Skip to main content

Resiko Buruk Smartphone Bagi Balita

Baca Juga

Smartphone sudah bukan lagi gaya hidup masa kini melainkan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari ibu rumah tangga, pekerja, pengusaha, pedagang sampai balita pun seringkali kita saksikan asyik memakai smartphone. Benarkah balita sudah diperbolehkan memakai smartphone?. Berangkat dari pertanyaan tersebut, saya mencari sumber bacaan tentang resiko buruk penggunaan smartphone bagi balita.
Dulu, setiap kali saya hendak dibelikan mainan selalu dilihat dulu tentang aturan peggunaan. Jika mainan tersebut tidak cocok dengan usia saya maka jangan harap akan dibelikan. Seleksi tersebut terasa menyakitka karena saya tidak mendapatkan mainan yang saya harapkan. Namun setelah dewasa baru saya menyadari bahwa itu adalah salah satu bukti sayangnya orang tua terhadap anak.
"Yu baca Fakta unik smartphone dengan gaya hidup remaja"
Kini, saya melihat sedikit dari orang tua yang peduli akan aturan penggunaan mainan. Jika anak menginginkan mainan tertentu biarpun tidak sesuai dengan usia anak maka orang tua akan segera membelikannya. Alasan sederhana adalah biar anak ga rewel, gak nangis melulu dsb. Hal seperti itu bukanlah solusi yang tepat karena pada intinya anak bisa dialihkan perhatiannya.
Lalu, bagaimana dengan penggunaan smartphone oleh balita?. Saya meyakini bahwa balita tidak seharusnya memakai smartphone dengan alasan apapun. Mengapa? dasar pemikiran saya sederhana sekali, smartphone dibuat secanggih mungkin untuk orang dengan tingkat usia dewasa.
Jika smartphone bagi orang dewasa saja sering terkena gangguan emosional bagaimana dengan balita?. Asumsi saya akan ada resiko buruk terhadap balita. Asumsi saya harus diperjelas dengan mencari sumber bacaan yang berkaitan dengan pengaruh penggunaan smartphone bagi balita. Dan akhirnya saya memiliki beberapa poin tentang resiko penggunaan smartphone bagi balita.
Poin utama tentang resiko penggunaan smartphone bagi balita adalah buruk. Berikut adalah beberapa poin yang menarik perhatian saya, yaitu :
1. Balita akan semakin aktif. Kadar aktif balita mungkin ada batasannya meskipun saya belum menemukan referensi yang pasti, namun faktanya orang biasa pun akan mampu membedakannya. 
2. Kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan. Hal tersebut saya yakini karena penggunaan smartphone yang berlebihan oleh balita sehingga apa yang ada di otak sang anak adalah apa yang disajikan smartphone.
3. Ketergantungan pada smartphone. Gak ada smartphone balita merasa kehilangan. Smartphone seolah menjadi pilihan utama sebagai teman bermain. Padahal sejatinya masa balita adalah masa bermain dengan anak-anak seusianya.
Jika fakta dan analisa saya tentang pengaruh pemakaian smartphone bagi balita ada benarnya mungkin ada baiknya sedini mungkin dihindari penggunaan smartphone bagi balita. Jika tidak bisa ya dibatasi saja. Semoga bermanfaat.

Populer

Stop Belajar SEO! Lakukan 5 Hal Ini Saat Anda Menjadi Seorang Blogger

Iklan-scroll ke bawah untuk terus membaca
aspudin ~ Seo?. Apakah anda seorang blogger pemula? Mungkin juga anda seorang master yang sedang mencari ide semata. Seo adalah kunci kesuksesan. Kita semua tahu dengan Seo bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Tapi kita juga mengerti, ilmu Seo tidak pernah berhenti disatu titik. Suka atau tidak suka mesin pencarian terbesar adalah google. Seo harus relevan dengan google maka tujuan anda akan tercapai. Seo mengikuti perubahan algoritma google. Itulah yang menyebabkan Seo tidak pernah berhenti disatu titik. Tapi apakah anda sadar bahwa ada yang tidak pernah berubah dari google?. Kualitas konten. Google terus mempertahankan kualitas konten.

Mengapa algoritma google terus berubah? Google ingin memastikan bahwa bot mereka bisa mengerti kelayakan konten. Konten yang berkualitas adalah konten yang unik dan bermanfaat. Unik dan bermanfaat adalah wilayah abu-abu google.  Bisa jadi konten cara memakai bikini yang benar bagi negara Amerika adalah konten…

Ampuh!! Sakit Gigi Sembuh, inilah 7 Cara Alami Mengobatinya

Iklan-scroll ke bawah untuk terus membaca
aspudin ~Sakit gigi? Hampir semua orang merasakan yang namanya sakit gigi. Tidak hanya dirasakan anak-anak bahkan orang dewasa pun akan mengalami sakit gigi. Perih banget kalau sudah terjangkit penyakit gigi ini. Mau makan susah bahkan mau minum pun terasa sakit. Hati-hati ya kalau ada kerabat atau teman yang sedang sakit gigi. Harap maklum dia sedang menahan rasa sakit sehingga agak labil gitu. Ga boleh denger suara yang berisik suka langsung emosi. Apalagi kalau dengar ada yang ngamen bawaannya pusing kepala. Meskipun hampir semua orang pernah merasakan yang namanya sakit gigi tapi tetap saja penyakit yang satu ini bikin malu, secara ketahuan gak pernah ngurus gigi dengan baik.

Apakah Penyebab Utama Sakit Gigi? Secara umum, penyebab sakit gigi adalah kebiasaan buruk jarang atau malas sikatan. Tetapi pada anak-anak terkadang sakit gigi timbul akibat akan tumbuh gigi. Dengan mengetahui penyebab terkenanya sakit gigi diharapkan dapat meminimali…

Tanda kehamilan: 10 Gejala Kehamilan Terlama Dan Paling Aneh

Iklan-scroll ke bawah untuk terus membaca
aspudin - Apakah anda seorang istri yang baru saja menikah?. Jika iya, mungkin anda sedang menantikan kehamilan pertama anda. Sungguh menyenangkan bila suami anda tahu bahwa sang istri sedang mengandung janin dari buah hati bersama. Akan tetapi sudahkah anda tahu, apa saja tanda-tanda yang sering di alami seorang istri saat sedang hamil?. Berikut tanda-tanda hamil dan 10 gejala kehamilan terlama dan paling aneh.

Gejala Dan Tanda kehamilan Gejala 1 Perubahan Payudaya Tanda yang sering terlihat pada saat hamil pertama adalah terjadi perubahan pada payudara. Perubahan tersebut terlihat seperti bengkak, lembut dan nyeri. Anda juga akan melihat perubahan terjadi pada warna puting yang semakin gelap. Gejala 2 Sering buang air kecil Tanda-tanda hamil yang kedua adalah anda akan mengalami sering buang air kecil disaat malam hari. hal tersebut dipicu karena meningkatnya hormon HCG. Hormon HCG adalah hormon kehamilan yang sering mendorong anda untuk bua…

Seberapa Penting Nutrisi Bagi Tumbuh Kembang Anak?

Iklan-scroll ke bawah untuk terus membaca
aspudin ~ Seberapa penting nutrisi bagi tumbuh kembang anak?. Fakta orang sukses banyak lahir dari keluarga sederhana. Fakta anak kurang gizi bisa berdampak buruk bagi kesehatan. So, bagaimana kita menyikapi kedua fakta tersebut diatas keterkaitan dengan kebutuhan asupan gizi bagi anak. Sebagai gambaran awal, siapa yang tidak kenal Chairul Tanjung, Jack Ma, Warren Buffets dan banyak orang-orang sukses lainnya yang menceritakan kehidupan masa kecilnya yang memiliki kesederhanaan dan keterbatasan ekonomi. Bagaimana mungkin dalam keterbatasan ekonomi, keluarganya memperhatikan kebutuhan nutrisi anak bagi tumbuh kembang sel-sel otak atau lain sebagainya?.

Kalau begitu, apakah nutrisi anak perlu diperhatikan atau tidak?. Toh orang-orang sukses aja sepertinya masa kecilnya saja tidak terpenuhi kebutuhan gizinya. Jangan keliru!! Saya akan mencoba membahas tentang pentingnya asupan gizi dan bagaimana mempertahankan kandungan nutrisi dalam u masakan. K…

Bagaimana Masuk Halaman Pertama Google Tanpa Link Building

Iklan-scroll ke bawah untuk terus membaca
aspudin ~ Bagi anda blogger pemula dengan usia blog yang baru akan merasa pesimis jika artikel yang dipublish akan masuk halaman pertama google. Tapi rasa itu akan hilang setelah membaca artikel tentang belajar seo|bagaimana cara masuk halaman pertama google tanpa link building. Pada awal ngeblog, saya merasakan hal mustahil jika artikel saya akan masuk halaman pertama google. Namun, jika kita mempelajari support google ternyata yang menjadi acuan dasar mesin pencarian google adalah konten yang unik dan deskripsi.  Berangkat dari situ, saya berfikir mungkin sekali blog baru dengan artikel baru akan masuk halaman pertama google. Yang menjadi persoalan adalah struktur blog dan konten kita, apakah sudah selaras. Jika belum kemungkinan akan tertunda tidak bisa langsung masuk halaman pertama. Tapi baiklah, kita tidak perlu mempersoalkan struktur blog, tapi mari kita bicarakan kemungkinan masuk halama  pertama google hanya dengan modal konten tanpa …