Yu Berkebun Tanaman Herbal, Inilah Manfaatnya Menurut Guru Besar IPB

Jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengobati penyakit dengan cepat dan ampuh.
Foto:mitalom

Penyakit dapat datang kepada siapapun juga. Kalo sudah datang terkadang sulit untuk diobati. Meskipun demikian, kalo sudah terkena sakit ya harus diobati baik pengobatan medis maupun herbalis. Tulisan kali ini akan membahas tentang jenis tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengobati penyakit dengan cepat dan ampuh.

Ada banyak jenis tanaman herbal yang bisa kita tanam dilingkungan rumah. Kalau tidak memadai bisa kita siasati dengan menanamnya dipot. Penanaman tanaman herbal penting manakala kita terkena penyakit.
Edukasi dan sosialisasi menanam tanaman herbal perlu terus dilakukan kepada masyarakat. Baru-baru ini, P2SDM LPP M IPB melalui Pos pemberdayaan keluarga(Posdaya) melakukan edukasi dan motivasi menanam tanaman herbal di posdaya cempaka Rw 10 Kelurahan Cilendek Timur, Bogor(4/9/2018).
Dalam kesempatan itu, Guru Besar Departemen Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB, Prof.Dr.Ir.Ervizal A.M.Zuhud memberikan edukasi dan motivasi kepada masyarakat untuk menanam tanaman herbal. "Kader posdaya cempaka dapat menanam jenis-jenis tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati warganya dengan cepat dan ampuh seperti daun sirih untuk kesehatan mata, binahong untuk luka luar dan luka dalam, bahkan kanker pun dapat ditangani dengan daun sirsak sebanyak 20 lembar per hari" kata ahli tanaman herbal IPB ini. Sumber berita portal IPB Ac Id, selengkapnya bisa klik link edukasi tanaman herbal.
Gimana sobat aspudin, sudah termotivasi belum untuk menanam tanaman herbal. Selain untuk pengobatan, menanam tanaman dilingkungan rumah bermanfaat juga untuk ketersediaan oksigen dan rumah terlihat lebih asri loh.
Yang perlu kita lakukan sekarang adalah mendata dulu tanaman herbal apa saja yang bermanfaat dan bisa ditanaman dilingkungan rumah bahkan kalo bisa ma dilingkungan terkecil seperti Rt dan seterusnya.
Kalau dilingkungan yang berbasis alam sepertinya bagus tuh edukasi herbal lewat pengembangan desa wisata herbalis. Disitu selain berfungsi untuk menanam tanaman herbal bisa juga memiliki nilai ekonomis dari kunjungan wisatawan lokal.
Ide tersebut bisa diaplikasikan didaerah kita masing-masing. Ada contohnya yaitu posdaya cempaka, Bogor. Ide tersebut baik dan kita bisa jadikan inspirasi buat daerah-daerah lainnya. Kalo belum faham lebih baik datang dan minta bimbingan langsung ke posdaya cempaka.
Wuihh hebat ya, asal kita tahu manfaat tanaman herbal yang ada disekitar kita, mungkin dalam rancangan bangunan rumah dibuat khusus untuk menanam tanaman herbal kali y.
Tulisan ini bertujuan meninspirasi kita terkait kearifan lokal dan pengembangan potensi daerah. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih