Kiat Sukses Bisnis Online Ini Mungkin Yang Anda Lupakan

aspudin

Dimana anda menjalankan bisnis online?. Saya identifikasi anda sedang menjalankan bisnis online di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Mungkin anda sedang dalam tahap sukses menjual berbagai produk namun ada kalanya kesuksesan yang anda raih membuat performa bisnis online anda menurun. Mengapa performa bisnis online menurun?.
Rasanya semua orang sudah memiliki kepercayaan diri untuk memulai bisnis online. Hanya saja kepercayaan diri anda yang dikare akan pengetahuan bisnis anda yang luar biasa terkadang tidak cukup kuat untuk mempertahankan kesuksesan. Adakalanya anda harus membaca kembali dari awal kiat sukses bisnis online yang mungkin sudah anda lupakan.
Kiat sukses bisnis online di marketplace ini bukanlah cara pasti meraih omzet luar biasa penjualan. Kiat sukses bisnis ini hanyalah sebuah kerangka sukses yang bisa anda adopsi dari para pengusaha sukses. So, jangan berharap dengan membaca kiat sukses bisnis online lalu anda akan langsung menjadi sukses.
Yang perlu anda sadari bahwa tidak ada kunci sukses bisnis online. Yang ada hanyalah gambaran umum bagaimana seorang pengusaha bisa sukses menjalankan bisnis. Anda tidak mungkin bisa menerapkan berbagai cara suksesyang sudah anda ketahui dari berbagai sumber. Yang perlu anda ketahui bahwa semua kiat sukses  berbisnis adalah sebuah adopsi pemikiran dan andalah yang mengerjakan dan membuat semua kerja keras anda patut mendapatkan kesuksesan.
1. Belajar dan terus belajar
Belajar dan terus belajar menjadi kiat sukses yang pertama. Mungkin anda berfikir sudah mencapai tingkat sukses namun yang perlu anda sadari bahwa ada banyak orang diluar sana yang siap berkompetisi dengan anda.
Kesuksesan adalah pencapaian sedangkan belajar adalah susunan tangga meraih kesuksesan. Jika anda berhenti belajar disatu titik sedangkan orang lain terus belajar dan belajar maka orang lain akan melewati titik kesulsesan anda.
2. Ketekunan
Sukses yang anda raih seringkali mendatangkan kejenuhan. Itulah mengapa ketekunan menjadi modal dasar meraih sukses bisnis. Tidak ada lagi tantangan adalah hambatan anda mempertahankan performa bisnis online. 
Jangan pertaruhkan kesuksesan anda dengan kelalaian. Tekuni bisnis yang anda geluti dan pelajari terus seluk bisnis dan karakteristik konsumen. Dari hari ke hari karakteristik konsumen bergeser dari pembeli biasa menjadi pembeli cerdas.
3. Fokus
Fokus pada beberapa bisnis yang anda tekuni. Mungkin pengembangan produk akan terasa menggiurkan namun terkadang menjadi bumerang bagi kesuksesan anda.
Fokus pada satu atau dua bisnis dan kembangkan sampai benar-benar menguasai hulu dan hilir. Sebagai contoh Steve Jobs yang fokus pengembangan apple pada beberapa varian saja.
4. Risk Taker
Seorang pebisnis harus menjadi seorang rist taker. Adakalanya resiko tinggi akan menghasilkan income tinggi. Artinya mengambil resiko itu perlu tapi strategi bisnis juga tidak kalah penting.
5. Membangun komunitas
Komunitas bisnis penting untuk mendapatlan feefback dari berbagai kondisi. Pebisnis harus mau membuka diri dengan bergabung pada komunitas bisnis online. Tentu saja membuka networking penting guna menancapkan cengkraman bisnis anda.
Kesimpulan
Untuk memulai bisnis online perlu mengadopsi kiat sukses dari pengusaha yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis online. Kesuksesan hanyalah pencapaian dan untuk mempertahankan kesuksesan perlu terus membuka diri dengan bergabung komunitas bisnis.
Tulisan ini jauh dari kata sempurna dan ada baiknya anda melengkapi kiat sukses yang anda miliki dengan berkomentar di kolom komentar. Terimakasih.

Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus