Skip to main content

Perlukah Lansia Memperhatikan Asupan Gizi?

Lansia
Menjadi tua adalah kepastian, dengan seiringnya waktu, setiap orang akan mengalami proses menjadi tua. Usia tua berarti terjadi proses perubahan dalam sel-sel tubuh dengan berkurangnya fungsi-fungsi sel dalam regenerasi sel tubuh. Dengan begitu, fungsi organ tubuh sudah tidak mampu melakukan pekerjaan seperti masa mudanya.
Secara umum, Usia tua identik dengan masa lansia(lanjut usia) tapi benarkkah demikian?. Menurut WHO, Usia lansia dikategorikan ke dalam beberapa kelompok yaitu :

1. Usia pertengahan yaitu kelompok usia 45-59 tahun.
2. Lanjut Usia(elderly) yaitu kkelompok usia 60-74 tahun.
3. Lanjut Usia Tua(Old) yaitu kelompok usia 75-90 tahun.
4. Lanjut Usia Sangat Tua(Very Old) yaitu kelompok usia diatas 90 tahun.

Pemetaan kelompok lansia penting guna mempertahankan kemampuan tubuh dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Seiring berkurangnya kemampuan fungsi sel-sel dalam tubuh maka tidak heran akan terjadinya pembatasan aktivitas. Namun hal tersebut tidak berarti masa lansia adalah masa-masa suram yang tidak mampu mandiri apalagi berkarya. Bila adanya kesiapan menghadapi masa lansia maka lansia pun mampu mandiri.

Karakteristik Masa Lansia

Lansia

Menurut saya, ada beberapa karakter yang melekat pada masa-masa lansia, seperti :
1. Berkurangnya daya ingat yang dapat diartikan mudah lupa. Hal tersebut normal karena menurunnya fungsi regenerasi sel-sel dalam otak.
2. Lebih sensitif dalam pengertian mudah tersinggung. Normal saja karena memang tidak seimbangnya fungsi sel tubuh yang menyebabkan kesulitan dalam pengendalian emosi. Sebagai contoh seorang lansia akan memberikan respon negatif pada orang lain yang berbicara dengan volume bicara sedikit keras. 
3. Akan lebih merasa ingin di hormati. Alamiah saja karena masa lansia memang sudah mengalami berbagai pahit manisnya kehidupan.
4. Keterbatasan melakukan aktivitas yang mengandalkan fisik. Hal tersebut dikarenakan memang sel tubuh sudah lambat bahkan tidak melakukan regenerasi sel.

Asupan Gizi Pada Masa Lansia

Mengingat masa lansia adalah penurunan fungsi sel tubuh maka apa yang dikonsumsi tidak banyak mempengaruhi tubuh. Pada faktanya kita sering melihat dilingkungan sekitar bahwa masa lansia bila menkonsumsi sesuatu akan menimbulkan penyakit seperti rheumatik, asam urat atau linu persendian. Mengapa hal tersebut terjadi? tentu alasan utamanya adalah resistensi dari makanan yang di konsumsi sebelum masa lansia.
Sebaiknya sebelum memasuki masa lansia, kita memperhatikan pola hidup sehat dengan gaya hidup sehat dan pola makan sehat. Pola makan sehat adalah sebuah perencanaan tentang kebutuhan gizi sesuai dengan perkembangan usia. Tubuh memiliki batasan ketercukupan asupan gizi. Kelebihan asupan gizi akan resisten dalam tubuh dan jika terjadi penumpukkan terus menerus akan mengganggu proses metabolisme yang menyebabkan timbulnya penyakit. Misal kebutuhan asupan glukosa 100 gram per hari untuk masa remaja namun remaja tersebut kelebihan asupan glukosa dengan menkonsumsi glukosa 150 gram per hari maka kemungkinan glukosa tersebut akan meningkatkan glukosa darah dan menyebabkan gangguan hormon insulin dan terjadilah apa yang ditakutkan terjangkitnya diabetes.
So, apa saja asupan gizi yang perlu diperhatikan untuk masa lansia?. Berikut adalah kebutuhan gizi pada masa lansia yaitu :
1. Protein. Ternyata kebutuhan akan protein untuk masa lansia tidaklah berkurang namun memang daya serap tubuh akan protein berkurang. Artinya protein yang dikonsumsi akan cepat dikeluarkan dalam metabolisme tubuh seperti keluarnya keringat atau buang air kecil/besar. Dengan begitu, supaya asupan protein tetap terpenuhi ada baiknya meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung protein.
2. Lemak. Konsumsi lemak yang baik adalah 30% dari total kalori yang di butuhkan. Kelebihan konsumsi lemak akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.
3. Vitamin dan mineral. Kebutuhan Vitamin dan Mineral bagi masa lansia diperlukan untuk membantu proses metabolisme zat gizi lainnya. Pada umumnya masa lansia kekurangan asupan kalsium sehingga menyebabkan kerapuhan pada tulang.

