Skip to main content

Peneliti Ini Terkejut Dengan Hasil Ini, Apaan Ya??

Remaja Meninggalkan Medsos
sumber foto ictwatch
Gini hari gak eksis di medsos? kuper keles. Ops tunggu dulu!! kuper itu kata kamu tapi kata remaja di As/Amerika Serikat lain lagi ceritanya. Loh kok bisa? ga percaya?. Yu kita telaah hasil survei yang menunjukkan bahwa 60% remaja di As mulai meninggalkan media sosial dengan alasan sukarela.
Hasil temuan survei dari The Associated Press-NORC Center For Public Affairs Reseach yang melaksanakan survei terhadap remaja usia 13 hingga 17 tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa 60% remaja di As meninggalkan medsos. Amanda Lenhart, peneliti dan pakar tentang kaum muda dan pengunaan teknologi, mengatakan ia terkejut dengan hasil ini, karena menampik semua pernyataan luas yang menyatakan remaja "terbelenggu" pada profil media sosial mereka(di kutip dari voaindonesia).
Jika seorang peneliti dan sekaligus pakar saja bisa terkejut apalagi saya orang awam pasti terkejut dan setengah percaya setengah gak percaya. Loh ko bisa ya remaja di Amerika meningalkan media sosial, emangnya kenapa? gak di beliin gadget bukan? lalu gimana dengan remaja di Indonesia?.

Alasan Remaja Di Amerika Serikat Meninggalkan Media Sosial

Hasil survei menunjukkan bahwa alasan utama remaja di Amerika Serikat meningalkan Media Sosial adalah karena sukarela. 38% menyatakan media sosial mengganggu kerja dan sekolah mereka. Hampir seperempat menyatakan mereka lelah dengan semua "konflik dan drama" dan 20% menyatakan mereka lelah dengan keharusan untuk mengikuti apa yan terjadi di sekitarnya. 
Ketika saya membaca artikel tentang temuan hasil survei di voaindonesia, saya langsung berhasrat memuat hasil temuan survei tersebut. Saya berharap para remaja di Indonesia pun mulai mengurangi aktivitas di media sosial.  Hal tersebut didasarkan pada realitas bahwa remaja di Indonesia sudah "terbelengu" dengan media sosial. Kali aja remaja di Indonesia terkena syndrom positif meninggalkan media sosial seperti remaja di Amerika.

Realitas Remaja "Terbelenggu" Gadget

Realitas sehari-hari yang kita temui dalam kehidupan nyata bahwa remaja zaman sekarang memang terlihat "terbelenggu" dengan media sosial. Fakta menunjukkan bahwa remaja lebih memilih isi kuota internet daripada isi pengetahuan dengan membeli buku. 
Saya sendiri sangat jarang melihat remaja membaca buku novel, komik apalagi sastra xixi. Jarang sekali melihat remaja membaca majalah pengetahuan atau buku-buku yang menjadi sumber pengetahuan. Obrolan mereka lebih pada apa yang terjadi di media sosial. 
O seperti itu, kehidupan remaja zaman sekarang. Tidaaak!!Tidak untuk melarang atau menjauhkan remaja dengan gadget atau media sosial namun memang perlu adanya kegiatan yang mengandung unsur permainan tradisional atau membangun kerja tim.
Jangan tanyakan bagaimana rasanya main gasing, petak umpet, undu/kelereng, conklak, pletekon, lompat tali atau permainan tradisional lainnya pada remaja zaman sekarang. Mungkin remaja di daerah masih bisa kita jumpai sedang memainkan permainan tradisional tapi bagaimana dengan remaja yang tinggal di perkotaan. 
"catatan : tulisan ini dimuat atas dasar kekaguman pada hasil survei yang menunjukkan bagaimana remaja di Amerika yang sudah bisa lepas dari "belenggu" media sosial. Kapan ya remaja di Indonesia bisa lepas dari "belenggu" media sosial."


Yang Populer

Nasehat Ustadz Abdul Somad Untuk Para Pecandu Mobile Legend

Sepertinya game terlaris 2018 adalah mobile legend. Lihat aja di pencarian game gratis playstore. Mobile legend ada di peringkat pertama sebagai game gratis paling banyak di download. Fakta di lapangan, kita sering melihat anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memainkan game mobile legend. Banyak di antara mereka yang memainkan game gratisan ini di setiap waktu senggang. Fenomena populernya game mobile legend pun ikut di bahas Ustadz Abdul Somad. Awal pembahasan tentang mobile legend adalah ketika Ustadz Abdul Somad memberikan ceramah di Jambi. Salah satu jamaah menanyakan tentang hukum main game mobile legend. Ustadz Abdul Somad pun memberikan nasehat tentang main game mobile legend. di kutip dari tribunnews, beginilah nasehat Ustadz Abdul Somad "Jangan biarkan anak-anak kita main game. Sayangi mereka dengan tidak memberi hp. memberikan hp kepada anak-anak sama halnya dengan memberi pisau. Di potong urat nadinya. anti. Jangan.""Orang yang candu game sudah mubasir w…

5 Tahun Ke Depan, Inilah Perkiraan Bandan Energi Internasional Terhadap Minyak Dan Gas

Pertumbuhan ekonomi global, di satu sisi mendorong pertumbuhan industri otomotif namun di sisi lain harus ada efisiensi bahan bakar dan pengurangan konsumsi minyak di negara-negara maju. Pertembuhan ekonomi global tersebut mendorong pada pergeseran permintaan minyak dan gas. Di kutip dari media internasional Reuters, Badan Energi Internasional / IEA(International Energy Agency) mengatakan "Permintaan minyak dan gas global yang kuat akan berubah dalam lima tahun ke depan terhadap petrokimia daan jauh dari bahan bakar motor bensin dan solar." Ada beberapa poin yang dapat saya ambil dari pandangan Badan Energi Internasional terhadap permintaan minyak dan gas, yaitu : Permintaan produk mulai dari pupuk hingga produk plastik dan kecantikan akan mendorong seperempat dari perkiraan perminntaan minyak ke tahun 2023.Pergeseran ini adalah tantangan baru bagi industri minyak. Di satu sisi permintaan petrokimia meningkat sedangkan di satu sisi konsumsi bensin dan solar di naikkan kembal…

Cara Terbaik Selfie in Detail Pakai Advan G2

"Masyarakat Indonesia yang senang selfie akan lebih di manjakan dengan kehadiran Advan G2. Selfie In Detail itulah tajuk Advan G2."
Masyarakat Indonesia yang senang dengan selfie akan sangat di manjakan dengan kehadiran smartphone lokal produksi Advan. Baru-baru ini, Advan meluncurkan produk terbaru Advan G2.
Smartphone ini di tujukan bagi masyarakat yang senang selfie dan ingin menghasilkn foto yang lebih detail. Sebagai brand lokal, Advan selalu membuat inovasi dalam setiap peluncuran produknya. Untuk kali ini, Advan ingin menyasar segmen masyarakat yang gemar selfie dan ingin menghasilkan fot yang lebih detail. Untuk Advan G2 berbeda dengan smartphoe yang lainnya. Advan G2 memiliki kelebihan bila di bandngkan dengan smartphone yang sma-sama menyasar segmen penggemar selfie. Terlihat jelas dalam Advan G2, hasil fotonya lebih jelas dan dalam. Hasil foto Advan G2 bila selfie sendiri akan tampil lebih real dengan memperlihatkan garis pada objek selfie. Konsep selfie pun tidak…

Terharu Melihat Kekuatan Cinta Olly Pada Everything, Everything

Pertengahan bulan ini 19 Mei 2017 akan dirilis film drama romantis yang cocok di tonton para remaja yang sedang jatuh cinta. Film terbaru 2017 Everything, Everything mulai tayang perdana di Amerika. Film yang di bintangi aktor Nick Robinson sebagai Olly dan Amandla Stenberg sebagai Maddy akan membuat para penonton terbuai dengan jalan cerita yang romantis nan penuh liku-liku cinta. Resensi Film Everything, Everything Maddy yang diperankan Amandla Stenberg adalah seorang anak berusia 18 tahun yang cerdas, penasaran dan imajinatif yang tidak dapat meninggalkan perlindungan lingkungan yang tertutup didalam rumahnya karena penyakit. Olly yang diperankan Nick Robinson adalah anak laki-laki disebelah yang tidak membiarkan hal itu menghentikan mereka agar bersama. Menatap melalui jendela dan berbicara hanya melalui teks, Maddy dan Olly membentuk ikatan yang membawa mereka untuk mempertaruhkan segalanya agar bisa bersama, meski itu berarti kehilangan segalanya.


Sebegitu Parahkah Penyakit Yan…

Kisah Sukses Youtuber Dengan Penghasilan Adsense Youtube Tertinggi Di Indonesia

Youtube sebagai salah satu media yang memberikan peluang kepada siapapun juga untuk mendapatkan penghasilan dari adsense youtube. Penghasilan adsense youtube menjadi penghasilan tersendiri bagi seorang
youtuber. Youtuber sukses acapkali menikmati penghasilan tinggi. Bagaimana dengan youtuber Indonesia?. Inilah kisah sukses youtuber dengan penghasilan adsense youtube tertinggi di Indonesia.