Nutrisi Ibu Hamil : Apa Saja Yang Boleh Dimakan Dan Jangan

Makanan yang sehat dan sayur dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi ibu hamil bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.
Nutrisi bagi ibu hamil harus mampu mencukupi kebutuhan gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Oleh karena apa yang boleh dimakan dan jangan dimakan akan berpengaruh langsung pada bayi. Yu kenali nutrisi bagi ibu hamil yang terkandung dalam makanan sehat yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan.
 Iklan-scroll ke bawah untuk terus membaca Semua wanita akan bahagia jika mengetahui dirinya sedang hamil. Kehamilan yang kedua akan terasa mudah menjalaninya karena sudah merasakan semua hal yang berkaitan dengan kehamilan mulai dari tanda-tanda hamil sampai melahirkan. Akan berbeda dengan yang baru pertama hamil akan terasa berat menjalaninya.
Baik yang pertama kali hamil maupun kehamilan yang kedua atau seterusnya harus mampu memenuhi nutrisi. Baik sadar atau tidak, apa yang dimakan akan mempengaruhi bayi dalam kandungan.

Apa saja kebutuhan nutrisi ibu hamil?

Kebutuhan nutrisi ibu hamil berbeda dengan hari-hari biasa saat tidak hamil. Kebutuhan nutrisi ibu hamil akan meningkat karena sedang berbadan dua. Itu artinya apa yang dimakan ibu hamil akan diserap oleh bayi dalam kandungan.
Berikut 4 jenis nutrisi yang wajib dipenuhi ibu hamil yaitu :
1. Kalsium
Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang pertama adalah kalsium. Kalsium adalah mineral yang digunakan untuk pertumbuhan tulang.
Makanan yang banyak mengandung kalsium adalah susu, yogurt, keju, ikan salmon dan umumnya dau hijau.
2. Protein
Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang kedua adalah protein. Kebutuhan protein ibu hamil meningkat karena bayi dalam kandungan membutuhkan protein untuk perkembangan otak dan hati.
Sumber makanan yang banyak mengandung protein adalah daging, susu, kacang-kacanga, tahu, tempe.
3. Zat besi
Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang ketiga adalah zat besi. Zat besi dibutuhkan untuk mensuplai oksigen lewat darah. Jika kekurangan zat besi akan terjadi kemungkinan si bayi akan mengalami anemia.
Sumber makanan yang mengandung zat besi adalah ikan, ayam.
4. Asam folic
Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang ke empat adalah asam folic. Asam folic merupakan penyusun Vitamin B. Asam folic bermanfaat dalam menunjang perkembangan otak. 
Sumber makanan yang mengandung nutrisi asam folic adalah pada umumnya daun hijau.

Apa saja makanan yang boleh dikonsumsi?

Makanan yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil dan boleh diperbanyak adalah :
1. Buah-buahan dan sayuran
Buah dan sayur banyak mengandung vitamins dan mineral.
2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan diketahui banyak mengandung energi dan protein yang bagus buat perkembangan otak dan diet sang ibu.
3. Protein hewani
Sumber protein hewani adalah ikan, ayam, daging, telur.
4. Makanan harian yang harus terpenuhi adalah susu, yogurt dan keju.

Apa Saja makanan yang jangan dikonsumsi?

Berikut adalah makanan yang jangan dikonsumsi ibu hamil :
1. Makanan cepat saji
2. Makanan yang banyak mengandung mercuri.
Artikel ini bertujuan agar ibu hamil lebih selektif dalam makan disaat hamil agar bayi tumbuh sehat dan cerdas. Oleh karena tulisan ini hanya bersifat pebgetahuan populer semata, untuk lebih bagus konsultasi dengan bidan atau Dokter Kandungan.
Tetap ikuti terus ya!!

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih