Keseringan Pusing Saat Bangun Duduk Bisa jadi Anda Diabetes, Beginilah Kata Pakar Neurologi Harvard

Sumber : Getty image

Mungkin sebagian besar dari kita pernah ngalamin pusing kepala saat bangun dari duduk atau jongkok. Kalo dah begitu biasanya mata akan berasa kunang-kunang. Sebetulnya apa yang sedang terjadi, apakah normal atau ada gejala penyakit yang harus diwaspadai. Beginilah komentyar dari pakar neurologi Harvard Medical Center School.
Dikutip dari doktersehat, Christpen Gibbons, M.D mengatakan "bahwa munculnya pusing dan kunang-kunang tatkala berdiri setelah duduk terjadi karena tekanan darah menurun tiba-tiba." Ops sampai disini kita aman ya.
Bagi yang merasa sering pusing kepala dan mata kunang-kunang, ga usah panik, toh itu hal biasa saja. Saya sendiri tertarik menulis tentang ini karena suka merasakan pusing dan mata kunang-kunang.
Akan tetapi menurut media online dokter sehat, bila pusing itu terus menerus bisa jadi pertanda anda mengalami diabetes. Waduh, ga nyangka ya sampe segitunya. Meskipun tidak ditulis rinci bagaimana itu bisa terjadi, saya percaya saja toh memang penderita penyakit diabetes terkait dengan tekanan darah yang tidak normal yang diakibatkan kelebihan gula darah.
Terlepas dari itu, ada baiknya kita mengetahui lebih jauh tentang diabetes.

Kenali faktor yang menyebabkan seseorang terkena diabetes!!

Yang perlu kita ketahui bahwa diabetes bukanlah penyakit menular tapi bisa jadi penyakit turun temurun. Secara umum, penyakit diabetes disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor genetik dan non genetik.
Faktor genetik atau dikenal juga faktor keturunam memiliki andil cukup besar dalam terjangkit atau tidak diabetes. Hanya saja, untuk mengurangi resiko terjangkit diabetes, harus menjaga pola hidup sehat dan pola makan.
Faktor non genetik lebih disebabkan karena kecenderungan pola hidup yang tidak sehat dan pola makan yang tidak sehat pula.
" Baca juga tentang mengapa anda sakit dada sebelah kiri?'

Yu jadikan pola hidup sehat sebagai pencegahan agar tidak terjangkit penyakit

Pola hidup sehat merupakan salah satu cara-cara hidup yang teratur yang memperhatikan kesehatan tubuh.
Pola hidup sehat dapat dilakukan antaralain dengan kegiatan positif seperti :
1. Olahraga ringan
Olahraga ringan sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika anda benar-benar sibuk maka anda bisa melakukan sit up atau push up. Lari kecil di tempat mungkim juga bisa anda lakukan.
2. Menyalurkan hobi positif
Salurkan hobi positif anda dengan semampu anda. Mancing bisa juga menjadi alternatif lain.
3. Memelihara tanaman di halaman rumah
Memelihara tanaman di halaman rumah memiliki manfaat positif bagi penghuninya. Gunakan waktu luang untuk sekedar menyiram tanaman atau menyapu halaman.
4. Waktu tidur dan bangun tidur yang teratur.
Waktu tidur harus diatur sedemikian rupa karena tidur memiliki fungsi regenerasi sel tubuh.
5. Jangan begadang
Begadang dapat menurunkan kemampuan darah menyerap oksigen sehingga faktor tersebut yang membuat seseorang terlihat pucat dan cepet lemas.

Inilah Gejala  Diabetes Yang sering tidak disadari

Bila seseorang terkena penyakit diabetes akan menunjukkan gejala sebagai berikut :
1. Perubahan warna kulit dibagian tubuh tertentu seperti belakang leher, siku dan pangkal jari yang terlihat lebih memerah.
2. Penglihatan lebih jelas atau menjadi kabur, keduanya merupakan gejala seseorang sedang kelebihan insulin atau gula darah.
3. Mendengkur saat tidur bukan saja menunjukkan kemungkinan akan terkena penyakit strokye semata mungkin saja anda sedang mengalami gejala diabetes.
4. Perubahan pada pendengaran yang mengakibatkan kurang dengar. Ketika biasa kita ngobrol lancar tapi kadang-kadag kita meminta ulang perkataan orang lain bisa saja gula darah anda sedang tinggi segera lakukan pencegahan.

Ikuti tindakan pencegahan terjangkit penyakit diabetes yang sederhana

Lakukan tindakan pencegahan terkena penyakit diabetes seperti berikut ini :
1. Jangan banyak makan nasi putih. Sudah rahasia umum, kebanyakan konsumsi nasi putih akan meningkatkan kadar gula darah. Yang pasti sesuaikan dengan kebutuhan otot anda. Jika memang terbiasa kerja mengangkat beban ya porsi nasi putih berbeda dengan yang terbiasa kerja ringan-ringan.
2. Gula buatan dalam makanan atau minuman berkaleng memicu meningkatnya kadar gula darah. Konsumsi seperlunya saja.
3. Tidur setelah makan akan dengan mudah meningkatkan gula darah. Hindari ya.
4. Hindari stress berkepanjangan. Biasanya kalo lagi stress, seseorang akan begadang, banyak makan, ngemil dan lainnya.
5. Jangan kebanyakan ngemil karena akan mengakibatkan kelebihan berat badan. Kegemukan akan menyulitkan kinerja kelenjar insulin. Terganggunya kelenjar insulin menyebabkan meningkatnya gula darah.

Cara alami mengobati penyakit diabetes

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati penyakit diabetes. Beginilah cara sederhana dan alami mengobati penyakit diabetes :
1. Kunyit
Kunyit diketahui mampu memperbaiki kinerja pankreas. Salah satu fungsi pankreas adalah menjaga dan mengatur insulin.
2. Lidah buaya
Diketahui lidah buaya mempunyai kemampuan menurunkan kadar gula darah. Cara konsumsinya bisa direbus atau diolah sedemikian rupa sehingga mudah dikonsumsi tanpa menghilangkan khasiat lidah buaya.
3. Minum teh hijau
Teh hijau diketahui memiliki kandungan senyawa polifenol tinggi yang membantu pelepasan glukosa makanan. Mengendapnya glukosa pada darah yang menyebabkan tingginya kandungan gula darah.

Artikel kesehatan ini semata-mata untuk menambah pengetahuan belaka bukan diagnosa medis. Jika ada kesamaan gejala penyakit diabetes segera lakukan pemeriksaan medis.

Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus