Aspudin 123: Panduan Blogger Tentang SEO, Traffic, Audiens Dan Adsense


Seorang Blogger mulai dari pemula maupun expert tidak akan lepas dari pembahasan tentang SEO, Traffic, Audiens dan Adsense. Pembicaraan tentang SEO seperti tidak akan pernah habis untuk selalu di ulas, mengapa?. Saya berkesimpulan karena SEO  akan mengantarkan sebuah traffic audiens kepada blog yang berujung pada tingkat konversi seperti penjualan atau penghasilan adsense.
Sebagai perkenalan, saya adalah aspudin, seorang blogger yang memiliki perhatian khusus pada Analytics, Adwords dan internet marketing. Ketiga perhatian khusus tersebut memiliki keterkaitan dengan pengoptimalan teknik SEO, peningkatan traffic audiens dan penghasilan blogger yang bersumber dari Google Adsense.
Meskipun saya bukanlah seorang experts di bidang blog apalagi sebagai konsultan akan tetapi saya akan berusaha menyajikan pengetahuan sebaik mungkin tentang blogging yang di dapat secara otodidak. Ada perbedaan yang nyata antara skills yang di miliki karena otodidak dengan yang belajar pada ahlinya. Otodidak lebih karena trial and error sedangkan proses belajar yang di bimbing akan lebih terarah.
Tidak ada jaminan bahwa seorang blogger yang bisa karena otodidak tidak akan sukses. Kemampuan seorang blogger di tentukan dari seberapa besar minat atau passion terhadap dunia blogging itu sendiri. Pada penulisan ini, saya akan berusaha menyajikannya dalam bentuk resume  sebagai berikut :
  • Pengertian SEO
  • Bagaimana SEO mengantarkan konten pada peringkat pertama halaman mesin pencarian Google?
  • Apakah konten yang masuk halaman pertama mesin pencarian Google akan otomatis meningkatkan Traffic blog?
  • Bagaimana konversi audiens yang sesuai dengan target pencapaian seorang blogger?
  • Apa cara terbaik untuk meraih penghasilan lewat blog?
  • Seberapa sulit di terima sebagai publisher Google Adsense?
  • Apa saja yang harus di perhatikan saat daftar google adsense?

 Pengertian SEO

SEO adalah seni pengoptimalan mesin pencarian. Di sebut seni karena memang tidak ada salah satu teknik SEO yang menjamin sebuah konten akan masuk peringkat 1 halaman mesin pencarian. Memang betul ada banyak website yang menjual jasa SEO tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah mesin pencarian Google bekerja sama dengan mereka sehingga memberikan tempat khusus kepada penjual jasa SEO?.
Google menghargai betul penggunaan jasa SEO tetapi Google sendiri memastikan tidak bekerjasama dengan penjual jasa SEO, baca disupport google. Saya sendiri lebih memilih pengoptimalan situs/blog dengan bantuan Google dan di harapkan blog saya ramah mesin pencarian google.
Bagi saya, penting bahwa blog saya ramah bagi mesin pencarian google. Yang dimaksud ramah disini adalah memudahkan kerja mesin pencarian google dalam merayapi dan mengindeks konten blog. Tidak mungkin konten kita berada di halaman pertama mesin pencarian google jika googlebot sendiri tidak berhasil merayapi dan mengindeks blog.

Bagaimana SEO Mengantarkan Konten Pada Peringkat Pertama Halaman Mesin Pencarian Google?

Pada prinsipnya, tidak ada jaminan kepastian bahwa teknik SEO akan mengantarkan sebuah konten blog akan masuk peringkat pertama halam mesin pencarian google. Meskipun demikian fungsi SEO itu sendiri membantu mesin pencarian memahami struktur blog dengan cara perayapan dan pengindeksan sehingga sebuah konten blog akan memiliki tingkat visibility yang tinggi di mata mesin pencarian google.
Ada 2 langkah penting agar sebuah konten cepat di temukan di mesin pencarian google yaitu ambil sebagai google dan peta situs. 2 langkah tersebut ada di google webmasters. Menurut saya, seorang blogger lebih baik fokus pada pengembangan konten dari oprek SEO karena struktur situs yang berubah-ubah akan menyulitkan mesin pencarian google dalam perayapan terkecuali jika ada perubahan algoritma mesin pencarian.

Apakah Konten Yang Masuk Halaman Pertama Mesin Pencarian Google Akan Otomatis Meningkatkan Traffic Blog?

Ada banyak harapan yang melekat pada seorang blogger jika konten blog masuk halaman pertama mesin pencarian google yaitu traffic organik. Saya sendiri memaknai traffic organik adalah pengunjung atau audiens yang memang manusia yang sedang membutuhkan sebuah konten. Jika berharap konten ada pada halaman pertama mesin pencarian, maka sediakan konten yang diperuntukkan untuk manusia.
Oleh karena konten itu di tujukan kepada manusia, tentu sedikit besarnya seorang blogger haru mampu memahami karakteristik manusia. Peranan target pengunjung yang ingin di capai bisa memetakan setidak-tidaknya bahasa yang pas bagi calon pengunjung blog. Sebagai contoh jika konten di tujukan kepada remaja maka bahasa yang di gunakan pun harus menggunakan bahasa remaja zaman now. Jika tidak maka para remaja tidak akan tertarik untuk berkunjung meskipun konten kita berada di halaman pertama mesin pencarian.
Penggunaan bahasa yang sesuai dengan target audiens memegang peranan yang tidak kalah penting untuk menkonversi calon pengunjung organik menjadi pengunjung.

Bagaimana Konversi Audiens Yang Sesuai Dengan Target Pencapaian Seorang Blogger?

Kunci utama ada pada pemilihan bahasa. Bahasa yang di gunakan harus sesuai dengan target pencapaian yang di inginkan seorang blogger. Setidak-tidaknya ada 2 target konversi audiens yaitu penjualan produk dan klik iklan.
Langkah awal yang perlu diperhatikan sebelum membuat blog adalah siapakah target pengunjung yang ingin di capai? jenis kelamin ? usia?  lokasi ?. Dengan targeting audiens maka langkah berikutnya mencoba memahami karakter dari target yang di inginkan.

Comments

Untuk dibaca

1001 Macam Serba Serbi Manfaat Daun Kelor

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus

5 Rekomendasi Sandal Yang Cocok Untuk Gamis

Menggagas Gaya Hidup Sehat dengan Manfaat konsumsi Pisang

6 Objek Wisata Kuningan Terbaru Bagai Surga Tersembunyi