Skip to main content

Resiko Buruk Smartphone Bagi Balita

Smartphone sudah bukan lagi gaya hidup masa kini melainkan sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari ibu rumah tangga, pekerja, pengusaha, pedagang sampai balita pun seringkali kita saksikan asyik memakai smartphone. Benarkah balita sudah diperbolehkan memakai smartphone?. Berangkat dari pertanyaan tersebut, saya mencari sumber bacaan tentang resiko buruk penggunaan smartphone bagi balita.
Dulu, setiap kali saya hendak dibelikan mainan selalu dilihat dulu tentang aturan peggunaan. Jika mainan tersebut tidak cocok dengan usia saya maka jangan harap akan dibelikan. Seleksi tersebut terasa menyakitka karena saya tidak mendapatkan mainan yang saya harapkan. Namun setelah dewasa baru saya menyadari bahwa itu adalah salah satu bukti sayangnya orang tua terhadap anak.
"Yu baca Fakta unik smartphone dengan gaya hidup remaja"
Kini, saya melihat sedikit dari orang tua yang peduli akan aturan penggunaan mainan. Jika anak menginginkan mainan tertentu biarpun tidak sesuai dengan usia anak maka orang tua akan segera membelikannya. Alasan sederhana adalah biar anak ga rewel, gak nangis melulu dsb. Hal seperti itu bukanlah solusi yang tepat karena pada intinya anak bisa dialihkan perhatiannya.
Lalu, bagaimana dengan penggunaan smartphone oleh balita?. Saya meyakini bahwa balita tidak seharusnya memakai smartphone dengan alasan apapun. Mengapa? dasar pemikiran saya sederhana sekali, smartphone dibuat secanggih mungkin untuk orang dengan tingkat usia dewasa.
Jika smartphone bagi orang dewasa saja sering terkena gangguan emosional bagaimana dengan balita?. Asumsi saya akan ada resiko buruk terhadap balita. Asumsi saya harus diperjelas dengan mencari sumber bacaan yang berkaitan dengan pengaruh penggunaan smartphone bagi balita. Dan akhirnya saya memiliki beberapa poin tentang resiko penggunaan smartphone bagi balita.
Poin utama tentang resiko penggunaan smartphone bagi balita adalah buruk. Berikut adalah beberapa poin yang menarik perhatian saya, yaitu :
1. Balita akan semakin aktif. Kadar aktif balita mungkin ada batasannya meskipun saya belum menemukan referensi yang pasti, namun faktanya orang biasa pun akan mampu membedakannya. 
2. Kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan. Hal tersebut saya yakini karena penggunaan smartphone yang berlebihan oleh balita sehingga apa yang ada di otak sang anak adalah apa yang disajikan smartphone.
3. Ketergantungan pada smartphone. Gak ada smartphone balita merasa kehilangan. Smartphone seolah menjadi pilihan utama sebagai teman bermain. Padahal sejatinya masa balita adalah masa bermain dengan anak-anak seusianya.
Jika fakta dan analisa saya tentang pengaruh pemakaian smartphone bagi balita ada benarnya mungkin ada baiknya sedini mungkin dihindari penggunaan smartphone bagi balita. Jika tidak bisa ya dibatasi saja. Semoga bermanfaat.

Comments

Yang Populer

Jadi Mau, Sederet Koleksi Aktor Vinnie Jones Mulai Dari Motor Mewah Sampai Range Rover Sport P400E

"Yu kita lihat koleksi motor mewah aktor Vinnie Jones. Vinnie Jones adalah seorang mantan pemain sepakbola Leeds Uited dan Chelsea dan Wales." Siapakah sosok pria yang ada pada gambar di atas tersebut?. Yups, dia adalah seorang aktor film yang di kenal sebagai tokoh jahat, bengis dengan tubuh raksasanya. Serraamm. Dia juga mantan pesepakbola!! Apa? Yupz, bagi penggemar sepakbola, Vinnie Jones adalah seorang legenda sepakbola Inggris. Jones bermain sebagai gelandang tangguh pada tahun 1984 sampai 1999. Sebagai gelandang, Jones terkenal dengan permainan bertahan yang tangguh, sulit di tebus lawan. Jones memiliki citra pemain bertubuh besar, tangguh dan sulit di tebus lawan, pokoknya garang. Citra tersebut mengantarkannya sebagai aktor film pasca pensiun sebagai pesepakbola. Kesuksesan Jones sebagai pesepakbola dan aktor film di tunjukkan dengan berbagai koleksi motor mewah dan mobil mewah.
Seperti gambar di atas, salah sau koleksi mobil mewah Jones adalah Range Rover P400E. Mo…

5 Tahun Ke Depan, Inilah Perkiraan Bandan Energi Internasional Terhadap Minyak Dan Gas

Pertumbuhan ekonomi global, di satu sisi mendorong pertumbuhan industri otomotif namun di sisi lain harus ada efisiensi bahan bakar dan pengurangan konsumsi minyak di negara-negara maju. Pertembuhan ekonomi global tersebut mendorong pada pergeseran permintaan minyak dan gas. Di kutip dari media internasional Reuters, Badan Energi Internasional / IEA(International Energy Agency) mengatakan "Permintaan minyak dan gas global yang kuat akan berubah dalam lima tahun ke depan terhadap petrokimia daan jauh dari bahan bakar motor bensin dan solar." Ada beberapa poin yang dapat saya ambil dari pandangan Badan Energi Internasional terhadap permintaan minyak dan gas, yaitu : Permintaan produk mulai dari pupuk hingga produk plastik dan kecantikan akan mendorong seperempat dari perkiraan perminntaan minyak ke tahun 2023.Pergeseran ini adalah tantangan baru bagi industri minyak. Di satu sisi permintaan petrokimia meningkat sedangkan di satu sisi konsumsi bensin dan solar di naikkan kembal…

Cara Terbaik Selfie in Detail Pakai Advan G2

"Masyarakat Indonesia yang senang selfie akan lebih di manjakan dengan kehadiran Advan G2. Selfie In Detail itulah tajuk Advan G2."
Masyarakat Indonesia yang senang dengan selfie akan sangat di manjakan dengan kehadiran smartphone lokal produksi Advan. Baru-baru ini, Advan meluncurkan produk terbaru Advan G2.
Smartphone ini di tujukan bagi masyarakat yang senang selfie dan ingin menghasilkn foto yang lebih detail. Sebagai brand lokal, Advan selalu membuat inovasi dalam setiap peluncuran produknya. Untuk kali ini, Advan ingin menyasar segmen masyarakat yang gemar selfie dan ingin menghasilkan fot yang lebih detail. Untuk Advan G2 berbeda dengan smartphoe yang lainnya. Advan G2 memiliki kelebihan bila di bandngkan dengan smartphone yang sma-sama menyasar segmen penggemar selfie. Terlihat jelas dalam Advan G2, hasil fotonya lebih jelas dan dalam. Hasil foto Advan G2 bila selfie sendiri akan tampil lebih real dengan memperlihatkan garis pada objek selfie. Konsep selfie pun tidak…

Nasehat Ustadz Abdul Somad Untuk Para Pecandu Mobile Legend

Sepertinya game terlaris 2018 adalah mobile legend. Lihat aja di pencarian game gratis playstore. Mobile legend ada di peringkat pertama sebagai game gratis paling banyak di download. Fakta di lapangan, kita sering melihat anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memainkan game mobile legend. Banyak di antara mereka yang memainkan game gratisan ini di setiap waktu senggang. Fenomena populernya game mobile legend pun ikut di bahas Ustadz Abdul Somad. Awal pembahasan tentang mobile legend adalah ketika Ustadz Abdul Somad memberikan ceramah di Jambi. Salah satu jamaah menanyakan tentang hukum main game mobile legend. Ustadz Abdul Somad pun memberikan nasehat tentang main game mobile legend. di kutip dari tribunnews, beginilah nasehat Ustadz Abdul Somad "Jangan biarkan anak-anak kita main game. Sayangi mereka dengan tidak memberi hp. memberikan hp kepada anak-anak sama halnya dengan memberi pisau. Di potong urat nadinya. anti. Jangan.""Orang yang candu game sudah mubasir w…

Kisah Sukses Youtuber Dengan Penghasilan Adsense Youtube Tertinggi Di Indonesia

Youtube sebagai salah satu media yang memberikan peluang kepada siapapun juga untuk mendapatkan penghasilan dari adsense youtube. Penghasilan adsense youtube menjadi penghasilan tersendiri bagi seorang
youtuber. Youtuber sukses acapkali menikmati penghasilan tinggi. Bagaimana dengan youtuber Indonesia?. Inilah kisah sukses youtuber dengan penghasilan adsense youtube tertinggi di Indonesia.