Skip to main content

Peneliti Ini Terkejut Dengan Hasil Ini, Apaan Ya??

Remaja Meninggalkan Medsos
sumber foto ictwatch
Gini hari gak eksis di medsos? kuper keles. Ops tunggu dulu!! kuper itu kata kamu tapi kata remaja di As/Amerika Serikat lain lagi ceritanya. Loh kok bisa? ga percaya?. Yu kita telaah hasil survei yang menunjukkan bahwa 60% remaja di As mulai meninggalkan media sosial dengan alasan sukarela.
Hasil temuan survei dari The Associated Press-NORC Center For Public Affairs Reseach yang melaksanakan survei terhadap remaja usia 13 hingga 17 tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa 60% remaja di As meninggalkan medsos. Amanda Lenhart, peneliti dan pakar tentang kaum muda dan pengunaan teknologi, mengatakan ia terkejut dengan hasil ini, karena menampik semua pernyataan luas yang menyatakan remaja "terbelenggu" pada profil media sosial mereka(di kutip dari voaindonesia).
Jika seorang peneliti dan sekaligus pakar saja bisa terkejut apalagi saya orang awam pasti terkejut dan setengah percaya setengah gak percaya. Loh ko bisa ya remaja di Amerika meningalkan media sosial, emangnya kenapa? gak di beliin gadget bukan? lalu gimana dengan remaja di Indonesia?.

Alasan Remaja Di Amerika Serikat Meninggalkan Media Sosial

Hasil survei menunjukkan bahwa alasan utama remaja di Amerika Serikat meningalkan Media Sosial adalah karena sukarela. 38% menyatakan media sosial mengganggu kerja dan sekolah mereka. Hampir seperempat menyatakan mereka lelah dengan semua "konflik dan drama" dan 20% menyatakan mereka lelah dengan keharusan untuk mengikuti apa yan terjadi di sekitarnya. 
Ketika saya membaca artikel tentang temuan hasil survei di voaindonesia, saya langsung berhasrat memuat hasil temuan survei tersebut. Saya berharap para remaja di Indonesia pun mulai mengurangi aktivitas di media sosial.  Hal tersebut didasarkan pada realitas bahwa remaja di Indonesia sudah "terbelengu" dengan media sosial. Kali aja remaja di Indonesia terkena syndrom positif meninggalkan media sosial seperti remaja di Amerika.

Realitas Remaja "Terbelenggu" Gadget

Realitas sehari-hari yang kita temui dalam kehidupan nyata bahwa remaja zaman sekarang memang terlihat "terbelenggu" dengan media sosial. Fakta menunjukkan bahwa remaja lebih memilih isi kuota internet daripada isi pengetahuan dengan membeli buku. 
Saya sendiri sangat jarang melihat remaja membaca buku novel, komik apalagi sastra xixi. Jarang sekali melihat remaja membaca majalah pengetahuan atau buku-buku yang menjadi sumber pengetahuan. Obrolan mereka lebih pada apa yang terjadi di media sosial. 
O seperti itu, kehidupan remaja zaman sekarang. Tidaaak!!Tidak untuk melarang atau menjauhkan remaja dengan gadget atau media sosial namun memang perlu adanya kegiatan yang mengandung unsur permainan tradisional atau membangun kerja tim.
Jangan tanyakan bagaimana rasanya main gasing, petak umpet, undu/kelereng, conklak, pletekon, lompat tali atau permainan tradisional lainnya pada remaja zaman sekarang. Mungkin remaja di daerah masih bisa kita jumpai sedang memainkan permainan tradisional tapi bagaimana dengan remaja yang tinggal di perkotaan. 
"catatan : tulisan ini dimuat atas dasar kekaguman pada hasil survei yang menunjukkan bagaimana remaja di Amerika yang sudah bisa lepas dari "belenggu" media sosial. Kapan ya remaja di Indonesia bisa lepas dari "belenggu" media sosial."


Forum Bagi Youtubers

Artikel Populer Minggu Ini

The Phenomenal Fight Saingi Nilai Transfer Neymar

Baru-baru ini pecinta olahraga khususnya sepakbola di kejutkan dengan nilai transfer Neymar dari Barcelona ke PSG yang mencapai 222 Juta Euro. Pro kontra nilai transfer Neymar sempat menjadi perbincangan hangat di hampir semua negara.  Kini, isu nilai transfer pesepakbola Neymar Jr hampir di gilas dengan nilai bayaran pertarungan tinju yang di juluki The Phenomenal Fight antara Floyd Mayweather vs Conor McGregor yang di jadwalkan akan berlangsung pada hari Minggu, 27 Agustus 2017 yang rencananya akan di siarkan secara langsung TvOne mulai jam 8.30WIB.
Dampak Postif Nilai Transfer Neymar Nilai transfer Neymar yang mencapai 222 Juta Euro merupakan nilai transfer tertinggi hingga saat ini. Banyak yang menilai transfer sebesar itu pantas di terima oleh seorang pesepakbola sekelas Neymar. Besarnya nilai transfer Neymar sudah tentu memberikan dampak positif bagi pesepakbola lainnya. Sudah pasti nilai transfer pesepakbola lainnya akan ikut naik juga. Dengan begitu citra sepakbola akan ikut …

