Sajian Jajanan Makan Malam Full Nutrisi

Menu jajanan makan malam yang disajikan penuh nutrisi dan mudah ditemukan
aspudin ~ Makan malam sepertinya menjadi waktu yang tepat untuk kumpul bareng keluarga. Bisa dimaklumi karena aktivitas anggota keluarga diwaktu siang hari yang tidak memungkinkan untuk kumpul sekedar makan. So, menu makan malam itu harus tepat harus mengandung nutrisi  tinggi sehingga tidur pun menjadi lebih berkualitas.
Banyak diantara kita yang tidak menyadari kalau kualitas tidur malam itu dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi sebelum tidur. Bisa juga waktu makan yang tidak tepat akan berpengaruh bagi kesehatan.
sumber grid

Kapankah Waktu Makan Malam Yang Tepat?

Waktu makan malam yang tepat adalah sekitar 2 jam sebelum tidur. Hal ini dimaksudkan agar saluran pencernaan bekerja dengan baik. Jika setelah makan malam langsung tidur akan berpengaruh buruk pada kesehatan.
Ada beberapa penyakit yang ditimbulkan dari kebiasaan buruk "habis makan langsung tidur" yaitu :
1. Diabetes.
Seperti yang kita ketahui, diabetes adalah penyakit yang timbul karena ganggua kinerja hormon insulin. Ketidakmampuan kelenjar insulin menguarai glukosa dalam darah mengakibatkan gula darah tinggi. 
Bagaimana korelasi atau hubungan antara setelah makan langsung tidur dengan resiko terkena diabetes?. Saluran pencernaan kita membutuhkan waktu untuk mengurai dan menyerap zat-zat makanan yang masuk dari proses makan. Kira-kira butuh waktu sekitar dua jam sampai distribusi zat-zat makanan ke sel-sel tubuh yang membutuhkan. Salah satu hasil dari makanan adalah glukosa. Glukosa ini berperan dalam mensupplai energi bagi tubuh.
Ketika energi yang masuk tidak terpakai maka memungkinkan penumpukan energi. Itulah salah satu penyebab resiko terkena diabetes jika setelah makan langsung tidur. Tidur itu bukanlah tentang ngantuk semata, ada proses perbaikan sel-sel tubuh setelah seharian beraktivitas. Gangguan pada proses perbaikan sel-sel tubuh akan mempengaruhi kinerja sel lainnya.
2. Jantung
Bisa kita rasakan sendiri, jika setelah makan langsung tidur maka nafas kita menjadi tidak teratur bahkan cenderung untuk mendengkur.
Tingginya detak jantung membuat kualitas tidur menjadi menurun yang ditandai dengan mendengkur, nafas yang berat dan bahkan akan berakibat pada mimpi yang menyeramkan. Itu menjadi indikator bahwa peredaran darah sedang terganggu.
Jantung berfungsi memompa dan menyalurkan darah kesemua organ tubuh termasuk otak. Dalam tidur, sel-sel dalam otak bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak karena terpakai berfikir atau gangguan memori lainnya. Tentu saja, kinerja otak membutuhkan oksigen dalam darah yang berkualitas. 
Ada banyak hal yang bisa kita pelajari terkait kesehatan antara tidur dan makan malam dengan resiko terkena penyakit. Namun dalam artikel kali ini, saya akan fokus pada menu sajian makan malam yang full nutrisi.

Variasi Menu Jajanan Makan Malam

Ada banyak variasi menu jajanan makan malam yang baik untuk disajikan dengan kandungan nutrisi yang menyehatkan.
Berikut adalah beberapa menu makan malam yang banyak mengandung nutrisi yaitu :
1. Olahan tempe
Tempe meskipun berharga relatif murah tetapi tinggi kandungan gizinya. Seperti kita ketahui tempe terbuat dari kacang kedelai yang tinggi akan nilai gizi protein. Protein nabati inilah yang bagus bagi asupan nutrisi tubuh. Bahkan di zaman penjajahan Jepang, tawanan perang yang rutin menkonsumsi tempe terhindar dari penyakit malaria.
2. Ayam goreng atau bakar
Sajian makan malam ayam goreng atau bakar mudah dijumpai diwarung tenda sekitar kita ya. Daging ayam itu kaya akan protein hewani jadi cocok ya untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.
3. Seafood
Jajanan seafood ini memang mudah ditemukan diwaktu malam hari. Berbagai macam olahan khas laut mudah kita dapatkan mulai dari kepiting dan lainnya. Meskipun ada yang bilang tinggi kolestrol tapi kita juga perlu sadari bahwa tubuh kita pun membutuhkan kolestrol. Tinggal kitanya saja mampu menyeimbangkan dengan asupan gizi lainnya.
4. Ketoprak
Ketoprak adalah jajanan khas malam hari  dengan bumbu kacang sebagai bumbu utama. Kacang tanah merupakan sumber lemak tak jenuh yang mudah diurai dalam sistem metabolisme tubuh. Selain tinggi akan lemak tak jenuh, kacang tanah pun mengandung protein yang lumayan tinggi.
5. Nasi uduk
Jajanan nasi uduk ini khas betawi banget dan mudah dijumpai diberbagai daerah perkotaan khususnya Jakarta. Nasi uduk biasanya disajikan dengan berbagai sajian makanan lainnya seperti oreg tempe, semur tahu, mie dan lainnya.
Itulah beberapa sajian jajanan yang mudah kita jumpai diwaktu malam hari yang cocok untuk makan malam. Dalam artikel ini dibatasi pada ide makan malam dan dalam artikel lainnya akan dibahas kandungan nutrisinya.
Jika dirasa ada ide lainnya untuk sajian makan malam bisa ditulis dalam komentar. Terimakasih sudah berkunjung diblog aspudin yang sederhana ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih