7 Kegiatan Saat Liburan Di Alam Pedesaan Yang Tak Terlupakan

Anak rantau akan memilih liburan akhir pekan dengan menikmati keindahan alam desa.

Anak perantuan pasti akan mengingat kampung halaman masing-masing. Ada sesuatu yang membekas dalam memory anak perantauan. Apapun alasan ingat kampung halaman hampir dipastikan ada kesamaan anak rantau dalam 7 kegiatan saat liburan di alam pedesaan yang tak terlupakan.
Alam pedesaan yang indah dan sejuk tanpa kebisingan lalu lintas menjadi ciri yang berbeda dengan alam perkotaan. Hanya karena ingin memperbaiki kondisi ekonomi, terjadilah urbanisasi. Kalau ditanya enak cari duit dimana, anak-anak rantau hampir sama jawabannya kalau cari uang dikampung gampang mendingan dikampung sendiri.
Gak usah heran, kalau ada libur 2-3 hari langsung rame arus mudik terutama yang kampung halamannya gak jauh-jauh banget. Sebagai anak rantau yang berasal dari Kuningan, Saya sendiri ingin rasanya mudik tiap hari.
Kota Kuningan itu masih asri loh dengan pemandangan Gunung Ciremai yang indah banget. Ada banyak objek wisata Kuningan yang bisa dikunjungi oleh turis lokal atau warga ibukota. Ada desa cibuntu, kolam renang cibulan, linggar jati, danau telaga nilem, bukit panembongan dan objek wisata kuningan terbaru lainnya.  Aihh jadi promo ya :D .
Kalau cerita tentang kampung halaman pasti mempunyai kisah yang berbeda-beda. Namun ada banyak juga persamaan yang bisa kita gali dari setiap liburan di alam pedesaan.
Apa Saja Kegiatan Liburan di desa?
Kalau ditanya apa saja kegiatan saat liburan didesa?. Tentu saja jawabannya banyak sekali mulai dari sekedar ke kebun, sawah dan lainnya.
Berikut adalah 7 kegiatan liburan di alam pedesaan yang tak akan terlupakan :
1. Mandi Di sungai
Hayoo ngaku dweh, selagi dikampung senangkan mandi disungai. Mungkin berasa di kolam renang kali ya xixii tapi berbeda loh renang di sungai ada arusnya gitu dweh. Nah itulah yang membuat kita kangen sama yang namanya mandi disungai, ada arusnya.
2. Mancing di parit atau sungai
Oleh karena rata-rata di daerah punya sungai atau sejenis parit sudah pasti kita pernah menjajal mancing disana. Dah kaya dilaut ya sob, ikan dengan arus sungaii xixii strike dweh hahaa. Meskipun ikannya jarang yang besar tapi yang namanya mancing mah tetep aja seruu.
3. Pergi ke kebun
Wahh pergi ke kebun sendiri itu asyik banget apalagi kalau sudah datang musim buah bisa metik dan langsung makan ditempat dweh berasa lagi jalan-jalan di taman buah mekarsari ya, hahaa.
Yups, rata-rata orang desa punya kebun sendiri dan menanam buah-buahan bisa pisang, kelapa, mangga, rambutan atau lainnya. Seru dweh kalau dah maen ke kebun.
4. Pergi ke sawah
Ayo jujur dweh sering pergi ke sawah atau setidak-tidaknya pernah dweh maen ke sawah. Mungkin ada yang nyangkul, bajak sawah atau sekedar lihat padi yang sudah mulai menguning. Asyik ya sob main disawah itu bisa bakar singkong atau bahkan bikin nasi liwet, aihh rasanya nikmat banget menikmati pemandangan sawah yang terbentang luas.
5. Main ke bukit
Tak ada gunung bukit pun jadi. Kira-kira begitulah pepatah orang kampung hehee. Bukit dikampung meskipun gak terlalu tinggi banget namun cukup memberikan pemadangan yang indah. Pergi ke bukit buat selfi, masak nasi liwet atau bawa timbel masing-masing mantap abiss. 
6. Main bola dilapangan
Rata-rata didesa punya lapanga sepakbola masing-masing. Gak heran dweh kalau lagi liburan di desa akan menyempatkan main bola. Harap maklum dikota-kota besar sudah jarang lapanga sepakbola yang ada juga futsal.
7. Nongkrong di alun-alun desa
Nah ini dia yang bedain kota dan desa, hampir disetiap desa punya alun-alun loh. Biasanya di alun-alun rame warga desa kumpul saat sore hari. Sekedar nongkrong, bercerita atau senda gurau. Asyik ya sob dikampung halaman itu.
Btw Liburan sekolah sudah dekat, mau kemana kita?. 

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih