu gambaran singkat tentang Defia Rosmaniar. "Awalnya saya agak malas-malasan latihan Taekwondo. Tapi karena terus menerus di lakoni, akhirnya saya menyukainya." Dikutip dari bolasport.com(minggu, 19 Agustus 2019). Wah kita ga bisa bayangin bagaimana perubahan itu bisa terjadi dalam sosok Defia Rosmaniar. Malas latihan tapi masih mau melakoni Taekwondo ya. Salut dweh. Tapi ada juga yang patut di tiru dari sosok peraih emas pertama Asean Games 2018, hobi menulis. Defia mengaku doi hobi menulis meskipun tulisannya tersebut tidak dibuat dalam bentuk buku. Menurut Defia, hobi menulis itu lebih baik da…

Intip Toko Apakah Supplier Atau Dropshiper Di Tokopedia

Bagi dropshiper, toko supplier merupakan ujung tombak bagi reputasi toko yang sedang dibangunnya. Bila asal memilih akan berdampak negatif pada reputasi toko. Untuk menghindari dampak negatif, saya akan sedikit berbagi tips yang saya tahu tentang bagaimana cara dropshipper memilih toko supplier terpercaya di tokopedia. Mungkin pernah sebagian dari kita mengalami hal yang kurang menyenangkan karena di luar ekspetasi kita. Semisal kita chat ke toko yang kita fikir adalah supplier : "ready ga" di jawab ready gan silahkan order, lalu kita tanya lagi:"apakah bisa dikirim hari ini" ya gan.  Lalu kita belanja dengan harapan memang langsung di kirim ke alamat pembeli kita. Apa yang terjadi selanjutnya?. Toko yang kita anggap supplier, rupanya dropshiper juga yang belanja k toko yang di anggap supplier. Mata rantai yang panjang seperti itu akan mengakibatkan kinerja buruk bagi dropshiper.  Toko terpercaya untuk di jadikan sebagai supplier memiliki kecepatan dalam pengirima…

Cara Mudah Memilih Suplier Terpercaya Di Tokopedia

Sebagai seorang dropshiper, reputasi toko akan sangat ditentukan suplier produk. Mengingat pentingnya peranan suplier, saya tertarik untuk mencoba menulis tentang bagaimana cara mudah memilih suplier terpercaya di Tokopedia. Dikatakan mudah karena memang tidak perlu keahlian khusus untuk mencari tahu apakah suplier tersebut dapat dipercaya atau tidak. Tantangan tersulit adalah membuka komunikasi antara dropsipher dengan suplier untuk mau bekerjasama yang saling menguntungkan.
Sebelum pada inti pembahasan, perlu kita sadari bahwa posisi suplier dan dropshiper di mata marketplace adalah sama, ya sama-sama numpang jualan. Toh suplier juga ga di pungut bayaran ko sama pihak marketplace dan dropshiper pun di posisikan spesial oleh marketplace buktinya pasti sebelum lanjut ke metode pembayaran pasti ada tool untuk di cė
Ya ga bodong juga kelles, kita ini kan dropshiper yang memiliki kemampuan berbeda dengan pembeli sebagai end user. Kalo pembeli sebagai end user, dia akan menulis kata-kata…

Review Oppo F1s Selfie Expert

InfoFaktaAspudin- Review smartphone terbaru kali ini adalah review Oppo F1s selfie expert. Review Oppo F1s terbaru ini tentang harga Oppo F1s, Spesifikasi Oppo F1s, kelebihan dan kekurangan Oppo F1s selfie