Petunjuk Umum Pada Pola Hidup Sehat

pola idup sehat
Kandungan Gizi Makanan
Keluarga sehat merupakan idaman semua keluarga. Keluarga
yang memiliki pola hidup sehat akan menciptakan kondisi keluarga yang sehat. Sehat
itu murah dan sakit itu mahal. Ada sebuah ungkapan kalau keluarga miskin dilarang sakit. Sehat itu penting dan bersifat urgent. Sehat kalau tidak di jaga dengan benar akan menyebabkan sakit. Salah satu hal yang harus di perhatikan adalah gaya hidup sehat dengan memperhatikan petunjuk umum pada pola hidup sehat.
Gaya hidup sehat itu enak didengar tetapi sulit di lakukan. Beratnya melakukan gaya hidup sehat di pengaruhi oleh aktivitas hidup sehari-hari. Gaya hidup sehat akan membentuk pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan anggota keluarga.
Untuk mencapai Pola hidup sehat ada beberapa indikator atau hal-hal yang harus di perhatikan oleh keluarga.Berikut adalah langkah yang harus di perhatikan dalam pola hidup sehat, yaitu :
  1. Konsumsi Gizi seimbang. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari merupakan komponen penting dalam pola hidup sehat. Saat kita konsumsi makanan maka kita sedang konsumsi gizi. Gizi merupakan kandungan asupan yang berasal dari makanan. Gizi yang baik adalah gizi yang seimbang. Gizi seimbang adalah ketercukupan nilai-nilai gizi dalam makanan.
  2. Pengaturan sirkulasi udara. Pengaturan sirkulasi udara didalam rumah sering di lupakan oleh keluarga. Pengaturan sirkulasi udara penting guna memastikan bahwa udara yang kita hirup saat berada di rumah adalah udara yang sehat. 
  3. Waktu istirahat. Watu istirahat yang cukup akan membantu memulihkan kembali stamina tubuh yang kelelahan setelah seharian beraktivitas. Jangan memaksakan tubuh untuk terus beraktivitas karena kondisi otot-otot dalam tubuh mempunyai keterbatasan dalam beraktivitas.
  4. Olahraga. Olahraga tidak harus dalam bentuk olahraga sebagai tim. Olahraga bisa di lakukan oleh tiap-tiap individu baik secara sendirian maupun secara berkelompok. Lakukanlah olahraga yang rutin dan teratur. Olahraga yang ringan bisa di lakukan secara rutin contohnya adalah push up.
  5. Kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan yang menyenangkan merupakan hal positif guna membentuk pribadi yang positif. Banyak hal yang bisa di lakukan untuk melakukan kegiatan menyenangkan misal memancing, outbod dan lain-lain.
  6. Sosialisasi lingkungan. Sosialisasi dalam lingkungan merupakan kata lain dalam bentuk bergaul dengan tetangga, teman sekantor atau lingkungan lainnya. Sosialisasi lingkungan penting guna menunjang menambah wawasan dan pola fikir.
  7. Jangan begadang. begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus di hindari. Salah satu alasan agar menghindari begadang adalah dengan begadang akan mengurangi fungsi darah dalam menyerap oksigen.
Uraian di atas merupakan salah satu opsi dalam menjalankan pola hidup yang sehat. Pola hidup yang sehat tidak harus menekankan pada ketercukupan gizi saja. Banyak hal yang harus di perhatikan dalam pola hidup sehat. Semoga kita menjadi keluarga sehat yang memiliki visi jauh ke depan dalam membangun generasi sehat.

Comments

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email