Comments

Yang Populer

Awalnya Malas Taekwondo Terbitlah Sejarah, Kenali Sosok Defia Rosmaniar

Defia Rosmaniar adalah atlet pertama Indonesia yang meraih medali emas Asean Games 2018 dari cabang olahraga Taekwondo. Ga da yang nyangka doi bakal menciptakan sejarah bagi Taekwondo, maklum saja pada awalnya Defia malas latihan. Yu kenali lebih dekat dengan Defia Rosmaniar, atlet pertama Indonesia yang meraih medali emas Asean Games 2018.
Awal malas terbitlah sejarah!!. Mungkin itu gambaran singkat tentang Defia Rosmaniar. "Awalnya saya agak malas-malasan latihan Taekwondo. Tapi karena terus menerus di lakoni, akhirnya saya menyukainya." Dikutip dari bolasport.com(minggu, 19 Agustus 2019). Wah kita ga bisa bayangin bagaimana perubahan itu bisa terjadi dalam sosok Defia Rosmaniar. Malas latihan tapi masih mau melakoni Taekwondo ya. Salut dweh. Tapi ada juga yang patut di tiru dari sosok peraih emas pertama Asean Games 2018, hobi menulis. Defia mengaku doi hobi menulis meskipun tulisannya tersebut tidak dibuat dalam bentuk buku. Menurut Defia, hobi menulis itu lebih baik da…

Intip Toko Apakah Supplier Atau Dropshiper Di Tokopedia

Bagi dropshiper, toko supplier merupakan ujung tombak bagi reputasi toko yang sedang dibangunnya. Bila asal memilih akan berdampak negatif pada reputasi toko. Untuk menghindari dampak negatif, saya akan sedikit berbagi tips yang saya tahu tentang bagaimana cara dropshipper memilih toko supplier terpercaya di tokopedia. Mungkin pernah sebagian dari kita mengalami hal yang kurang menyenangkan karena di luar ekspetasi kita. Semisal kita chat ke toko yang kita fikir adalah supplier : "ready ga" di jawab ready gan silahkan order, lalu kita tanya lagi:"apakah bisa dikirim hari ini" ya gan.  Lalu kita belanja dengan harapan memang langsung di kirim ke alamat pembeli kita. Apa yang terjadi selanjutnya?. Toko yang kita anggap supplier, rupanya dropshiper juga yang belanja k toko yang di anggap supplier. Mata rantai yang panjang seperti itu akan mengakibatkan kinerja buruk bagi dropshiper.  Toko terpercaya untuk di jadikan sebagai supplier memiliki kecepatan dalam pengirima…

Cara Mudah Memilih Suplier Terpercaya Di Tokopedia

Sebagai seorang dropshiper, reputasi toko akan sangat ditentukan suplier produk. Mengingat pentingnya peranan suplier, saya tertarik untuk mencoba menulis tentang bagaimana cara mudah memilih suplier terpercaya di Tokopedia. Dikatakan mudah karena memang tidak perlu keahlian khusus untuk mencari tahu apakah suplier tersebut dapat dipercaya atau tidak. Tantangan tersulit adalah membuka komunikasi antara dropsipher dengan suplier untuk mau bekerjasama yang saling menguntungkan.
Sebelum pada inti pembahasan, perlu kita sadari bahwa posisi suplier dan dropshiper di mata marketplace adalah sama, ya sama-sama numpang jualan. Toh suplier juga ga di pungut bayaran ko sama pihak marketplace dan dropshiper pun di posisikan spesial oleh marketplace buktinya pasti sebelum lanjut ke metode pembayaran pasti ada tool untuk di cė
Ya ga bodong juga kelles, kita ini kan dropshiper yang memiliki kemampuan berbeda dengan pembeli sebagai end user. Kalo pembeli sebagai end user, dia akan menulis kata-kata…

3 Srikandi Yang sukses mengantarkan Tim Indonesia Ada Di posisi 3 Klasemen Sementara Asian Games 2018

Ada benarnya ya anekdot"wanita lebih kuat daripada pria buktinya obat kuat hanya ada untuk pria".  Setidak-tidaknya anekdot tersebut terbukti sampai hari ini(senin, 20 agustus 2018), tengok saja 4 raihan medali emas yang di peroleh Tim Indonesia di ajang Asian Games 2018. 3 diantaranya di persembahkan atlet putri. Ketiga atlet putri tersebut adalah Defia Rosmaniar(Taekwondo), Lindswell Kwok(wushu) dan Tiara Andini Prastika(Balap Sepeda). Keren euy perempuan Indonesia.
Seperti yang sudah kita ketahui, Defia Rosmaniar adalah atlet pertama kontingen Indonesia yang sukses meraih medali emas dari cabang olahraga Taekwondo. Kesuksesan Defia menjadi sejarah baru bagi olahraga Taekwondo Indonesia. Makl saja, belum ada atlet Indonesia yang meraih medali emas di tingkat Asian Games.

Lindswell Kwok menjadi atlet putri kedua yang mempersembahkam medali emas bagi kontingen Indonesia. Lindswell di kenal sebagai Ratu Wushu Indonesia.

Tiara Andini Prastika mempersembahkan medali emas dari …

Review Oppo F1s Selfie Expert

InfoFaktaAspudin- Review smartphone terbaru kali ini adalah review Oppo F1s selfie expert. Review Oppo F1s terbaru ini tentang harga Oppo F1s, Spesifikasi Oppo F1s, kelebihan dan kekurangan Oppo F1s selfie