Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online Shop Tanpa Modal?

Bagaimana cara memulai bisnis online shop tanpa modal?. Cara memulai bisnis online shop tanpa modal adalah menjadi dropshipper marketplace.
Gambar pengen bisnis

Bagaimana cara memulai bisnis online shop tanpa modal?. Cara memulai bisnis online shop tanpa modal adalah menjadi dropshipper marketplace. Jika anda tertarik untuk menjadi dropshipper marketplace maka saya akan menuliskannya buat anda. Mari kita simak dan koreksi tentang bagaimana cara memulai bisnis online shop tanpa modal.
Saya adalah seorang dropshipper pemula yang baru 6 bulan menjalani bisnis online shop di marketplace. Pada awalnya keder juga tentang dropshipper namun setelah beberapa minggu baru sadar, apa itu dropshipper. Dropshipper adalah calo.
Jika pusing memahami pengertian dropshipper maka akan dengan mudah bila kita maknai sebagai calo. Pastinya sudah familiar dong dengan kata calo. Yups calo itu ga punya barang tanpa modal tapi bisa menjadi perantara antara penjual dengan pembeli.
Kalau dalam keseharian akan sangat mudah memahami kinerja calo namun bagaimana cara kerja dropshipper marketplace?.
Cara kerja dropshipper marketplace adalah dengan menjual kembali produk supplier ke pembeli. Sedangkan keuntungan yang diraih dropshipper adalah dengan menetapkan margin harga.

Apa keuntungan menjadi dropshipper marketplace?
Ada beberapa keuntungan menjadi dropshipper yaitu :
1. Tidak perlu repot mencari calon pembeli karena marketplace yang bekerja mendatangkan pembeli
2. Tidak perlu sewa tempat untuk membuka online shop. Marketplace menyediakan gratis bagi yang mau membuka online shop
3. Tanpa modal diawal. Modal akan dibutuhkan setelah ada pembeli
4. Tanpa resiko. Marketplace menjamin keamanan bertransaksi.
5. Tanpa perlu stok barang, namanya juga calo hehe.
6. Santai dan bisa dikerjakan dimana saja. Aihh
Gimana mulai tertarik membuka online shop di marketplace?. Kalau mulai tertarik membuka online shop di marketplace, mari kita memulai hal teknis yang berkaitan dengan dropahipper.

Bagaimana cara buka online shop di marketplace?
Cara buka online shop di marketplace tidaklah sulit cukup siaplan alamat email dan nomor handphone. Supaya lebih konkrit maka saya aka mencontohkan buka toko online di Bukalapak.
Ada alasan kuat saya merekomendasikan untuk buka online shop di bukalapak(untuk pemula ya) karena bagi pemula saja jualan di bukalapak akan dengan cepat mudah laku.
Langkah-langkah membuka toko online di bukalapak
1. Instal aplikasi bukalapak
2. Buka aplikasi dan mulailah dengan daftar
3. Isi form pendaftaran
4. Setelah sukses mendaftar, kita masih belum bisa jualan.
5. Verifikasi email dan nomor handphone
6. Isi alamat toko dengan benar.
7. Sampai disini sudah bisa jualan. Namun toko belum di optimasi dan branding agar cepat laku. Dibagian akhir tulisan akan dibahas tentang cara optimasi toko online di bukalapak sekaligus branding toko.
Oleh karena kita masih tentang memulai buka online shop di marketplace tanpa modal maka langkah selanjutnya adalah mencari produk yang siap dipasarkan.

Bagaimana cari produk siap jual di Marketplace?
Pada dasarnya semua produk yang ada di marketplace bisa dipasarkan kembali hanya saja tentu tidak demikian mudahnya karena marketplace biasanya menghindari double resi. Jika terjadi double resi akan berdampak buruk pada performa online shop. Oleh karena itu  jika mau buka online shop di bukalapak maka mencari produknya dari marketplace lain.
Biasanya marketplace yang umum dijadikan supplier adalah tokopedia. Harga produk di tokopedia rata-rata lebih murah namun  perlu selektif juga menentukan supplier. Berhasil cepat laku atau tidak dan performa toko online dipengaruhi oleh kinerja supplier.
Supplier yang ramah pada dropshipper akan memberikan nama toko pada paket yang dikirmkan dan tidak main print format pengiriman dari marketplace. So, kerahasiaan sumber produk tetap akan terjaga.

Cara mencari supplier terpercaya di tokopedia
Cara paling mudah adalah dengan berkunjung ke toko lalu lihat catatan pemilik toko, apakah boleh di dropship atau reseller. Hanya saja, sampai disitu belum ada jamina bahwa kinerja tokonya bagus.
Oleh karena kita akan menjual kembali produk orang lain maka carilah harga produk yang lebih murah dibanding dengan toko lainnya. Untuk lebih cepat bisa membuka web uduk .
Setelah menemukan produk yang murah harganya maka langkah selanjutnya adalah dengan mengecek reputasi toko.
Di tokopedia, reputasi toko dilambangkan dengan badge dan yang tertinggi adalah diamond. Hanya satu kekurangan toko dengan badge diamond yaitu kecepatan. Hal tersebut dimungkinkan karena banyaknya orderan yang masuk.
Jalan keluar dari permasalahan diatas adalah dengan melihat reputasi toko dengan badge silver yang banyak. Jangan lupa untuk cek owner toko online. Hal tersebut untuk melihat apakah toko tersebut memiliko toko favorit dan penilaian positif. Penilaian positif itu artinya dia belanja lagi dari orang lain dan jika itu terjadi tinggalkanla karena pasti ada toko lain yang harganya lebih murah.

Cara optimasi toko online di Bukalapak
Berbicara cara optimasi toko online di bukalapak berarti sedang memperbaiki performance toko agar terlihat lebih meyakinkan pembeli.
Berikut adalah cara optimasi toko online di bukalapak :
1. Nama
Pilihlah nama yang mudah di ingat dengan tidak lebih dari tiga kata.
2. Pic
Pilihlah yang menggambarkan isi keseluruhan produk yang dijual.
3. Foto latar belakang toko
Pilihlah latar belakang yang menjelaskan dan mempertegas deskripsi toko.
3. Jadwal pengiriman
Pilihlah jadwal pengiriman setiap hari agar pembeli bebas menentukan pilihan waktu berbelanja.
4. Alamat toko
Pilihlah alamat toko dikota besar. Hal ini memungkinkan memperkecil ongkos kirim.
5. Jasa pengiriman
Berikan pilihan jasa kurir pengiriman yang banyak agar ada penyesuaian ongkir dengan daerah tujuan pengiriman.

Cara branding toko online di bukalapak
Bila melihat asal kata branding adalah brand maka branding adalah kegiatan yang mempertegas identitas toko.
Di artikel sebelumnya sudah saya bahas tentang branding toko online di bukalapak agar cepat laku.
Untuk sementara demikian tulisan ini, tentu saja masih banyak ide yang akan saya buat dalam tulisan. Kalau ada yang hendak ditanyakan silahkan dikolom komentar. Jika ingin mempernudah mendapatkan artikel terbaru silahkan ikuti lewat email dibagian bawah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih