Skip to main content

Jualan Online Gak Laku? Mungkin Disini Anda Bisa Menemukan Alasannya

jualan laku

Setiap owner online shop di marketplace menginginkan produk laku setiap hari. Hanya saja ketika jualan anda gak laku ada baiknya anda mulai mengerti perilaku pembeli bukan semata jualan produk. Mungkin saja disini, anda bisa menemukan cara agar produk online shop di marketplace laku setiap hari dengan mengetahui alasan pembeli tidak mau belanja di toko online anda.
Ketika pertama kali anda memulai bisnis online shop, mungkin anda tergiur dengan cerita teman anda atau artikel terkait renyahnya jualan di marketplace. Namun saat anda memulai terjun, semua cerita gurihnya jualan di marketplace seolah-olah hilang ditelan bumi.
Ada apa dengan toko online saya, ko susah banget menjual satu produk pun. Mungkin itu keluh kesah yang anda rasakan. Tenang, bukan anda seorang yang merasakan sulitnya jualan di marketplace, ada begitu banyak penjual yang merasakan hal yang sama dengan anda.
Mungkin anda termasuk yang beruntung walaupun jualan anda gak laku. Bagaimana dengan penjual lain yang sudah promosi atau kampanye produk sana sini tetapi tetap saja gak laku-laku, boncos mania. What's the matter?.
Apa alasan seseorang belanja di online shop?
Ada begitu alasana kenapa seseoranh mau berbelanja di online shop. Namun, saya gak sanggup menyebutkannya satu per satu. Akan tetapi, saya bisa menyebutkan secara umum alasan seseorang belanja di online shop.
Pada umumnya, seseorang belanja di online shop memiliki alasan yang sama meskipun ini masih gambaran umum tapi anda bisa mempersempit menjadi alasan khusus.
Berikut 3 alasan seseorang belanja di online shop yaitu :
1. Produk tidak ada di tempat terdekat
Alasan umum seseorang belanja di online shop adalah produk yang diinginkan tidak ada ditempat terdekat. Untuk alasan ini, seseorang akan rela menunggu berhari-hari datang produk yang diinginkan.
Saya kira kategori barnik atau barang unik akan memiliki peluang besar laku setiap harinya. Ya pastinya keunikan akan menyebabkan ketersediaan produk jadi terbatas dan akhirnya demand menjadi besar. Cihuyy, para praktisi dropship marketplace sudah pasti tahu mana saja produk yang termasuk barnik dan margin keuntungan pasti lebih besar. 
2. Gak mau ribet

