Skip to main content

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Dimanakah fokus kita sebagai seorang blogger : Konten atau SEO?. Mari kita berfikir kembali tentang visibility konten yang mudah ditemukan audiens di mesin pencarian. Ada sebuah harapan bahwa semakin mudah konten ditemukan audiens semakin tinggi traffic pengunjung.
Bagi sebagian besar blogger ketika konten / postingan artikel masuk halaman pertama mesin pencarian google akan mampu meningkatkan traffic pengunjung blog/situs. Beranjak dari situlah, para blogger pun mencari cara untuk meningkatkan traffic pengunjung.
Teknikal SEO
Secara umum, teknikal SEO terdiri dari 2 bagian utama yaitu Off Page dan On Page. Seo On Page lebih menitik beratkan pada crawling(pengindeksan), navigasi dan coding. Seo Off Page lebih menitik beratkan pada deskripsi konten dan link building.
SEO Off Page dan SEO On Page merupakan elemen penting bagi seorang blogger. Pembicaraan tentang SEO tetap akan berlangsung panjang dan tak akan berhenti karena SEO itu adalah seni. Yupz seni modifikasi elemen-elemen web.
Untuk apa si modifikasi elemen-elemen web?. SEO itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan visibility(keterlihatan) web di mata mesin pencarian. Dari sanalah sebuah web akan memasuki peringkat satu / halaman pertama mesin pencarian terutama Google. Itulah Crawling dan pengindeksan sebuah web atau konten.
Secara garis besar, mesin pencarian bekerja untuk merayapi(Crawling) dan Index sebuah web/konten. Semakin mudah mesin pencarian merayapi dan menindeks sebuah konten maka akan semakin mudah pula sebuah konten memasuki halaman pertama mesin pencarian. Semestinya sebuah web tidaklah menggunakan coding yang memberatkan Crawling dari mesin pencarian.
Seperti yang sudah kita ketahui, mesin pencarian Google tidak pernah memakai Keywords(Kata kunci) namun tetap mempertimbangkan Keywords dalam perayapan namun sekarang ini Google benar-benar tidak memperhatikan Keywords tapi fokus pada meta deskripsi sebuah web.
Elemen-elemen SEO On Page
Berikut ini adalah elemen-elemen dalam SEO On Page yaitu :
  1. Url Domain
  2. Template
  3. Tag Judul
  4. Heading
  5. Sitemap
Elemen-elemen SEO Off Page
Berikut adalah elemen-elemen dalam SEO Off Page yaitu :
  1. Backling
  2. Share medsos

Optimalisasi Konten
Apa itu optimalisasi konten?. Optimalisasi konten merupakan bagian dari SEO itu sendiri namun lebih fokus pada bagaimana pengembangan konten yang SEO friendly di mata mesin pencarian. Sebetulnya, saya agak ribet juga menerangkan ide awal optimalisasi konten namun saya memiliki keyakinan bahwa konten itulah yang mempengaruhi audiens berkunjung dan menjadi pengikut web.
Audiens bukan datang ke web/blog tanpa sebab, mereka menginginkan kebutuhannya terpenuhi. Entah butuh informasi tentang olahraga dan lain sebagainya. Konten adalah raja.
Membangun Audiens dari sekedar lewat menjadi follower web bukanlah pekerjaan mudah. Perlu sebuah analisa mendalam asal muasal mereka berkunjung ke web. Kita mungkin pernah tahu cara meningkatkan traffic pengunjung blog/web dengan membuat judul yang bombastis. Itu mungkin berhasil tapi bagaimana jika audiens kecewa dengan konten? tak akan berkunjung lagi bukan.
Optimalisasi konten tidak berhenti pada pembuatan judul, url judul dan deskripsi namun berkembang jauh pada menjawab kebutuhan audiens dan advertiser. Tujuan dari optimalisasi konten itu adalah audiens yang tinggi dan bersahabat dengan perusahan advertiser. Dengan begitu diharapkan dua sisi web akan terpenuhi yaitu traffic pengunjung dan pendapatan.




