Video Yang Akan Trend Di Youtube 2019

Membaca data analytics youtube tentang perilaku viewer sepanjang tahun 2018 untuk prediksi video yang akan trend di youtube 2019.

Video apakah yang akan trend di youtube 2019?. Jika anda seorang youtuber pasti akan mencari tahu video apa yang bagus untuk meningkatkan viewer. Mungkin anda malas analisa perilaku penonton pada channel anda atau channel lainnya, biarkan saya membantu prediksi video yang akan trend di youtube 2019.

Tahun 2018 akan segera berakhir dan tinggal beberapa hari lagi memasuki tahun baru 2019.  Akhir tahun seharusnya anda sudah mengumpulkan data terhadap perilaku penonton dan subscribers channel anda. Hanya saja memang membaca data analytics youtube itu sangat membosankan. Saya yakin anda tahu bahwa membaca data analytics youtube akan membantu mengembangkan channel anda.
Ribet adalah alasan utama para youtuber sehingga kebanyakan produksi konten video hanya berdasarkan ide sesaat dan feeling saja. Data analytics youtube akan diabaikan meskipun dari hasil analytics tersebut kita bisa mengetahui identitas penonton.

Apa alasan anda menjadi youtuber?


Saat anda terjun sebagai creator video youtube atau di Indonesia dikenal sebagai youtuber, kira-kira apa alasan anda menjadi youtuber?. Pertanyaan tersebut selain untuk mempertegas eksistensi anda sebagai youtuber sekaligus sebagai evaluasi terhadap kinerja channel anda. Sudah berapa banyak anda berhasil mendatangkan viewer, subscriber dan uang dari youtube?. 
Nah loh kalo sudah ditanya begitu ribet dweh jawabnya.  Yang saya tahu adalah tidak ada alasan pasti yang membuat kebanyakan youtuber terjun ke dalam dunia youtube. Mungkin saja hanya segelintir youtuber yang memanfaatkan creator studio youtube untuk memproduksi konten video.
Okelah kita anggap alasan anda terjun ke dalam creator video youtube adalah untuk monetasi video youtube. Akan tetapi apakah anda benar-benar produksi video yang berkualitas atau yang penting upload video youtube.
Seharusnya ketika anda ingin mendapatkan uang dari youtube maka anda harus memperlakukan video anda sebagai produk yang pantas dijual ke penonton.

Apakah video youtube yang berkualitas?

Ketika anda mendaftarkan channel youtube sebagai publisher google adsense maka anda wajib mematuhi guidelines community youtube. Itu artinya anda wajib mematuhi pedoman komunitas youtube.
Pedoman komunitas youtube bukan hanya terpaku pada hak cipta dan originalitas namun mencakup pada kualitas video yang bermanfaat dan unik. Hal tersebut masih bersifat general artinya anda masih dalam bayang-bayang apa itu bermanfaat dan unik.
1. Menjawab kebutuhan penonton
Yang dimaksud bermanfaat dan unik adalah video anda mampu menjawab kebutuhan penonton. Jika channel anda terkait tutorial maka video yang anda produksi harus mampu menjabarkan semua yang anda ketahui sehingga penonton akan menemukan jawaban dari kebutuhannya.
Begitu pula jika channel anda tentang traveling berikanlah jawaban kepada penonton bagaimana memulai traveling ke sebuah tempat, biaya dan semua yang ada di objek wisata yang anda tuju. Maka penonton akan puas karena mendapatkan jawaban dari kebutuhannya.
2. Memberikan solusi
Telah terjadi kesumpekan dalam kehidupan sehari-hari setelah sibuk dengan rutinitas. Kejenuhan akan mempersempit daya nalar sehingga perlu ide untuk sebuah solusi bahkan hal terkecil sekalipun seperti makam di restoran mana.
Hal tersebut di atas adalah peluang memberikan solusi bagi para penonton youtube. Bagi para youtuber harus bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat video solusi kehidupan. Vlog akan memberikan alternatif lain bagi para viewer youtube.
Dua hal itu saja sudah cukup memberikan gambaran tentang video youtube yang bermanfaat dan unik. Mari kita lihat laporan thinking with google tentang perilaku penonton youtube sepanjang tahun 2018.

Perilaku viewer 2018 bisa dijadikan bahan prediksi video yang akan trend di youtube 2019

Dalam email yang saya terima dari thinking with google menunjukan tentang perilaku viewer youtube 2018. Dan saya memandangnya sebagai bahan prediksi video yang akan trend di youtube 2019. Alasannya adalah bahwa trend tersebut menunjukkan perilaku penonton dalam kehidupan sehari-hari.
1. Back to basic
Perilaku viewer youtube sepanjang tahun 2018 adalah bac to basic. Artinya penonton ingin mendapatkan video tentang kesederhanaan. Kejenuhan dan kompleksnya problem sehari-hari di era modern seperti sekarang membuat tingkat stress yang cukup tinggi. Manusia butuh cara mengatasi stress dengan menyederhanakan problem sehari-hari.
Lihat saja channel Van life yang menampilkan bagaimana bertahan hidup telah banyak mendapatkan viewer dan subscriber yang luar biasa banyak. Itu mencerminkan bahwa di era modern seperti sekarang sudah banyak yang menginginkan hidup yang lebih sederhana.
2. Mencari inspirasi
Terkadang terlalu sulit untuk mendapatkan inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Lihat saja video tentang cara mudah merapihkan kamar sudah banyak meningkatkan viewer dan subscriber.
Hal sekecil apapun bisa menjadi inspirasi buat orang lain dan ini adalah jawaban bagi kebutuhan viewer youtube.
3. Merasa terjalin hubungan emosional
Ada banyak penonton yang merasa terjalin hubungan emosional ketika menonton video tentang keluarga tertentu.
Gak heran keluarga gen halilintar mendapat tempat di hati viewer youtube.
Ketiga perilaku viewer youtube sepanjang tahun 2018 bisa dijadikan acuan untuk membuat video youtube di tahun 2019. Cobala menampilkan konten tentang cara-cara sederhana dalam menjalani kehidupan dan berikan inspirasi pada viewer youtube.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih