Skip to main content

Peneliti Ini Terkejut Dengan Hasil Ini, Apaan Ya??

Remaja Meninggalkan Medsos
sumber foto ictwatch
Gini hari gak eksis di medsos? kuper keles. Ops tunggu dulu!! kuper itu kata kamu tapi kata remaja di As/Amerika Serikat lain lagi ceritanya. Loh kok bisa? ga percaya?. Yu kita telaah hasil survei yang menunjukkan bahwa 60% remaja di As mulai meninggalkan media sosial dengan alasan sukarela.
Hasil temuan survei dari The Associated Press-NORC Center For Public Affairs Reseach yang melaksanakan survei terhadap remaja usia 13 hingga 17 tahun. Hasil survei menunjukkan bahwa 60% remaja di As meninggalkan medsos. Amanda Lenhart, peneliti dan pakar tentang kaum muda dan pengunaan teknologi, mengatakan ia terkejut dengan hasil ini, karena menampik semua pernyataan luas yang menyatakan remaja "terbelenggu" pada profil media sosial mereka(di kutip dari voaindonesia).
Jika seorang peneliti dan sekaligus pakar saja bisa terkejut apalagi saya orang awam pasti terkejut dan setengah percaya setengah gak percaya. Loh ko bisa ya remaja di Amerika meningalkan media sosial, emangnya kenapa? gak di beliin gadget bukan? lalu gimana dengan remaja di Indonesia?.

Alasan Remaja Di Amerika Serikat Meninggalkan Media Sosial

Hasil survei menunjukkan bahwa alasan utama remaja di Amerika Serikat meningalkan Media Sosial adalah karena sukarela. 38% menyatakan media sosial mengganggu kerja dan sekolah mereka. Hampir seperempat menyatakan mereka lelah dengan semua "konflik dan drama" dan 20% menyatakan mereka lelah dengan keharusan untuk mengikuti apa yan terjadi di sekitarnya. 
Ketika saya membaca artikel tentang temuan hasil survei di voaindonesia, saya langsung berhasrat memuat hasil temuan survei tersebut. Saya berharap para remaja di Indonesia pun mulai mengurangi aktivitas di media sosial.  Hal tersebut didasarkan pada realitas bahwa remaja di Indonesia sudah "terbelengu" dengan media sosial. Kali aja remaja di Indonesia terkena syndrom positif meninggalkan media sosial seperti remaja di Amerika.

Realitas Remaja "Terbelenggu" Gadget

Realitas sehari-hari yang kita temui dalam kehidupan nyata bahwa remaja zaman sekarang memang terlihat "terbelenggu" dengan media sosial. Fakta menunjukkan bahwa remaja lebih memilih isi kuota internet daripada isi pengetahuan dengan membeli buku. 
Saya sendiri sangat jarang melihat remaja membaca buku novel, komik apalagi sastra xixi. Jarang sekali melihat remaja membaca majalah pengetahuan atau buku-buku yang menjadi sumber pengetahuan. Obrolan mereka lebih pada apa yang terjadi di media sosial. 
O seperti itu, kehidupan remaja zaman sekarang. Tidaaak!!Tidak untuk melarang atau menjauhkan remaja dengan gadget atau media sosial namun memang perlu adanya kegiatan yang mengandung unsur permainan tradisional atau membangun kerja tim.
Jangan tanyakan bagaimana rasanya main gasing, petak umpet, undu/kelereng, conklak, pletekon, lompat tali atau permainan tradisional lainnya pada remaja zaman sekarang. Mungkin remaja di daerah masih bisa kita jumpai sedang memainkan permainan tradisional tapi bagaimana dengan remaja yang tinggal di perkotaan. 
"catatan : tulisan ini dimuat atas dasar kekaguman pada hasil survei yang menunjukkan bagaimana remaja di Amerika yang sudah bisa lepas dari "belenggu" media sosial. Kapan ya remaja di Indonesia bisa lepas dari "belenggu" media sosial."


Yang Populer

Langkah Pertama Kenali Creator Studio

Pengembangan ChannelCara efektif meningkatkan penghasilanManfaat layar akhir
Creator studio merupakan studio yang di sediakan youtube bagi para creator video youtube. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan creator studio. Gambaran umum, creator studio terdiri dari pengelolaan saluran, komunitas sampai pembuatan video. Langkah pertama pemilik saluran youtube harus terbiasa dengan penggunaan creator studio youtube sebagai cara pertama meraih sukses sebagai youtubers.
Tool Pada Creator Studio Tool yang tersedia pada creator studio sudah lengkap. Berikut tool yang terdapat pada creator studio : 1. Dashboar. Dashboard berisi berbagai notifikasi pemberitahuan mulai dari interaksi dengan audience sampai gambaran umum saluran seperti jumlah penayangan, pendapatan dan subscriber. 2. Managemen Video Di bagian video terdapat list video yang sudah di upload yang terdiri dari video yang baru di upload maupun video dengan jumlah penayangan tertinggi. 3. Analytics Analytics memuat berbagai fitur anta…

Nasehat Ustadz Abdul Somad Untuk Para Pecandu Mobile Legend

Sepertinya game terlaris 2018 adalah mobile legend. Lihat aja di pencarian game gratis playstore. Mobile legend ada di peringkat pertama sebagai game gratis paling banyak di download. Fakta di lapangan, kita sering melihat anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memainkan game mobile legend. Banyak di antara mereka yang memainkan game gratisan ini di setiap waktu senggang. Fenomena populernya game mobile legend pun ikut di bahas Ustadz Abdul Somad. Awal pembahasan tentang mobile legend adalah ketika Ustadz Abdul Somad memberikan ceramah di Jambi. Salah satu jamaah menanyakan tentang hukum main game mobile legend. Ustadz Abdul Somad pun memberikan nasehat tentang main game mobile legend. di kutip dari tribunnews, beginilah nasehat Ustadz Abdul Somad "Jangan biarkan anak-anak kita main game. Sayangi mereka dengan tidak memberi hp. memberikan hp kepada anak-anak sama halnya dengan memberi pisau. Di potong urat nadinya. anti. Jangan.""Orang yang candu game sudah mubasir w…

Aspudin 123: Panduan Blogger Tentang SEO, Traffic, Audiens Dan Adsense

Seorang Blogger mulai dari pemula maupun expert tidak akan lepas dari pembahasan tentang SEO, Traffic, Audiens dan Adsense. Pembicaraan tentang SEO seperti tidak akan pernah habis untuk selalu di ulas, mengapa?. Saya berkesimpulan karena SEO  akan mengantarkan sebuah traffic audiens kepada blog yang berujung pada tingkat konversi seperti penjualan atau penghasilan adsense.
Sebagai perkenalan, saya adalah aspudin, seorang blogger yang memiliki perhatian khusus pada Analytics, Adwords dan internet marketing. Ketiga perhatian khusus tersebut memiliki keterkaitan dengan pengoptimalan teknik SEO, peningkatan traffic audiens dan penghasilan blogger yang bersumber dari Google Adsense. Meskipun saya bukanlah seorang experts di bidang blog apalagi sebagai konsultan akan tetapi saya akan berusaha menyajikan pengetahuan sebaik mungkin tentang blogging yang di dapat secara otodidak. Ada perbedaan yang nyata antara skills yang di miliki karena otodidak dengan yang belajar pada ahlinya. Otodidak l…

Merinding Menyaksikan Video Yang Sempat Viral Di Medsos, Inilah Videonya..

"Video viral di medsos menunjukkan seorang Khatib meninggal saat sedang khutbah. Banyak netizen yang terharu melihat bagaimana proses kematian yang indah" Sebuah video yang viral di medsos membuat bulu kuduk merinding. Seorang khatib yang sedang khutbah tiba-tiba tidak sadarkan diri. Kejadian tersebut terjadi di masjid Al Fallah Jurang Mangu, Tangerang pada tanggal 16 februari 2018. Meskipun video tersebut baru di unggah
pada tanggal 23 februari, sontak video tersebut menjadi viral. Reaksi para netizen pun terharu melihat bagaimana meninggalnya seorang khatib yang begitu indah saat sedang khutbah. Saya sendiri merinding menyaksikan video tersebut.
Ustadz Kholik Sufyan adalah khatib ang meninggal saat khutbah. Subhanallah, untuk beliau mari kita bacakan Al Fatihah sebagai rasa hormat kepada beliau. Mudah-mudahan beliau mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT, Amiin. Bagi seorang muslim, kematian sedang melakukan kebaikan adalah jalan yang di inginkan. Apalagi meninggal saat…

Cara Terbaik Selfie in Detail Pakai Advan G2

"Masyarakat Indonesia yang senang selfie akan lebih di manjakan dengan kehadiran Advan G2. Selfie In Detail itulah tajuk Advan G2."
Masyarakat Indonesia yang senang dengan selfie akan sangat di manjakan dengan kehadiran smartphone lokal produksi Advan. Baru-baru ini, Advan meluncurkan produk terbaru Advan G2.
Smartphone ini di tujukan bagi masyarakat yang senang selfie dan ingin menghasilkn foto yang lebih detail. Sebagai brand lokal, Advan selalu membuat inovasi dalam setiap peluncuran produknya. Untuk kali ini, Advan ingin menyasar segmen masyarakat yang gemar selfie dan ingin menghasilkan fot yang lebih detail. Untuk Advan G2 berbeda dengan smartphoe yang lainnya. Advan G2 memiliki kelebihan bila di bandngkan dengan smartphone yang sma-sama menyasar segmen penggemar selfie. Terlihat jelas dalam Advan G2, hasil fotonya lebih jelas dan dalam. Hasil foto Advan G2 bila selfie sendiri akan tampil lebih real dengan memperlihatkan garis pada objek selfie. Konsep selfie pun tidak…