Skip to main content

Tema 1 Analytics Dalam Pengembangan Channel

Pengembangan channel memiliki tujuan untuk membuat sebuah channel menjadi populer. Ketika channel sudah populer berarti pemirsa youtube mudah menemukan video dan meningkatkan penghasilan seorang youtubers. Untuk bisa seperti itu, seorang kreator youtube(youtubers) bisa memulai dengan cara analisa analytics dan manfaat dalam pengembangan channel. Berikut panduan youtubers yang di mulai dari materi 1 ringkasan analytics dalam tema cara analisa dan manfaat dalam pengembangan channel.
Pada materi sebelumnya, sudah diperkenalkan tentang analytics dan garis besar isi dari analytics. Untuk mempermudah mempelajari analytics secara kesinambungan, saya beri tema saja, yaitu tema 1 analytics dalam pengembangan channel. Gambaran umum pembahasan tema 1 adalah pengenalan analytics dan pembahasan isi analytics. Pembahasan isi analytics dimulai dengan materi 1 yang akan dibahas adalah ringkasan analytics.

Materi 1: Ringkasan Analytics

Materi 1: ringkasan analytics dan manfaat. Seperti yang sudah diperkenalkan dalam materi sebelumnya, dalam laporan analytics memuat ringkasan analytics. Ringkasan analytics adalah gambaran umum apa yang terjadi pada sebuah channel dengan rentang waktu yang ditentukan oleh pemilik channel. Menurut saya, rentang waktu yang ditentukan pemilik channel berkisar 28 hari sekali. Alasannya, dalam kurun waktu 28 hari sudah banyak aktivitas yang terjadi dalam channel sehingga data yang didapat sudah statis: tidak banyak perubahan. 
Berikut adalah isi dari ringkasan analytics(rentang waktu 28 hari), yaitu :
1. Penayangan real time dalam waktu 48 jam. Dalam data penayangan menunjukkan berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh pemirsa. Data ini penting sebagai bahan perbandingan dengan penayangan real time video yang terakhir dipublikasikan.
2. Penayangan real time dalam waktu 48 jam: video terakhir yang dipublikasikan. Data ini memperlihatkan jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan. Cara membacanya adalah jumlah penayangan real time(poin 1) - jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan= jumlah penayangan diluar 3 video terakhir dipublikasikan. Dengan demikian, kita akan mengetahui persentasi jumlah penayangan 3 video terakhir dipublikasikan. 
3. Waktu menonton(menit). Data ini menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton keseluruhan video dalam channel. 
4. Penayangan. Jumlah penayangan dalam waktu 28 hari. Berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh viewer.
5. Durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari. Data ini menunjukkan perbandingan durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari terakhir dengan 28 hari sebelumnya.
6. Estimasi pendapatan rata-rata. Data ini menunjukkan perkiraan pendapatan yang akan diraih seorang subscriber.
7. Subscribers. Data ini menunjukkan peningkatan atau penurunan jumlah subscribers.
8. Persen disukai(vs tidak disukai). Data ini menunjukkan keterlibatan viewer dalam memberikan like pada video.
9. Video teratas. Data ini menunjukkan 5 video dalam daftar video teratas untuk kurun waktu 28 hari terakhir. 

Manfaat Membaca Data Ringkasan Analytics.

Setelah membaca data pada ringkasan analytics akan didapatkan manfaat dalam bentuk petunjuk pengembangan channel. Manfaat membaca data ringkasan analytics adalah sebagai berikut :
1. Kita akan mengetahui jumlah penayangan video secara cepat dalam waktu 48 jam terakhir.
2. Mampu menganalisa seberapa besar kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan. Jika persentasi kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan cukup tinggi maka kita bisa membuat video dengan mengambil konten yang berkaitan dengan 3 video tersebut. Hal tersebut penting untuk memperkuat citra dimata viewer/subscriber untuk kembali lagi pada channel.
3. Dengan mengetahui jumlah waktu menonton dari viewer, kita bisa membuat konten yang memiliki durasi waktu yang akan dihabiskan viewer untuk menonton. Misal durasi waktu yang ditonton dalam rentang waktu 28 hari terakhir adalah 1 menit maka konten berikutnya harus dibuat dengan konten waktu sekitar 1 menit. Mengapa demikian? Karena jumlah durasi konten yang dibuat dengan waktu konten yang ditonton memiliki arti penting dalam SEO youtube. Jika durasi konten dengan durasi waktu seimbang akan memperkuat citra channel dimata SEO youtube. Tujuannya adalah video yang dimuat akan mudah ditemukan viewer dan pendapatan dari pengiklan akan mengalir deras. Beda halnya dengan durasi konten yang dimuat adalah 10 menit sedangkan waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton adalah 1 menit, apa yang akan terjadi pada channel kita?, tentu video yang dimuat akan sulit ditemukan viewer dan berujung pada minimnya penghasilan.
4. Mengetahui peningkatan jumlah subscriber dan penurunan jumlah subscriber. Apakah jumlah subscriber meningkat atau menurun?. Jika meningkat maka pertahankan konten yang dibuat karena viewer sudah percaya pada konsistensi dan kualitas konten yang dimuat channel. Jika penurunan, ada baiknya periksa jumlah 5 video teratas yang paling banyak ditonton. Dengan begitu, konten yang dimuat selanjutnya adalah konten yang berhubungan dengan 5 video teratas.
5. Dengan mengetahui jumlah video teratas yang paling banyak ditonton maka cari video yang sudah dimuat namun viewernya masih rendah lalu gunakan layar akhir untuk menempatkannya di video teratas. Hasilnya akan tercapai keseimbangan viewer di berbagai video. Ingat: penempatan video pada layar akhir harus sesuai dengan tema video yang akan ditempatkan. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kepercayaan dari viewer bahwa memang channel kita konsisten memuat video dengan tema tersebut.

