Pengembangan Konten Lewat Identifikasi Perangkat Pengunjung

Google Analytics
Melihat statistik traffic blog yang tinggi merupakan kebahagian tersendiri bagi seorang blogger. Para blogger tentu akan berharap meningkatnya traffic akan meningkatkan pula pendapatan lewat klik iklan adsense. Yang perlu disadari bahwa suatu saat nanti mungkin saja  traffic yang tinggi berpotensi hilang begitu saja dan traffic yang rendah akan meningkat drastis. Dari situlah perlu strategi pengembangan konten untuk menjaga atau bahkan meningkatkan traffic blog secara drastis dengan cara identifikasi perangkat yang digunakan pengunjung(audience) .



Untuk identifikasi perangkat yang digunakan pengunjung ada baiknya menggunakan tool gratis dari Google yaitu Google Analytics. Salah satu laporan yang didapat dari Google Analytics adalah Perangkat yang digunakan pengunjung. Google Analytics akan identifikasi perangkat yang digunakan pengunjung yaitu Tablet, Dekstop dan Mobile. Mengapa para blogger harus mengetahui perangkat yang digunakan pengunjung?.
Perlu diingat bahwa tujuan utama blogger adalah menjawab kebutuhan audience dengan memberikan manfaat positif bagi kehidupannya. Sebagai seorang blogger tentu pengembangan konten harus disesuaikan dengan kebutuhan audience. 
Audience yang mengunjungi situs adalah aset penting yang harus dikelola dengan berusaha analisa perilaku audience lewat perangkat yang digunakan : Dekstop, Mobile dan Tablet. Saya meyakini bahwa perilaku audience yang menggunakan dekstop akan berbeda dengan perangkat lainnya.
Di era sekarang, audience terbesar berasal dari perangkat mobile dengan begitu kita akan segera mengetahui bahwa penerapan SEO Off Page lewat promosi ke medsos sudah berhasil mendatangkan audience. Identifikasi audeince berikutnya halaman apa yang sering dibaca, berapa usia dan jenis kelamin audience.
So, akan terasa sia-sia jika memuat/posting konten namun konten tersebut tidak mngenai target audience. Target utama pengembangan konten disesuaikan dengan persentase terbesar audience yang mengunjungi situs. Saya meyakini audience yang sudah mengunjungi situs akan tetap berada distus anda untuk menjadi pelanggan setia. Semakin banyak pengikut/pelanggan situs akan memudahkan pekerjaan SEO Blog karena tidak perlu repot-repot optimalisasi SEO cukup dengan share ke medsos saja.
Seringkali, kita salah persepsi bahwa share ke medsos akan menjangkau dan meningkatkan traffic tinggi bagi blog. Memang betul share ke medsos akan meningkatkan traffic blog tapi saya meyakini traffic itu bersifat fleksibel artinya mudah berubah-ubah. Hal tersebut dikarenakan audience yang berasal dari medsos relatif mengunjungi situs karena konten yang dishare  mewakili kebutuhan sesaat audience.
Audience yang berasal dari medsos pun bisa menjadi pengikut yang setia bila saja memang konten yang dikembangkan blog menjangkau kebutuhannya.

Comments

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email