Gak mau ribet menjadi alasan mengapa seseorang belanja di online shop. Kesibukan atau malas ke luar rumah menjadi pendorong belanja di online shop. Cukup klik dan klik, anda sudah bisa mendapatkan produk yang diinginkan.
Untuk alasan gak mau ribet ini, menurut saya kategori produk yang laku adalah kebutuhan sehari-hari. Margin yang diraih tidak terlalu besar tetapi volume penjualan bisa jauh lebih besar. Salah satu kunci sukses jualan tipe kebutuhan sehari-hari adalah kecepatan pengiriman.
3. Ketagihan belanja online
Untuk alasan yang satu ini sepertinya masih sedikit orang yang ketagihan belanja online. Tapi gak bisa dipungkiri ada saja yang termasuk ketagihan belanja online. Salah satu pendorong ketagihan belanja adalah diskon, cashback, flash deal atau flash sale.
Tipe pembeli seperti diatas yang penting ada diskom aja langsung beli. Untuk kategori produk yang bisa membuat ketagihan adalah kebutuhan sehari-hari, bisa sabun, susu, cemilan atau lainnya.
Saya kira masih ada banyak alasan belanja online dan jika anda seorang dropship di marketplace mulailah menemukan alasan yang tepat kenapa produk anda laku dijual. Untuk mempersingkat upload barang bisa menggunakan tool scraper marketplace. Kalo saya merasa cocok pakai odins milik om kresek Dody Rahman. Jangan tanya deh urusan bukti betapa dahsyarnya odins, sudah banyak yang menceritakan kisah sukses pakai tool scraper marketplace odins. Pokoke odins itu tool scrape marketplace terbaik. Bukan lagi promosi ya tapi ini bentuk kekaguman saya terhadap odins.
Lanjut ya, setelah kita mengetahui alasan seseorang belanja di online shop, kita juga harus tahu mengapa pembeli itu belanja ke online shop sebelah padahal produk, harga, jasa pengiriman, alamat gak jauh berbeda dan diskon sudah sama, apa yang terjadi???.
Cek bareng yu kenapa gak beli ke online shop milik saya?
Kalau saya atau anda merasa bahwa indikator produk yang kita jual sudah memenuhi syarat laku bahkan sama dengan kompetitor kita namun tetap gak laku. Ada baiknya kita mempertimbangkan alasan pembeli lebih memilih belanja ke online shop kompetitor kita.
Berikut adalah alasan produk gak laku yaitu :
1. Optimasi gambar berlebihan
Menampilkan gambar semenarik mungkin memang harus dilakukan sebagai daya tarik pembeli. Seperti yang kita ketahui bahwa pembeli akan melihat gambar produk terlebih dulu bukan. Meskipun begitu, optimasi gambar jangan dilakukan berlebihan karena akan berdampak buruk pada jualan anda. 
Optimasi gambar dilakukan sewajarnya saja yang terpenting adalah mengutamakan manfaat dari produk itu sendiri. Coba kombinasi warna yang memikat karena ada juga kecenderungan seseorang beli karena jatuh cinta pada warna. Tambahkan real pic untuk lebih meyakinkan pembeli.
2. Bombastis
Kata-kata yang meyakinkan itu kudu dipakai tetapi jangan bombastis karena itu malah akan mendorong calon pembeli gak percaya. Contoh kata bombastis adalah super dahsyat, 100% original kan dah tahu ya kalo original ya pasti gak pake tambahan ini itu xixii. Coba ingat-ingat dweh pernah gak kita nanya ke penjual "mba ini 100% ori atau 60% ori". hehe
3. Offline shop kudu ada
Selain online shop semestinya dicantumkan juga alamat offline shopnya. Tujuannya untuk lebih meyakinkan pembeli bahwa anda bener penjual yang bisa dipercaya. Atau kalo di Bukalapak ada fitur jemput barang sendiri.
4. Jawab dengan lugas setiap pertanyaan pembeli
Terkadang ada juga tipe pembeli yang mencoba bertanya-tanya terlebih dulu lewat diskusi atau chat. Usahakan jawab dengan cepat dan lugas. Ini akan membantu meningkatkan kinerja anda dimata calon pembeli.
Pilihan diksi kata yang menarik, positif dan memicu beli akan menjadi nilai lebih dimata pembeli. Mulailah banyak membaca dan kuasi produk yang anda jual.
5. Bantu mengarahkan pembeli
Yang dimaksud disini adalah ketika pembeli mengalami hambatan pilihan jasa pengiriman, transfer dana, kegunaan produk atau misal pemilihan warna yang sesuai untuk acara tertentu.
Oleh karena itu, meskipun kita jualan online shop bertujuan laku tapi kita harus punya nilai lebih dimata pembeli selain ramah tapi kita bisa mengarahkan pembeli. Misalkan warna baju untuk biru gak cocok dengan dipakai kondangan maka arahkan pembeli untuk memilih warna lain, beri penjelasannya.

Kesimpulan
Artikel ini berdasarkan analisa saya sehingga cara pandang saya dengan anda akan berbeda. Namun ada baiknya kita selalu koreksi cara-cara jualan online yang sudah kita lakukan. Semoga bermanfaat, silahkan share barangkali dirasa akan memberi sedikit pencerahan.

Comments

Rekomendasi Artikel

Cara Cheat Mobile Legends : Antara Real dan Fishing

Cara cheat mobile legends : Antara Real dan Fishing - Bertanding antar hero dalam game mobile legends adalah gengsi tersendiri. Gamer akan berusaha meraih kemenangan, apa pun caranya termasuk cheat. Namun, benarkah ada cara cheat mobile legends terbaru 2018? Atau anda hanya jadi korban fishing saja.

Heboh penggunaan cheat dalam game mobile legends bermula ketika bulan desember 2017, komunitas mobile legend bang bang Indonesia bertanding dengan Vietnam. Hasil pertandingan dimenangkan tim Vietnam dengan skors 3-0. Dalam pertandingan tersebut, oknum pemain Vietnam diduga melakukan cheat supaya memenangkan pertandingan. 2 Cara Cheat Mobile Legends Yang diduga dilakukan oknum pemain Vietnam Dalam kontes mobile legends antara mobile legends bang bang Indonesia dan Vietnam, diduga oknum pemain vietnam melakukan cheat dengan dua cara cheat mobile legends. 1. Menaikkan MMR Secara Ilegal MMR adalah Matchmak Ranking dalam sistem game mobile legends. Secara legal, para pemain game mobile legends …

Cara Seo Youtube 2018 : Creator Studio, Promosi Video dan Meningkatkan Jumlah Viewer

Cara seo youtube 2018 : creator studio, promosi video dan meningkatkan jumlah viewer - Seo youtube 2018 mengikuti perubahan algoritma youtube terbaru. Para youtubers harus mampu memaksimalkan creator studio dan tool gratis video yang bertujuan meningkatkan viewer secara mudah dan alami dalam waktu singkat. Bagaimana cara kerja algoritma youtube terbaru 2018?
Pada dasarnya, tidak ada satu orang pun yang tahu pasti cara kerja algoritma youtube 2018. Yang bisa kita lakukan adalah analisa pada keterkaitan dengan kebijakan komunitas dan persyaratan memonetasi channel. Pada kebijakan dan persyaratan monetasi channel merupakan bentuk komitmen kualitas youtube yang diaktualisasi lewat bot youtube. Dengan begitu, youtube bisa menyajikan konten yang benar sesuai kemauan audiens. Dampak perubahan algoritma youtube terbaru tidak akan dirasakan pada channel yang mematuhi kebijakan komunitas. Seberapa besar efek algoritma youtube terbaru 2018 bagi para youtuber? Bagi channel besar, perubahan algori…

Review Terlengkap Samsung Terbaru 2018 : Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy J8

Review terlengkap Samsung Terbaru 2018 : spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy J8 - Bingung cari smartphone yang enak buat selfie?. Santai guys, smartphone pabrikan Korea Samsung sudah ngeluarin produk terbaru 2018. Produk terbaru samsung masih seri J yaitu Samsung Galaxy J8. Mau tau apa saja spesifikasi samsung Galaxy J8?. Yu ikuti review lengkap samsung terbaru 2018 mulai dari spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan samsung galaxy J8. Mengenal produk smartphone samsung seperti sebuah jaminan mutu dan kualitas. Calon pembeli tinggal menyesuaikan antara selera dan seri samsung yang cocok. Sebagai pabrikan smartphone berkualitas, samsung mengeluarkan seri terbaru yang menyasar kelas menengah ke atas. Jika menilik kepada keunggulan yang ditawarkan, sepertinya Samsung terbaru Galaxy J8 diperuntukan untuk generasi muda yang senang mengabadikan momen terbaik dalam hidup. Display Multi task Dengan display layar yang multi task, pengguna samsung galaxy J8 bisa asyi…

Video Yang Akan Trend Di Youtube 2019

Video apakah yang akan trend di youtube 2019?. Jika anda seorang youtuber pasti akan mencari tahu video apa yang bagus untuk meningkatkan viewer. Mungkin anda malas analisa perilaku penonton pada channel anda atau channel lainnya, biarkan saya membantu prediksi video yang akan trend di youtube 2019.
Tahun 2018 akan segera berakhir dan tinggal beberapa hari lagi memasuki tahun baru 2019.  Akhir tahun seharusnya anda sudah mengumpulkan data terhadap perilaku penonton dan subscribers channel anda. Hanya saja memang membaca data analytics youtube itu sangat membosankan. Saya yakin anda tahu bahwa membaca data analytics youtube akan membantu mengembangkan channel anda.



