10 Muharram, 7 Peristiwa Penting Dalam Sejarah Islam

Keutamaan 10 muharram dalam peristiwa penting bagi sejarah islam.
Bagi ummat Islam, bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender hijriah. Ada banyak peristiwa penting yang harus diketahui ummat Islam terutama yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram. Pada tulisan kali ini saya mencoba menulis tentang keutamaan 10 Muharram dalam sejarah Islam yang ditandai dengan 7 peristiwa penting.
Dikutip dari media nu online, ada 7 peristiwa penting yang merupakan bagian dari sejarah Islam yaitu :
1. Nabi Ayyub disembuhkan dari penyakitnya.
Seperti yang kita ketahui, Allah Swt memberikan ujian bagi Nabi Ayyub dengan memberikan penyakit yang menjijikkan. Namun karena keikhlasan Nabi Ayyub dalam menerima ujian-Nya maka pada tanggal 10 Muharra Allah mengangkat penyakit Nabi Ayyub. Alhamdulillah.
2. Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan paus.
Nabi Yunus berada dalam perut ikan paus selama 40 hari dan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram beliau dikeluarkan dari perut ikan paus dengan selamat.
3. Diselamatkannya Nabi Musa dari pengejaran Firaun.
Bertepatan tanggal 10 Muharram Nabi Musa diselamatkan Allah Swt dari kejaran Firaun dengan memukulkan tongkat ke laut merah. Lautan pun terbelah dan nabi Musa lolos dari pengejaran. Sedangkan Firaun ditenggelamkan di laut merah.
4. Diterimanya Taubat Nabi Adam.
Setela diusirnya dari syurga, nabi adam bertaubat dan tidak lagi mengulangi kesalahannya memakan buah quldi. Nabi Adam menangis tiada henti dan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram, taubat nabi Adam diterima.
5. Berlabuhnya perahu Nabi Nuh di bukit zuhdi.
Setelah bencana banjir yang menutupi bumi, nabi Nuh bersama umatnya selamat dengan menahkodai perahu. Dan bertepatan dengan tanggal 10 Muharram perahu Nabi Nuh berlabuh dibukit zuhdi.
6. Terbebasnya Nabi Ibrahim dari siksa api raja namrud.
Seperti yang kita ketahui Nabi Ibrahim disiksa raja namrud karena sudah merusak berhala sesembahan raja namrud.
Nabi Ibrahim pun dibakar hidup-hidup. Namun Mukjizat Allah Swt diberikan kepada nabi Ibrahim dan nabi Ibrahim pun selamat dari siksa kobaran api raja namrud. Kejadian tersebut bertepatan dengan tanggal 10 Muharram.
7. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara.
Nabi Yusup dipenjara karena fitnah zulaikha. Akhirnya dengan seiring waktu fitnah keji pun tidak terbukti dan Nabi Yusuf pun terbebas dari penjara. 
Subhanallah dibulan Muharram ini banyak keutamaan yang perlu kita renungkan.
Tulisan ini bertujuan sebagai ngaji diri bagi saya khususnya. Mudah-mudahan bermanfaat dalam menambah khazanah Islam.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih