Cara Membuat Website Gratis Dan Mudah Untuk Pemula

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam panduan memulai blog.

Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dalam panduan memulai blog. Di awali dengan memilih platform, membeli domain dan hosting lalu mulai ikuti langkah-langkah membuat website. Oleh karena saya seorang blogger maka membuat website | Blog dengan menggunakan platform blogger.

Di era digital ini, penggunaan website adalah upaya untuk meningkatkan jangkauan bisnis maupun monetasi blog. Untuk membuat website hanya diperlukan platform gratis yang akan digunakan misal wordpress dan blogger. Kedua platform tersebut adalah gratis dan mudah digunakan untuk pemula seperti saya.

Platform Untuk Membuat Website

Sebelum memulai membuat website harus ditentukan terlebih dahulu platform yang akan digunakan. Platform yang familiar adalah blogger dan wordpress. Kedua platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Kalo saya sendiri menggunakan kedua platform tersebut diatas. Hanya saja, yang lebih dominan digunakan sehari-hari adalah blogger.

Membeli Domain dan Hosting murah dan terpercaya

Dalam mengembangkan website diperlukan membeli domain dan hosting murah dan terpercaya. Ada banyak penyedia domain dan hosting baik luar maupun lokal. 
Harap diperhatikan dalam menentukan domain dan hosting yang akan dipilih karena akan menentukan kinerja website. Jika dana terbatas maka solusinya adalah beli domain tapi menggunakan hosting dari penyedia platform, termasuk saya.

Langkah-langkah membuat website | blog

Langkah-langkah membuat website |blog yang gratis dan mudah untuk pemula agar tidak terlalu menjelimet kesana kemari.
Berikut adalah langkah-langkah membuat website gratis dan mudah yaitu :

  1. Tentukan terlebih dahulu tujuan membuat website. Dengan begitu maka diharapkan dalam pengembangan website akan fokus pada tujuan awal membuat website.
  2. Pilih niche website | blog. Secara umum, niche adalah tema besar dari blog seperti kesehatan, bisnis, otomotif, jual beli dan lainnya.
  3. Membeli domain. Untuk tujuan jangka panjang seperti branding maka membeli domain adalah harus. Memang betul, wordpress dan blogger memberikan domain gratis yang diinangi namun harus membawa embel-embel platform tersebut dalam alamat blog.
  4. Pilih hosting. Dalam memilih hosting harus melihat track record penyedia hosting. Hosting ini akan menentukan kinerja website atau blog milik anda. Jika dana terbatas maka pilihan hosting adalah dari platform blog yang digunakan. Ada bagusnya membeli hosting murah dan terpercaya.
  5. Verifikasi website | blog di google webmaster. Ada beberapa cara verifikasi website di google webmaster yaitu upload file html, tag html, penyedia domain, analytics dan tag manager. Kalo di blogger yang mudah adalah dengan tag html dan penyedia domain. Kalau lebih bagus harus verifikasi semuanya di google webmaster.
  6. Pilih Template website. Template website yang nagus adalah seo freindly. Template website seo friendly akan membantu kinerja dimesin pencarian google maupun kepuasan audiens.
  7. Submit sitemap di google webmaster. Untuk platform blogger cukup tulis sitemap.xml.
  8. Mulailah posting artikel. Dalam posting artikel harus pada niche jangan melenceng kemana-mana. Gunakan tool riset keyword untuk memperluas jangkauan pembaca.

Kesimpulan

Untuk membuat website tidak cukup dengan semangat belaka harus diiringi dengan tujuan jangka panjang. Pemula seperti saya pun akan mudah untuk membuat website. 
Apakah anda tertarik untuk memulai membuat website?.