Ribet adalah alasan utama para youtuber sehingga kebanyakan produksi konten video hanya berdasarkan ide sesaat dan feeling saja. Data analytics youtube akan diabaikan meskipun dari hasil analytics tersebut kita bisa mengetahui identitas penonton.
Apa alasan anda menjadi youtuber?Saat anda terjun sebagai creator video youtube a…

Bagaimana Prediksi Bisnis Online di Tahun 2019?

Tahun 2018 akan segera berakhir. Di akhir tahun 2018 akan ada event harbolnas yang merupakan kegiatan rutin hari belanja online nasional. Event harbolnas yang diadakan menjelang pergantian tahun baru seakan-akan sebuah evaluasi tingkat kepuasan konsumen terhadap pelaku bisnis online. Lalu, bagaimana prediksi bisnis online ditahun 2019?. Seingat saya sepanjang tahun 2018 ada beberapa riak kecil yang mengganggu kenyamanan pembeli saat berbelanja online. Meskipun pada akhirnya pihak terkait mampu menyelesaikannya dengan baik. Gangguan kenyamanan tersebut tentu akan sedikit besarnya mempengaruhi image masyarakat. Namun secara umum saya tidak melihat ada gangguan berarti pada kenyamanan belanja online. Mungkin saja pendapat saya bisa keliru terhadap kenyamanan berbelanja tapi saya meyakini secara keseluruhan pembeli masih nyaman belanja online. Pendapat saya akan diperkuat dengan target pencapaian transaksi harbolnas 2018. Jika saja target yang dicapai memenuhi target panitia maka bisa di …

Review Terlengkap Samsung Terbaru 2018 : Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6

Review Samsung Terbaru 2018 : Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A6- Apakah anda sedang mencari smartphone pabrikan samsung terbaru 2018?. Jika iya, anda akan mendapatkan pilihan menarik Samsung Galaxy A6. Meskipun anda sudah tahu kualitas smartphone keluaran Samsung pasti oke tetapi ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu review lengkap samsung A6. Yu ikuti review terlengkap produk samsung terbaru 2018 mulai dari spesisikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A6. Samsung Galaxy A6 bisa dikatakan adik dari Samsung Galaxy A6+ yang telah beredar terlebih dulu. Meskipun terdapat perbedaan antara Samsung Galaxy A6 dan A6+ namun secara umum sama-sama mengedepankan resolusi kamera. Dari sisi display, Samsung Galaxy A6+ memiliki layar 6 inch sedangkan Samsung Galaxy A6 hanya 5.6 inch. Dari sisi baterai, Samsung Galaxy A6 memiliki batteray non removeable tanpa fast charging. Meskipun begitu pengisian baterai tergolong cepat penuh. Kamera Yang Menakj…

Bocoran 7 Daftar Smartphone Terbaru 2019 Yang Akan Dirilis Ke Pasaran Versi Diperbarui

Apakah anda sudah membeli smartphone terbaru 2018?. Jika iya dan anda merasa kecewa karena adanya kekurangan spesifikasi dan kinerja smartphone favorit anda maka saya akan kasih bocoran terbaru. Yu ikuti review info daftar smartphone terbaru 2019 yang akan dirilis ke pasaran versi lama yang diperbarui. Tahun 2018 sudah memasuki penghujung akhir tahun. Produsen smartphone dunia sudah ancang-ancang merilis produk smartphone terbaru di tahun 2019. Data hasil riset penjualan dan tingkat kepuasan konsumen menjadi salah satu tolak ukur merilis produk smartphone terbaru : apakah smartphone lama tapi diperbarui atau memang benar-benar baru. Prediksi 7 Smartphone Terbaru 2019 Bagi anda yang penggemar smartphone tertentu bisa cek smartphone favorit anda ada edisi terbaru atau tidak. Inilah prediksi 7 daftar smartphone terbaru 2019 yang akan dirilis tahun depan. 1. Samsung Galaxy S10
Prediksi pertama datang dari produsen smartphone asal Korea, Samsung. Samsung diprediksi akan merilis produk ter…

This Blog is protected by DMCA.com