Bagaimana Cara Branding Toko Online Kekinian?

Branding toko online membutuhkan cara dan strategi yang efektif dalam membangun bisnis online. Bagaimana cara branding toko online kekinian?

Branding toko online membutuhkan cara dan strategi yang efektif dalam membangun bisnis online. Bagaimana cara branding toko online kekinian?. Mengapa harus branding toko online?. Sederet pertanyaan yang harus mampu dijawab para praktisi pemasaran online untuk membantu para pemilik toko online meningkatkan volume penjualan.
Sebagai perkenalan, saya aspudin, seorang dropshipper marketplace namun saya bukanlah seorang praktisi pemasaran handal apalagi expert. Saya hanya ingin berbagi pengalaman dan wawasan pemasaran yang saya pelajari dari berbagai website atau blog.

Yang perlu disadari oleh owner toko online bahwa ilmu marketing adalah bukan ilmu pasti. Meskipun kita memakai cara-cara yang berasal dari expert marketing belum tentu akan serta merta melejitkan omzet. Mindset yang diperlukan adalah ilmu marketing adalah ilmu keterampilan, semakin mencoba berbagai ilmu marketing semakin terampil dalam pemasaran.
Salah satu bagian dari ilmu marketing adalah branding. Dan untuk saat ini, saya akan mencoba mengulas branding toko online.
Mengapa harus buka toko online?
Di era digitalisasi seperti sekarang ini, membuka toko online adalah sebagai salah satu strategi adaptasi dengan perkembangan zaman. Bila kita tidak mampu beradaptasi maka lambat laun kita akan tersisih. Ingat teori Charles Darwin, bagaimana evolusi binatang yang mampu beradaptasi akan tetap bertahan dengan perkembangan zaman.
Tentu saja membuka toko online bukan sekedar adaptasi dengan perkembangan zaman namun lebih kepada memudahkan konsumen menemukan produk yang diinginkan dan kemudahan bertransaksi.
Ada banyak cara memudahkan konsumen menemukan produk incarannya seperti membuka toko online sendiri, toko online di marketplace atau bahkan di media sosial.
Yang akan saya tekankan dalam pembahasan kali ini adalah toko online sendiri yang berupa website. So, kita bisa membuat kesimpulan sementara bahwa alasan membuka toko online adalah :
1. Adaptasi perkembangan zaman digitalisasi
2. Memudahkan konsumen menemukan produk
3. Memberikan kemudahan bertransaksi
4. Kenyamanan bertransaksi
5. Mendekatkan dengan pelanggan.
Bagaimana memulai branding toko online?
Branding toko online membutuhkan waktu yang cukup lama dan biaya yang besar. Meskipun demikian, ada cara-cara yang sedikit menghemat biaya dan mempersingkat waktu.
Saya coba tawarkan strategi branding toko online yang simple tapi cukup efektip. 
1. Seo toko online
Branding toko online dengan cara seo akan sedikit menghemat biaya. Seperti yang kita ketahui bahwa sumber konsumen terbesar berasal dari mesin pencarian. 
Ada sebuah perilaku unik konsumen bahwa sebelum memutuskan membeli atau tidak, konsumen akan mencari tahu terlebih dahulu tentang produk dan profil toko online.
Itu adalah peluang masuknya seo toko online. Tujuan seo toko online adalah meningkatkan visibility toko online dimesin pencarian. Sudah ada bayangkan bagaimana jika toko online milik kita ada dihalaman pertama mesin pencarian, amazing. Akan banyak konsumen yang datang ke toko online.
Adapun untuk membuat seo toko online adalah sebagai berikut :
1. Toko online harus fast loading
Pemilihan template menjadi kunci utama fast loading. Trend kekinian adalah template toko online yang sederhana namun pembeli mudah menavigasi toko online.
Menurut riset google dalam think with google, hampir 70% web toko online kehilangan konsumen akibat lambat loading. Kecepatan loading harus dimaksimalkan dan google menyarankan tidak lebih dari 3 detik untuk memuat loading.
2. Optimasi gambar
Untuk optimasi gambar diperlukan alt image dan menghilangkan iframe. Alt image akan membuat gambar terindeks di google image. Kompress gambar supaya memaksimalkan waktu loading.
3. Link building
Link building adalah langkah membangun kepercayaan mesin pencarian. Link building terdiri dari link eksternal maupun link internal.
2. Fokus pada satu jenis produk
Fokus pada satu jenis produk akan membantu memudahkan konsumen mengingat kemana harus berbelaja jika butuh satu produk.
Jika toko online anda bergerak dibidang rotan sintetis, maka produk yang dijual pun harus semua produk yang terbuat dari bahan rotan sintetis. Ini akan memudahkan konsumen mengingat dan kembali berbelanja di toko online anda.
3. Personal branding
Setiap toko online pasti ada owner dan karyawan yang posting produk bukan?. Dari situlah ide harus ada personal branding yang memperkuat branding toko online itu sendiri.
4. Segmentasi pasar
Toko online harus jelas menyasar ke segmen masyarakat yang seperti apa. Ini jelas akan membagun branding bisnis online anda secara tepat. Tentukan segmen toko online gunakan pendekatan bahasa komunikasi yang sesuai dengan segmen pasar anda.
Untuk menambah wawasan bisa juga membaca tentang branding kunci sukses bisnis.
Branding adalah salah satu kunci sukses bisnis online. Ilmu marketing adalah ilmu keterampilan semakin dipraktekan semakin terasah. Mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih