Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?


Ada banyak kisah cinta romantis yang bikin merinding bulu kuduk. Ada pula kisah cinta Siti Nurbaya yang dijodohkan oleh kedua orang tuanya. Yang terbaru, kisah cinta beda usia puluhan tahun yang berakhir pada pernikahan sudah membuat heboh netizen. Seperti kisah cinta Oma Martha(82)-Sofian(28) dan kisah cinta Presiden Francis 2017 Emmanul Macron-Brigitte.
Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menyaksikan pernikahan beda usia diantara pasangan. Selisih perbedaan usia kisaran 2 sampai 4 tahun, entah laki-lakinya yang lebih tua atau wanita yang lebih tua. Namun saya meyakini diantara kita jarang menyaksikan pernikahan dengan beda usia sampai sepuluh tahun atau bahkan 20 tahun seperti Oma Martha-Sofian atau Emmanuel Macron-Brigitte.
Seperti yang diberitakan tribunnews, selisih usia antara Oma Martha-Sofian adalah 54 tahun. Sedangkan usia Presiden Francis saat ini adalah 39 tahun sedangkan usia Brigitte adalah 64 tahun, artinya terpaut selisih usia 25 tahun. Ada Apa dengan Cinta Beda Usia?.
pernikahan beda usia
Oma Martha-Sufian, sumber foto tribunnews

Ada Apa Dengan Cinta Beda Usia?

Cinta sejati Seringkali membutakan hati tak kenal usia atau rupawan seseorang. Cinta adalah anugerah Tuhan, Benarkah?. Saya termasuk salah seorang yang meyakini jika cinta itu adalah anugerah Tuhan. Lihatlah kisah Nabi Adam yang jatuh cinta pada Hawa bahkan Nabi Adam sampai terkena bisikan Iblis untuk makan buah kholdi yang berakhir pada dikeluarkannya Nabi Adan dan Hawa dari Syurga. Cinta butuh pengorbanan termasuk perbedaan usia bukan?.
Cinta itu membuat seseorang terlena(seperti Nabi Adam) namun cinta juga butuh pengorbanan, termasuk cinta dengan perbedaan usia. Jika jatuh cinta pada pasangan dengan perbedaan usia yang jauh berbeda maka yang berkorban adalah perasaan akan mendapat tekanan mental dari keluarga, teman atau dari lingkungan sekitar.

Salahkah Menikah Dengan Perbedaan Usia Jauh Berbeda?

Menurut saya tidak ada yang salah dengan pernikahan  selisih usia jauh berbeda. Yang akan menjalani kehidupan rumah tangga itukan mereka yang menikah yang terpenting menikah dengan lawan jenis, cukup itu saja.
Hanya saja, pada umumnya di masyarakat kita memang menikah itu tidak terlalu jauh berbeda usianya. Kadang kala, dilingkungan sekitar kita kalau laki-laki menikah dengan wanita yang jauh lebih tua saja jadi bahan pembicaraan apalagi laki-laki yang menikahi wanita jauh lebih tua di atas 20 tahunan.
Pada fakta pernikahan beda usia puluhan tahun seperti Oma Martha-Sufian dan Fakta pernikahan Presiden Francis Emmanuel Macron-Brigitte mengalami kendala dari keluarga sendiri. begitulah resiko awal menikah beda usia puluhan tahun.

Apa Resiko Menikah Beda usia Puluhan Tahun?

Menikah dengan beda usia puluhan tahun memiliki resiko terutama pada pasangan yang menjalani pernikahan tersebut. Resiko yang umumnya terjadi adalah persetujuan pihak keluarga. Akan sulit meyakinkan keluarga tentang pernikahan beda usia puluhan tahun.
Pada umumnya, pernikahan itu menginginkan keturunan(anak), bagaimana jika pria menikahi wanita yang sudah memasuki masa menopause? akankah mereka mendapatkan keturunan? Jika wanita menopause bisa hamil lagi, tidakkah itu beresiko bagi si wanita?.
Pertanyaan tersebut mungkin lebih pas di jawab oleh Dokter yang memang ahlinya. Hanya saja, kita sebagai masyarakat awam akan dapat dengan mudah menjawabnya.




Terpopuler

Analytics Mewujudkan Channel Youtube Populer

Mampukah Saya Mandiri Di Masa Lansia

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus

Kenali Penyebab Channel Youtube Di Banned

Proyek Mobil Self-Driving Google

Anda Punya Nyali Terima Tantangan Test Yang Satu Ini