Comments

Yang Populer

4 Tool Gratis Riset Keywords Untuk Blogger

Apa yang bisa saya lakukan agar artikel saya mendapatkan traffic audiens yang tinggi?. Kira-kira begitulah pertanyaan yang ingin selalu mendapatkan jawaban terbaik. Hanya saja, perlu di sadari kita tidak akan menemukan jawaban pasti. Meskipun begitu, ada banyak cara untuk mendapatkan traffic audiens dengan melakukan riset keywords memakai tool gratis yang banyak tersedia di internet. Free Tool Keywords Vs Berbayar Akan menjadi menarik jika ada free tool keywords yang di berikan secara cuma-cuma. Lantas timbul pertanyaan, seberapa efektif tool yang diberikan secara gratis? mana yang harus di pilih, free tool atau tool keywords berbayar?. Yang perlu di sadari bahwa free tool maupun tool keywords yang berbayar pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Untuk itu, pemilihan tool pun harus di sesuaikan dengan kebutuhan blogger itu sendiri. Jika blog kita ingin tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang, ada baiknya menggunakan tool keywords yang berbayar. Hal itu di karenakan ada pengali…

Manfaat Fitur Layar Akhir Youtube

Youtube sebagai media sosial yang menyajikan konten video selalu memberikan fitur-fitur terbaik untuk pelanggannya. Salah satu fitur terbaru youtube adalah layar akhir. Layar akhir merupakan salah satu cara untuk meningkatkan viewer, subscriber bahkan klik ke tautan situs yang sudah di setujui oleh pihak youtube. Dengan demikian, fitur layar akhir memberikan manfaat lebih bagi para pembuat konten maupun viewer youtube.

Nasehat Ustadz Abdul Somad Untuk Para Pecandu Mobile Legend

Sepertinya game terlaris 2018 adalah mobile legend. Lihat aja di pencarian game gratis playstore. Mobile legend ada di peringkat pertama sebagai game gratis paling banyak di download. Fakta di lapangan, kita sering melihat anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memainkan game mobile legend. Banyak di antara mereka yang memainkan game gratisan ini di setiap waktu senggang. Fenomena populernya game mobile legend pun ikut di bahas Ustadz Abdul Somad. Awal pembahasan tentang mobile legend adalah ketika Ustadz Abdul Somad memberikan ceramah di Jambi. Salah satu jamaah menanyakan tentang hukum main game mobile legend. Ustadz Abdul Somad pun memberikan nasehat tentang main game mobile legend. di kutip dari tribunnews, beginilah nasehat Ustadz Abdul Somad "Jangan biarkan anak-anak kita main game. Sayangi mereka dengan tidak memberi hp. memberikan hp kepada anak-anak sama halnya dengan memberi pisau. Di potong urat nadinya. anti. Jangan.""Orang yang candu game sudah mubasir w…

3 Penyebab Kegagalan Mendatangkan Viewer Youtube

Saya memiliki saluran/channel youtube tentang Sepakbola, Konser Musik, Otomotif dll. Dari beberapa channel youtube tersebut di atas, viewer video saya masih sedikit. Oleh karena viewer video youtube saya masih sedikit, saya pun mencari cara untuk meningkatkan viewer youtube. Dari bantuan youtube, akhirnya saya menemukan 3 penyebab kegagalan mendatangkan viewer youtube sehingga viewer youtube saya tetap rendah.

Jangan Sampai Kehilangan Pelanggan Saluran Youtube

Pelanggan saluran youtube memiliki arti penting bagi seorang youtuber. Berbagai cara yang di lakukan youtuber untuk menarik viewer agar mau menjadi pelanggan/subscriber saluran youtube. Kalau sudah dapat pelanggan /subscriber saluran youtube jangan sampai mereka meninggalkan saluran youtube.