Wednesday, September 19, 2018

Ampuh!! Sakit Gigi Sembuh, inilah 7 Cara Alami Mengobatinya

Iklan-scroll ke bawah untuk terus membaca
aspudin ~Sakit gigi? Hampir semua orang merasakan yang namanya sakit gigi.
Tidak hanya dirasakan anak-anak bahkan orang dewasa pun akan mengalami sakit gigi.
Perih banget kalau sudah terjangkit penyakit gigi ini. Mau makan susah bahkan mau minum pun terasa sakit.
Hati-hati ya kalau ada kerabat atau teman yang sedang sakit gigi. Harap maklum dia sedang menahan rasa sakit sehingga agak labil gitu. Ga boleh denger suara yang berisik suka langsung emosi. Apalagi kalau dengar ada yang ngamen bawaannya pusing kepala.
Meskipun hampir semua orang pernah merasakan yang namanya sakit gigi tapi tetap saja penyakit yang satu ini bikin malu, secara ketahuan gak pernah ngurus gigi dengan baik.
sakit gigi
sumber mendetail

Apakah Penyebab Utama Sakit Gigi?

Secara umum, penyebab sakit gigi adalah kebiasaan buruk jarang atau malas sikatan. Tetapi pada anak-anak terkadang sakit gigi timbul akibat akan tumbuh gigi.
Dengan mengetahui penyebab terkenanya sakit gigi diharapkan dapat meminimalisir kemungkinan terjangkitnya sakit gigi.
Berikut penyebab sakit gigi yaitu :
1. Malas sikat gigi.
Rasa malas sakit gigi membuat gigi tidal terawat dengan baik. Ujung-ujungnya gigi berlubang akibat penumpukan kuman. Kalau dah begitu siap-siap aja merasakan ngilu luar biasa.
2. Pada anak-anak bisa juga disebabkan sedang tumbuh gigi baru. Kasihan kalau sudah menangis tetapi itukan proses yang harus dilewatinya.
3. Doyan makanan yang manis-manis
Tidak tahu pasti kenapa makanan yang manis-manis bisa mempercepat kerusakan pada gigi. Akan tetapi faktanya memang keseringan makan makanan yang manis-manis jika benar-benar rajin sikat gigi akan mempercepat gigi berlubang.
4. Sikat gigi tapi ngasal.
Ada juga yang rajin sikat gigi tapi ngasal hilang bau mulut. Padahal kita ketahui bahwa struktur gigi tidak sama antara gusi sampai gigi depan. Akibatnya masih tersisa butiran kecil makanan hasil dikunyah. Nah itu dia yang menyebabkan gigi mudah berlubang.
5. Alat sikat gigi yang tidak tepat.
Oleh karena struktur gigi berlainan maka alat sikat gigi pun harus disamakan dengan kondisi gigi dalam mulut kita. Pendekatan ini dirasa penting karena akan menjangkau seluruh area gigi.

Bagaimana Cara Sikat Gigi Yang Benar?

Mengingat peranan sikat gigi yang menentukan bersih atau tidaknya kotoran yang menempel digigi maka perlu juga diketahui cara sikat gigi yang benar.
Dikutip dari hellosehat, inilah 7 cara sikat gigi yang benar :
1. Anda bisa memulai dengan menyikat gigi geraham atas atau pada gigi belakang dibagian terdekat sisi mulut. Lakukan gerakan melingkar.
2. Sikat setiap bagian gigi yang biasa dipakai mengunyah.
3. Untuk membersihkan permukaan dalam gigi bagian atas, posisi sikat harus vertikal.
4. Untuk langkah selanjutnya bisa dibaca di hellosehat.
Ketika kita sudah tau penyebab sakit gigi dan cara sikat gigi yang benar tapi masih terkena sakit gigi, langkah selanjutnya adalah pengobatan.

Bagaimana Cara Mengobati Sakit Gigi Secari Alami dan Ampuh?

Perlu diakui bahwa pada beberapa orang, cara mengobati sakit gigi secara alami akan berbeda hasilnya. Meskipun demikian ada baiknya dicoba terlebih dahulu dengan catatan sakit gigi yang dialami belum parah. Jika sudah terasa parah sangat dianjurkan berobat ke dokter gigi.
1. Berkumur pakai garam
Seperti yang pernah saya alami, berkumur pakai air garam cukup ampuh untuk meredam sakit gigi. Dengan catatan baru terasa tanda-tanda sakit gigi.
2. Tutup gigi berlubang yang dirasa sakit dengan kapas yang sudah diolesi pasta gigi. Cara ini cukup ampuh jika baru terasa ser ser sakit gigi.
3. Bawang putih yang dioles-oleskan dipermukaan pipi yang dekat dengan gigi yang sakit. Ada juga cara yang berbeda dengan menekankan bawang putih dibagian jempol kaki.
4. Daun jambu biji
Mungkin bagi sebagian orang terasa aneh. Meskipun demikian patut dicoba. Caranya cukup mudah hanya dihaluskan daun jambu biji lalu dicampur dengan air dan kumur-kumur.
5. Jeruk nipis
Meskipun saya belum pernah nyoba tapi dari beberapa sumber bahwa jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah, peras air jeruk nipis lalu campur dengan segelas air, selanjutnya kumur-kumur.
6. Daun jarak
Daun jarak terbukti ampuj juga loh dalam urusan mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah, daun jarak dibejek aampai lembek lalu tempelkan di gigi yang terasa sakit.
7. Bawang merah
Cara penggunaan bawang merah hampir sama dengan bawang putih. Bisa dioleskan dibagian pipi atau ditekan dijempol kaki.
Meskipun masih banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, rasanya cukup sampai disitu. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar.
Jika sakit gigi sudah parah segera obati di dokter gigi. Artikel kesehatan ini hanya sebatas menambah pengetahuan belaka bukan diagnosa apalagi tulisan ilmiah. 
Tetap ikuti terus ya blog aspudin.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih

KESEHATAN

NUTRISI

REVIEW SMARTPHONE