Pengalaman Pertama Laku Di Bukalapak Deg-degan Bener

Sebagai dropship pemula saya akan menceritakan pengalaman pertama laku jualan online shop di bukalapak.

Sebagai dropship pemula pasti akan mengalami cerita suka dan duka saat ada yang belanja di toko online milik kita. Untuk saat ini, saya akan berbagi cerita pertama kali saat produk online shop laku di bukalapak.
Bukalapak adalah marketplace yang pertama kali saya geluti sebagai dropship. Dengan menggunakan tool scraper marketplace odins, saya bisa upload massal dalam hitungan menit. Odins sangat membantu dropshipper marketplace. Tanpa promosi atau pasang iklan disana sini, order sudah bisa membanjiri toko online.
Kurang lebih 8 bulan yang lalu saya membuka online shop di bukalapak. Produk yang saya jual adalah pakaian muslim dan muslimah. Oleh karena saya memakai odins maka dalam hitungan menit saya sudah bisa mengisi toko online di bukalapak dengan ratusan produk.
Jlebb, selang beberapa hari pecah telor. Setengah percaya setengah kagak, ada di notifikasi dari bukalapak kalau ada transaksi yang harus diselesaikan. Bingung juga harus bagaimana.
Yups, kebingungan adalah normal secara itulah pengalaman pertama laku di bukalapak. Namun, saya masih teringat apa yang disampaikan om Burhan saat melatih siswa/siswi Smk Ramada. Dari toko yang kita scrape dari situ pula kita belanja dan kirim barang.
Setelah teringat dengan apa yang sudah diajarkan, lalu saya memproses transaksi di bukalapak. Selesai proses, saya pun segera belanja di supplier yang saya scrape.
Proses belanja di supplier tidaklah sulit, cukup beli produk, isi nama dan alamat pengiriman. Tentu saja nama dan alamat pengiriman adalah nama pembeli dari online shop di bukalapak. Setelah selesai saya pun bergegas ke minimarket untuk pembayaran.
Setelah selesai pembayaran, tidak serta membuat hati senang karena harus menunggu diproses dan dikirim dari supplier. Yang menjadi deg-degan banget adalah apakah supplier itu terpercaya atau tidak. Saya lihat sudah dua hari dari sejak diproses supplier ternyata produk belum dikirim juga sedangkan waktu input resi tinggal sehari lagi. Gunjreng, status produk sudah dikirim supplier dengan terbitnya nomor resi pengiriman.
Setelah nomor resi pengiriman terbit dari supplier berarti langkah selanjutnya input nomor resi di bukalapak. Alhamdulillah didetik batas akhir pengiriman dibukalapak bisa input resi juga. Namun, kendala tidak sampai disitu, karena dana hasil penjualan di bukalapak masih tertahan sampai pembeli menyatakan selesai dan klik setuju dana diteruskan ke penjual.
Sejujurnya, pas laku pertama kali di bukalapak tidaklah berorientasi pada laba semata. Pembelajaranlah yang paling berharga dari proses transaksi di Bukalapak. Pada proses transaksi pertama kali dibukalapak tidak ada kendala yang berarti namun pada proses transaksi penjualan kedua dan seterusnya bermunculan masalah baru. Saya menganggap itu adalah proses belajar yang paling berharga dari proses dropship di bukalapak. Saya beruntung mempunyai masalah-masalah yang berbeda karena masalah itu justru membuat saya semakin mempelajari seluk beluk sebagai dropship di bukalapak.
Pada tulisan berikutnya saya akan mencoba membahas seluk beluk masalah yang sering muncul dalam proses sebagai dropship di marketplace. Semoga tulisan ini bermanfaat. Silahkan share jika dirasa bermanfaat sebagai sesama dropship di marketplace.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih