Skip to main content

Kemunculan Sosok Ratu Adil Ada Sejak Indonesia Merdeka, Siapakah?

Jayabaya
Jayabaya : Raja Kerajaan Kediri
Saya merasa yakin banyak yang sudah tahu tentang ramalan Jayabaya akan kemunculan sosok Ratu Adil. Banyak yang percaya namun tidak sedikit pula yang meragukan kemunculan sosok Ratu Adil. Saya sedang tidak berada dalam percaya atau tidak tentang ramalan Jayabaya tersebut namun saya sedang mencoba membangun imaginasi saya tentang Ratu Adil itu sendiri.
Pada umumnya, orang mempercayai bahwa Ratu Adil adalah sosok ksatria yang yatim piatu, sudah lulus weda Jawa, hanya berpedoman trisula(dikutip dari tribunsolo). Lalu, kehadiran Ratu Adil itu di harapkan akan memberikan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat yang teraniaya. Kapan Ratu Adil akan muncul?. Saya berada dalam pandangan bahwa Ratu Adil itu telah datang sejak Indonesia Merdeka. Siapakah?.

Ratu adil dipercaya mampu mensejahterakan dan memberikan perlakuan adil bagi rakyatnya. Sepertinya sosok Ratu Adil adalah sosok misterius yang memang tidak diketahui pasti keberadaannya. Izinkan saya memberikan sebuah pandangan berbeda tentang kemunculan Ratu Adil.
Jika segala sesuatu yang ada di alam semesta ini di ciptakan berpasang-pasangan maka semestinya ada pria ada wanita, ada siang ada malam, ada ratu ada raja. Jika ada Ratu adil adakah Raja Adil itu?
Ratu Adil dalam imaginasi saya adalah Pancasila dan Raja Adil itu adalah Bhinneka Tunggal Ika. Pancasila adalah ideologi negara. Pancasila merupakan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Sedangkan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan Indonesia yang memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu.
Jika Ratu adil ini adalah Pancasila maka kehadiran sosok pemimpin yang memiliki jiwa Pancasilais akan menjadi pemimpin yang berlaku adil. Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia bukan adil bagi golongannya semata. Oleh karena itu keadilan yang diberikan pada rakyatnya adalah keadilan yang dikendalikan oleh sang Raja Adil yaitu Bhinneka Tunggal Ika.
Seorang pemimpin yang mengerti Bhinneka Tunggal Ika akan mengerti perbedaan dan senantiasa akan mengayomi seluruh rakyatnya. Perbedaan adalah pemersatu bangsa ini. Pelangi itu indah karena berbeda warna. 
Pemimpin tidak bisa memaksakan suaranya harus sama kepada rakyatnya. Biarkan saja suara rakyat berbeda dengan suara pemimpinnya yang terpenting perbedaan itu di bangun untuk dasar kesamaan tujuan yaitu membangun Indonesia Raya.
Jika saja pemimpin itu bukanlah seorang yang memiliki jiwa Pancasila maka rakyat akan menderita karena pemimpinnya tidak dikendalikan oleh Bhinneka Tunggal Ika.
NB: tulisan ini adalah bagian dari ngaji diri saya tentang pentingnya setiap warga negara Indonesia untuk mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Artikel Populer Minggu Ini

The Phenomenal Fight Saingi Nilai Transfer Neymar

Baru-baru ini pecinta olahraga khususnya sepakbola di kejutkan dengan nilai transfer Neymar dari Barcelona ke PSG yang mencapai 222 Juta Euro. Pro kontra nilai transfer Neymar sempat menjadi perbincangan hangat di hampir semua negara.  Kini, isu nilai transfer pesepakbola Neymar Jr hampir di gilas dengan nilai bayaran pertarungan tinju yang di juluki The Phenomenal Fight antara Floyd Mayweather vs Conor McGregor yang di jadwalkan akan berlangsung pada hari Minggu, 27 Agustus 2017 yang rencananya akan di siarkan secara langsung TvOne mulai jam 8.30WIB.
Dampak Postif Nilai Transfer Neymar Nilai transfer Neymar yang mencapai 222 Juta Euro merupakan nilai transfer tertinggi hingga saat ini. Banyak yang menilai transfer sebesar itu pantas di terima oleh seorang pesepakbola sekelas Neymar. Besarnya nilai transfer Neymar sudah tentu memberikan dampak positif bagi pesepakbola lainnya. Sudah pasti nilai transfer pesepakbola lainnya akan ikut naik juga. Dengan begitu citra sepakbola akan ikut …

Aksi Demian di America's Got Talent di Saksikan Langsung Donald Trump

Aksi Demian saat pertama kali tampil di America's Got Talent banyak menuai komentar negatif dari netizen asal Indonesia. Komentar negatif dari netizen membuat Demian merasa khawatir seni sulap akan hilang dari Indonesia. Lanjut baca"komentar Demian". Itu dulu, kini? Berkat aksi gemilang Demian di audisi tahap pertama di ajang America's Got Talent, Ia pun menjadi sorotan publik internasional bahkan mungkin sampai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mungkinkah?.