Momentum HUT Kemerdekaan RI Ke-72 Bagi Penampilan Timnas U-22 Indonesia Saat Menghadapi Filipina SEA GAMES 2017

Ada yang spesial pada perayaan HUT kemerdekaan RI tahun ini,  yaitu Akan di gelarnya pertandingan sepakbola SEA Games 2017 dimana Timnas U-22 akan bertanding melawan Filipina. Timnas U-22 akan menjalani laga ke-2 penyisihan grup B yang akan berlangsung di stadion Shah Alam, Malaysia. Mungkinkah momentum HUT Kemerdekaan RI ke-72 akan mengantarkan Timnas U-22 Indonesia berhasil meraih poin penuh saat melakoni pertandingan sepakbola mengahadapi Filipina di SEA Games 2017?. Filipina bukanlah tim lemah tapi bukan juga tim superior. Tim Filipina masih mengandalkan para pemain naturalisasi. Kekuatan utama tim Filipina adalah kemampuan memaksimalkan peluang mencetak gol dari bola-bola mati. 
Gaya permainan Filipina sebenarnya sederhana banget yaitu umpan silang. Hal tersebut bisa di maklumi karena para pemain naturalisasi memiliki postur tubuh yang rata-rata lebih tinggi di banding pemain asli negara ASEAN. Itulah senjata utama mereka untuk menembus pertahanan lawan. Meskipun demikian, gaya …

Menyerah Itu Kunci Sukses Menjadi Kaya Raya

Menjadi kaya raya itu impian semua orang. Akan tetapi tidak semua orang melakukan langkah-langkah yang benar untuk mewujudkan impiannya. Berbagai seminar maupun pelatihan bisnis telah di lakukan namun hasilnya tetap tidak terlihat nyata. Dimanakah kekeliruan tersebut?. Kaya itu identik dengan banyak uang. Oleh karena itu, jika kita ingin kaya raya maka harus mampu menaklukkan uang, jangan biarkan uang pergi mengalir kemana-mana. Pastikan uang itu berhenti di kantong milik kita sendiri dan biasakan uang itu bekerja untuk diri kita. Apa iya harus seperti itu?. Untuk bisa menaklukkan uang, sepertinya kita harus menyadari definisi uang secara tradisional, bahwa uang itu adalah alat tukar. Yang namanya tukar menukar itu pasti ada pengorbanan karena apa yang kita miliki di lepaskan keluar dan dari luar masuk ke dalam kita. Saat melepaskan keluar itulah terjadi pengorbanan. Sudah benarkah pengorbanan yang kita lakukan selama ini?. Mari kita perhatikan beberapa penggunaan uang dalam kehidupa…

Bosan Tinggal Di Bumi Pindah Aja Ke Asgardia

Adakalanya kebosanan itu datang melanda siapa saja. Mungkin di antara kita ada yang merasa bosan tinggal di bumi. Jika begitu, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk pindah ke Asgardia. Nama Asgardia sepintas seperti nama daerah seseorang yang berasal dari Garut yang kemudian disebut Asgar. Bukan itu, nama Asgardia terinspirasi dari kediaman dewa petir Thor, Asgard. Dalam mitologi Nordik, Asgard adalah sebuah kota di angkasa yang dikuasai oleh Dewa Odin. So, Apakah manusia akan tinggal di Asgardia?.

Menurut pencetus Asgardia, Igor Ashurbeyli "Secara fisik, penduduk Asgardia tinggal di bumi. Jadi secara bersamaan mereka adalah penduduk Asgardia dan negaranya sendiri". Ouhh, kirain saya mah manusia yang sudah daftar ke negara luar angkasa Asgardia akan otomatis meninggalkan bumi. :)
Jika manusia yang terdaftar sebagai penduduk Asgardia dan tetap tinggal di negaranya masing-masing, buat apa ya adanya proyek negara luar angkasa toh secara administratif dia sebagai warga negara…

Menguak Manfaat Dan Kontroversi Fidget Spinners

Mainan apa yang sedang heboh akhir-akhir ini? Fidget Spinners. Yupz fidget spinners sudah berhasil menghebohkan seluruh negara tak ketinggalan anak-anak Indonesia pun ikut-ikutan dilanda demam fidget spinners. Apa yang menyebabkan fidget spinners begitu di sukai anak-anak dan dampak baik buruk memainkan fidget spinners ?.  Untuk memainkan fidget spinner tidak perlu keahlian khusus hanya dimainkan dengan menggunakan salah satu jari sebagai alas dan jari-jari yang lain memutarkannya. Sangat mudah dan berasa dekat dengan si pemain fidget spinners. Kemudahan dalam memainkan, kedekatan secara emosional dan konon manfaat yang di rasakan para pemainnya merupakan salah satu alasan mengapa fidget spinner langsung di gandrungi para remaja. Benarkah memainkan fidget spinners memberikan manfaat khusus terutama pada mental seseorang(secara science)?. Topik tersebut menjadi pilihan aspudin(Aep Saepudin) untuk menguak manfaat dan kontroversi fidget spinners.
Pendapat Peneliti Yang Harus Anda Tahu!!…

Tentang Penulis

My photo
Saya tidak memiliki basic di dunia blogger namun hanya mencoba menyalurkan hobi menulis semata. Profesi saya hanyalah seorang pedagang makanan tradisional Indonesia. Semoga tulisan saya memberikan manfaat.