Tren Seo Terbaru 2019 Fokus Pada Audiens

Hal tersebut yang membuat tren seo selalu memiliki update terbaru termasuk di tahun 2019.

Setiap update algoritma google terbaru akan berdampak pada perubahan teknik seo blog. Hal tersebut yang membuat tren seo selalu memiliki update terbaru termasuk di tahun 2019. So, apa yang harus dilakukan seorang blogger?.

Pembaruan algoritma google yang selalu update tiap tahun bahkan bulan harus bisa di antisipasi oleh seorang blogger. Biasanya update algoritma google terbaru akan berdampak pada posisi artikel di mesin pencarian. Hanya saja sepanjang tahun 2018 ada perubahan besar-besaran yang dilakukan google yang membuat perubahan pada teknik seo blog. Yups algoritma google terbaru lebih mengedepankan pada mobile friendly. Suka atau tidak, teknik seo blog bergeser pada page speed.

Template seo untuk mobile friendly

Template seo untuk mobile friendy adalah dengan memperhatikan struktur template. Template yang mobile friendly akan fokus pada accelerate mobile page atau dikenal dengan istilah amp.
Template amp adalah template yang mampu membuat halaman blog memiliki speed yang bagus meskipun dalam jaringan kurang bagus. So, template amp memang di maksudkan untuk mengatasi loading blog yang lama dalam jaringan buruk.
Meskipun begitu, tidak berarti template non amp tidak mampu bersaing di pencarian google. Saya melihat kunci persaingan di pencarian google adalah speed. Meskipun bukan satu-satunya faktor masuk halaman pertama google namun optimasi speed blog akan meningkatkan daya saing blog.
Kalau boleh jujur, template bawaan blogger memiliki page speed yang 99 versi mobile dan 100 versi dekstop. Yang seringkali mengurangi page speed adalah penempatan iklan dan widget yang gak penting. Sudah begitu, entah kenapa template bawaan blogger terasa jadul sehingga harus di modifikasi.

Apa saja tren seo terbaru 2019?

Berdasarkan update algoritma google terbaru maka analisa saya tentang tren seo terbaru 2019 akan mengarah pada audiens, konten dan page speed. Semua itu bisa dicapai dengan konten yang berkualitas dan template yang mobile friendly.
Teknik seo mencakup dua hal yaitu off page dan on page seo. Off page seo lebih menekankan pada struktur template sedangkan on page seo pada halaman blog. Mulai dari situlah audiens akan dibuat manja.

Audiens

Audiens adalah visitor blog. Apalah artinya blog yang bagus tapi tidak memiliki audiens.
Audien bisa datang dari search engine, paid maupun medsos. Seringkali google lebih menyukai traffic organic yang berasal dari search engine. Lalu munculah yang disebut dengan seo.
Apakah definisi seo? seo adalah search engine optimation. Banyak praktisi seo yang bilang bahwa seo adalah seni. Mungkin hal tersebut didasarkan pada fakta bahwa penggunaan teknik seo yang sama akan membuat perbedaan hasil dipencarian. Lalu untuk siapa seo itu bekerja?.
Seo bekerja untuk dua target yaitu mesin pencarian dan audiens. Oleh karena kita sedang membahas audiens maka akan di awali denga behaviour audiens.
Penelitian google membuktikan bahwa audiens akan merasa betah berlama-lama di sebuah blog jika blog tersebut memiliki page speed yang bagus dan bersih. Pada intinya audiens kurang meminati iklan yang tayang di blog. Audiens hanya klik iklan ketika ikla benar-benar membantu mereka.
Untuk dapat memahami behaviour audiens bisa di awali dengan membaca data google analytics. Google analytics membantu dalam mengembangkan audiens dan konten.

Konten

Konten dalam konteks blog personal adalah artikel. Artikel yang berkualitas akan disukai search engine dan audiens. Hanya saja ada perbedaan standar artikel untuk audiens dan search engine.
Search engine akan menyukai konten yang memiliki link building. Seperti yang kita ketahui bahwa link building terdiri dari link eksternal dan link internal. Link internal bisa dibangun dengan menautkan link antar artikel. Sedangkan link eksternal dibangun dengan backlink. Membangun backlink dalam tren seo terbaru tidak bisa hanya dengan blog walking harus membuat konten berkualitas. Ada tips khusus membangun backlink tanpa blog walking yaitu dengan mengatur lebar halaman.
Konten berkualitas jika ditinjau dari sisi audien adalah yang bermanfaat dan tuntas pembahasannya. Saya fikir jumlah kata dalam artikel tergantung topik bahasannya. Kalau kepanjangan juga akan terlihat muter-muter doang. Taktis dan praktis.

Page Speed

Page speed yang bagus memuat halaman tidak membutuhkan waktu tidak lebih dari 0.5 s. Jika lama memuat page maka akan meningkatkan bounce rate blog.
Apakah definisi bounce rate? Bounce rate adalah rasio pentalan. Semakin tinggi bounce rate pertanda audiens tidak betah berlama-lama di blog.
Untuk meningkatkan page speed maka template blog harus mengurangi penggunaan script yang memperlambat render halaman.
Tren seo 2019 lebih cenderung menggunakan template amp. Hal tersebut didukung dengan imbauan google yang mengutamakan amp di negara-negara yang lambat jaringan internet.

Kesimpulan

Tren seo terbaru 2019 akan menitikberatkan pada tiga hal yaitu audiens, konten dan page speed. Bagaimana anda melihat tren seo 2019?.