Daun Obat Dalam Pengobatan Herbal : Manfaat dan Khasiat

Pengertian pengobatan herbal dan daftar daun obat yang memiliki manfaat khasiat penyembuhan penyakit.

Apakah pengertian pengobatan herbal?. Seringkali kita membicarakan pengobatan herbalis untuk menyembuhkan suatu penyakit. Ada banyak tanaman herbal atau bagian dari tanaman yang memiliki manfaat untuk pengobatan penyakit seperti daun obat.
Pengertian pengobatan herbal adalah cara pengobatan yang aman dan efektif dengan menggunakan bahan-bahan dari tanaman, untuk kemampuan terapeutik atau pengobatan(DR.Abednego Bangun, S.H., M.H.A.). Dari pengertian tersebut, kita bisa mengetahui cara pengobatan penyakit dengan memanfaatkan tanaman yang ada disekitar kita. 
Sebetulnya penggunaan tanaman sebagai pengobatan bukanlah hal baru karena keberadaan pengobatan herbal sudah ada sejak manusia ada. Kita sudah mengenal istilah tabib sebelum kita mengenal Dokter. Perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan yang menggeser keberadaan pengobatan herbal. Serasa asing ya kalau kita denger pengobatan herbal.
Pengobatan herbal bisa dilakukan berbarengan dengan pengobatan medis. Pengobatan herbal tidak memiliki residu namun pengobatan herbal terkadang terasa lambat untuk penyembuhan penyakit. Sepertinya kunci dari pengobatan herbal adalah kedisiplinan dan rutin dari penderita penyakit.

Daftar Daun Obat Yang Memiliki Manfaat dan Khasiat dalam Pengobatan Herbal

Seperti yang kita ketahui bahwa pengobatan herbal adalah penyembuhan dengan memanfaatkan tanaman atau bagian tanaman, maka dalam edisi sekarang, saya akan mencoba share daftar daun obatsebagai bagian tanaman yang memiliki manfaat dan khasiat dalam pengobatan herbal.
Daftar daun obat dalam pengobatan herbal
1. Daun seledri
Manfat dan khasiat daun seledri adalah untuk mengatasi hipertensi(tekanan darah tinggi), mengatasi rematik, obat mata kering, obat batuk dan menyuburkan rambut.
2. Daun lidah buaya
Manfaat dan khasiat daun lidah buaya adalah untuk luka bakar, tersiram air panas, mengobati kencing darah, penyubur rambut, mengobati diabete melitus, mengobati wasir dan mengobati sembelit.
3. Daun Pepaya
Manfaat dan khasiat daun pepaya adalah mengatasi batu ginjal, obat untuk hipertensi, obat malaria, mengatasi keputihan, mengobati rematik, malnutrisi pada balita, mengobati jerawat dan menyembuhkan demam berdarah.
4. Daun kelor
Manfaat dan khasiat daun kelor adalah mengobati sakit kuning, rematik, nyeri pegal linu, obat luka bernanah, menolong rabun ayam, obat cacingan, alergi, obat sakit mata, menjaga kesehatan otak, mengobati sariawan dan kecantikan.
5. Daun pandan wangi
Manfaat dan khasiat daun pandan wangi adalah obat rematik, pegal linu, lemah syaraf, menurunkan tekanan darah tinggi, menambah selera makan dan untuk menghitamkan rambut.
6. Daun Peria atau pare
Manfaat dan khasiat daun pare ata peria adalah obat batuk, menambah asi, obat bisul, obat demam, malaria, sakit lever, sembelit, mengobati sakit kencing nanah, untuk meningkatkan kesuburan, mengatasi cacingan pada anak dan menyuburkan rambut.
7. Daun Sirsak
Manfaat dan khasiat daun sirsak adalah untuk asam urat, mengatasi sakit pinggang, mengobati infeksi, obat bisul, meningkatkan sistem imun dan membantu penyembuhan kanker.
Masih ada banyak bagian tanaman yang memiliki manfaat untuk pengobatan herbal. 
Dari daftar daun obat diatas, manakah yang pernah anda rasakan manfaatnya?.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih