Cara Merawat Motor Matic Agar Tidak Cepat Rusak

Cara merawat motor matic agar mesin tidak cepet rusak.

Cara merawat motor matic termasuk mudah tetapi sering dianggap sepele sehingga menyebabkan cepat rusak. Penyebab motor matic cepat rusak biasanya karena kurang perawatan. Mulai sekarang, kudu rutin merawat motor matic agar bisa awet.

Motor matic seakan-akan menjadi primadona buat para pengguna motor. Cara pemakaian yang mudah membuat motor matic jaďi favorit baik pria maupun wanita. Tinggal tarik gas dan rem sudah bisa mengendalikan motor matic.
Perawatan Motor Matic yang dianggap sepele
Entah karena ketidaktahuan atau faktor malas, seringkali pengguna motor matic menyepelekan perawatan. Kalo dah begitu maka kemungkinan motor akan cepat rusak.
Yu kenali perawatan motor matic, jangan dianggap sepele loh.
1. Penggunaan bahan bakar
Penggunaan bahan bakar motor matic tidak boleh asal penuh tanki. Motor matic membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi. Penggunaan premium akan cepat rusak motor.
2. Ganti oli
Ganti oli motor matic harus sering dilakukan agar mesin tidak cepet panas. Oli mesin motor matic terbagi dua yaitu oli mesin dan oli transmisi. Lihat di buku petunjuk untuk melihat penggunaan oli.
3. Drive belt
Drive belt atau rantai motor harus sering dirawat agar tidak cepet putus. Bersihkan dari debu dan kotoran yang menempel.
4. Busi
Perawatan busi harus dilakuka secara rutin agar mesin selalu bagus dan mudah dihidupkan. Perapian penting banget loh.
5. Cara rem dan gas
Cara rem dan gas motor matic harap diperhatikan jangan terlalu mendadak saat rem maun tidak teratur menaikan atau menurunkan gas.
Dari lima hal sepele tersebut bisa berpengaruh pada cepet rusak atau tidaknya motor matic. Motor yang kita gunakan perlu perawatan secara rutin.
sumber utama artikel otosia.
sumber gambar liputan6