Lihatlah video di menit 4:55 saat Demian melakukan aksi keduanya di America's Got Talent, Donald Trump? !!!! Seperti yang kita ketahui bahwa Donald Trump adalah seorang tokoh televisi realita, hal tersebut memungkinkan Donald Trump menyaksikan langsung acara televisi America's Got Talent. Tapi seberapa pentingkah Donald Trump menyaksikan langsung aksi Demian?. Ah bagi saya mah, lelaki yang ada di video tersebut entah Donald Trump asli atau orang yang sengaja berdandan mirip Donald Trump ke, kagak pe…

Cristiano Ronaldo, PSG dan Kepergian Neymar

Neymar hampir dipastikan hengkang dari Barcelona. Kemanakah ia akan berlabuh?. Mungkinkah Neymar akan bermain di PSG?. Bagaimana reaksi pesepakbola lain menanggapi kepergian Neymar dari Barcelona?. Adakah pesepakbola yang peduli dengan karir Neymar?. Neymar sering di kaitkan dengan klub asal Francis, PSG. Seperti yang kita ketahui, PSG adalah klub paling ngebet mendatangkan Neymar dengan mengiming-imingi gaji dan kontrak yang tinggi. Secara finansial, PSG akan memberikan tawaran  yang tertinggi bagi Neymar. Namun, apakah pesepakbola sekelas Neymar masih membutuhkan finansial yang lebih dan lebih, bukankah Barcelona juga sudah memberikan finansial yang sangat baik.
"baca juga artikel tentang Messi pemicu kepergian Neymar" Jika saja Neymar pergi dari Barcelona karena motif finansial maka Neymar telah melakukan kesalahan besar terhadap karir sepakbolanya. Jangan lakukan itu Neymar!!. Jika hengkangnya Neymar karena masalah karir, saya sependapat bahwa Neymar harus pergi mening…

Messi Pemicu Utama Neymar Pergi Meninggalkan Barcelona

Siapapun pemainnya tidak ingin selalu di bawah bayang-bayang pemain sepakbola lainnya, termasuk Neymar. Tentu, realistis bagi Neymar untuk pergi meninggalkan Barcelona. Kapankah waktu yang tepat bagi Neymar meninggalkan Barcelona?. Jendela bursa transfer musim panas ini adalah waktu yang tepat bagi Neymar meninggalkan Barcelona. Ada banyak alasan realistis yang mampu mendorong Neymar meninggalkan Barcelona. Messi adalah pemicu utama Neymar pergi meninggalkan Barcelona. Mengapa?

Messi adalah pemain terbaik dunia, sudah 5 kali meraih penghargaan bergengsi; Ballon D'or. Bagaimana dengan Neymar?. Neymar belum pernah meraih Ballon D'or sampai saat ini. Mungkinkah Neymar mampu meraih Ballon D'or?. Sangat mungkin bagi seorang Neymar untuk meraih Ballon D'or jika ia berkompetisi dengan baik yaitu di luar tim yang di perkuat Messi. Artinya Neymar harus pergi meninggalkan Barcelona dan bermain untuk tim yang memiliki tradisi mengantarkan pemain meraih Ballon D'or. Jika saja…

Menyerah Itu Kunci Sukses Menjadi Kaya Raya

Menjadi kaya raya itu impian semua orang. Akan tetapi tidak semua orang melakukan langkah-langkah yang benar untuk mewujudkan impiannya. Berbagai seminar maupun pelatihan bisnis telah di lakukan namun hasilnya tetap tidak terlihat nyata. Dimanakah kekeliruan tersebut?. Kaya itu identik dengan banyak uang. Oleh karena itu, jika kita ingin kaya raya maka harus mampu menaklukkan uang, jangan biarkan uang pergi mengalir kemana-mana. Pastikan uang itu berhenti di kantong milik kita sendiri dan biasakan uang itu bekerja untuk diri kita. Apa iya harus seperti itu?. Untuk bisa menaklukkan uang, sepertinya kita harus menyadari definisi uang secara tradisional, bahwa uang itu adalah alat tukar. Yang namanya tukar menukar itu pasti ada pengorbanan karena apa yang kita miliki di lepaskan keluar dan dari luar masuk ke dalam kita. Saat melepaskan keluar itulah terjadi pengorbanan. Sudah benarkah pengorbanan yang kita lakukan selama ini?. Mari kita perhatikan beberapa penggunaan uang dalam kehidupa…

Tentang Penulis

My photo
Saya tidak memiliki basic di dunia blogger namun hanya mencoba menyalurkan hobi menulis semata. Profesi saya hanyalah seorang pedagang makanan tradisional Indonesia. Semoga tulisan saya memberikan manfaat.