Comments

Yang Populer

4 Tool Gratis Riset Keywords Untuk Blogger

Apa yang bisa saya lakukan agar artikel saya mendapatkan traffic audiens yang tinggi?. Kira-kira begitulah pertanyaan yang ingin selalu mendapatkan jawaban terbaik. Hanya saja, perlu di sadari kita tidak akan menemukan jawaban pasti. Meskipun begitu, ada banyak cara untuk mendapatkan traffic audiens dengan melakukan riset keywords memakai tool gratis yang banyak tersedia di internet. Free Tool Keywords Vs Berbayar Akan menjadi menarik jika ada free tool keywords yang di berikan secara cuma-cuma. Lantas timbul pertanyaan, seberapa efektif tool yang diberikan secara gratis? mana yang harus di pilih, free tool atau tool keywords berbayar?. Yang perlu di sadari bahwa free tool maupun tool keywords yang berbayar pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Untuk itu, pemilihan tool pun harus di sesuaikan dengan kebutuhan blogger itu sendiri. Jika blog kita ingin tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang, ada baiknya menggunakan tool keywords yang berbayar. Hal itu di karenakan ada pengali…

Manfaat Fitur Layar Akhir Youtube

Youtube sebagai media sosial yang menyajikan konten video selalu memberikan fitur-fitur terbaik untuk pelanggannya. Salah satu fitur terbaru youtube adalah layar akhir. Layar akhir merupakan salah satu cara untuk meningkatkan viewer, subscriber bahkan klik ke tautan situs yang sudah di setujui oleh pihak youtube. Dengan demikian, fitur layar akhir memberikan manfaat lebih bagi para pembuat konten maupun viewer youtube.

Nasehat Ustadz Abdul Somad Untuk Para Pecandu Mobile Legend

Sepertinya game terlaris 2018 adalah mobile legend. Lihat aja di pencarian game gratis playstore. Mobile legend ada di peringkat pertama sebagai game gratis paling banyak di download. Fakta di lapangan, kita sering melihat anak-anak, remaja bahkan orang dewasa pun memainkan game mobile legend. Banyak di antara mereka yang memainkan game gratisan ini di setiap waktu senggang. Fenomena populernya game mobile legend pun ikut di bahas Ustadz Abdul Somad. Awal pembahasan tentang mobile legend adalah ketika Ustadz Abdul Somad memberikan ceramah di Jambi. Salah satu jamaah menanyakan tentang hukum main game mobile legend. Ustadz Abdul Somad pun memberikan nasehat tentang main game mobile legend. di kutip dari tribunnews, beginilah nasehat Ustadz Abdul Somad "Jangan biarkan anak-anak kita main game. Sayangi mereka dengan tidak memberi hp. memberikan hp kepada anak-anak sama halnya dengan memberi pisau. Di potong urat nadinya. anti. Jangan.""Orang yang candu game sudah mubasir w…

3 Penyebab Kegagalan Mendatangkan Viewer Youtube

Saya memiliki saluran/channel youtube tentang Sepakbola, Konser Musik, Otomotif dll. Dari beberapa channel youtube tersebut di atas, viewer video saya masih sedikit. Oleh karena viewer video youtube saya masih sedikit, saya pun mencari cara untuk meningkatkan viewer youtube. Dari bantuan youtube, akhirnya saya menemukan 3 penyebab kegagalan mendatangkan viewer youtube sehingga viewer youtube saya tetap rendah.

Jangan Sampai Kehilangan Pelanggan Saluran Youtube

Pelanggan saluran youtube memiliki arti penting bagi seorang youtuber. Berbagai cara yang di lakukan youtuber untuk menarik viewer agar mau menjadi pelanggan/subscriber saluran youtube. Kalau sudah dapat pelanggan /subscriber saluran youtube jangan sampai mereka meninggalkan saluran youtube.