Skip to main content

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Dimanakah fokus kita sebagai seorang blogger : Konten atau SEO?. Mari kita berfikir kembali tentang visibility konten yang mudah ditemukan audiens di mesin pencarian. Ada sebuah harapan bahwa semakin mudah konten ditemukan audiens semakin tinggi traffic pengunjung.
Bagi sebagian besar blogger ketika konten / postingan artikel masuk halaman pertama mesin pencarian google akan mampu meningkatkan traffic pengunjung blog/situs. Beranjak dari situlah, para blogger pun mencari cara untuk meningkatkan traffic pengunjung.
Teknikal SEO
Secara umum, teknikal SEO terdiri dari 2 bagian utama yaitu Off Page dan On Page. Seo On Page lebih menitik beratkan pada crawling(pengindeksan), navigasi dan coding. Seo Off Page lebih menitik beratkan pada deskripsi konten dan link building.
SEO Off Page dan SEO On Page merupakan elemen penting bagi seorang blogger. Pembicaraan tentang SEO tetap akan berlangsung panjang dan tak akan berhenti karena SEO itu adalah seni. Yupz seni modifikasi elemen-elemen web.
Untuk apa si modifikasi elemen-elemen web?. SEO itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan visibility(keterlihatan) web di mata mesin pencarian. Dari sanalah sebuah web akan memasuki peringkat satu / halaman pertama mesin pencarian terutama Google. Itulah Crawling dan pengindeksan sebuah web atau konten.
Secara garis besar, mesin pencarian bekerja untuk merayapi(Crawling) dan Index sebuah web/konten. Semakin mudah mesin pencarian merayapi dan menindeks sebuah konten maka akan semakin mudah pula sebuah konten memasuki halaman pertama mesin pencarian. Semestinya sebuah web tidaklah menggunakan coding yang memberatkan Crawling dari mesin pencarian.
Seperti yang sudah kita ketahui, mesin pencarian Google tidak pernah memakai Keywords(Kata kunci) namun tetap mempertimbangkan Keywords dalam perayapan namun sekarang ini Google benar-benar tidak memperhatikan Keywords tapi fokus pada meta deskripsi sebuah web.
Elemen-elemen SEO On Page
Berikut ini adalah elemen-elemen dalam SEO On Page yaitu :
  1. Url Domain
  2. Template
  3. Tag Judul
  4. Heading
  5. Sitemap
Elemen-elemen SEO Off Page
Berikut adalah elemen-elemen dalam SEO Off Page yaitu :
  1. Backling
  2. Share medsos

Optimalisasi Konten
Apa itu optimalisasi konten?. Optimalisasi konten merupakan bagian dari SEO itu sendiri namun lebih fokus pada bagaimana pengembangan konten yang SEO friendly di mata mesin pencarian. Sebetulnya, saya agak ribet juga menerangkan ide awal optimalisasi konten namun saya memiliki keyakinan bahwa konten itulah yang mempengaruhi audiens berkunjung dan menjadi pengikut web.
Audiens bukan datang ke web/blog tanpa sebab, mereka menginginkan kebutuhannya terpenuhi. Entah butuh informasi tentang olahraga dan lain sebagainya. Konten adalah raja.
Membangun Audiens dari sekedar lewat menjadi follower web bukanlah pekerjaan mudah. Perlu sebuah analisa mendalam asal muasal mereka berkunjung ke web. Kita mungkin pernah tahu cara meningkatkan traffic pengunjung blog/web dengan membuat judul yang bombastis. Itu mungkin berhasil tapi bagaimana jika audiens kecewa dengan konten? tak akan berkunjung lagi bukan.
Optimalisasi konten tidak berhenti pada pembuatan judul, url judul dan deskripsi namun berkembang jauh pada menjawab kebutuhan audiens dan advertiser. Tujuan dari optimalisasi konten itu adalah audiens yang tinggi dan bersahabat dengan perusahan advertiser. Dengan begitu diharapkan dua sisi web akan terpenuhi yaitu traffic pengunjung dan pendapatan.




Comments

Yang Populer

Strategi Penulisan Konten Untuk Traffic Blog

"Konten Adalah Raja. Pembuatan konten harus seperti memperlakukan sang Raja, niscaya traffic dan pendapatan pun akan meningkat." Sebagai seorang blogger, konten adalah Raja tanpa ada konten yang baik apalah artinya sebuah blog. Mari kita berfikir kembali tentang strategi penulisan konten yang mampu meningkatkan traffic blog dan pendapatan.
Mengapa Seseorang Mau Mengunjungi Blog? Blog adalah representasi kepribadian pemilik blog. Berawal dari situlah seorang blogger harus memperhatikan kualitas konten, etika, manfaat dan nilai lebih yang diberikan kepada para pengunjung blog. Yang menjadi pertanyaan "mengapa seorang mau mengunjungi blog?". Pertanyaan tersebut diatas, tidak perlu dijawab langsung oleh pengunjung cukup pemilik blog evaluasi dengan menggunakan analytics. Mari kita mulai mereka-reka alasan pengunjung meninggalkan blog : mungkin saja pengunjung tertarik kepada judul postingan yang bombastis lalu setelah mengetahui isi konten, ia pun pergi. Itulah yang dis…

Kandungan Gizi Gado Gado

Kandungan Gizi Makanan Kandungan gizi makanan di perlukan untuk mengetahui manfaat gizi yang kita konsumsi. Makanan sehat adalah makanan

5 Tahun Ke Depan, Inilah Perkiraan Bandan Energi Internasional Terhadap Minyak Dan Gas

Pertumbuhan ekonomi global, di satu sisi mendorong pertumbuhan industri otomotif namun di sisi lain harus ada efisiensi bahan bakar dan pengurangan konsumsi minyak di negara-negara maju. Pertembuhan ekonomi global tersebut mendorong pada pergeseran permintaan minyak dan gas. Di kutip dari media internasional Reuters, Badan Energi Internasional / IEA(International Energy Agency) mengatakan "Permintaan minyak dan gas global yang kuat akan berubah dalam lima tahun ke depan terhadap petrokimia daan jauh dari bahan bakar motor bensin dan solar." Ada beberapa poin yang dapat saya ambil dari pandangan Badan Energi Internasional terhadap permintaan minyak dan gas, yaitu : Permintaan produk mulai dari pupuk hingga produk plastik dan kecantikan akan mendorong seperempat dari perkiraan perminntaan minyak ke tahun 2023.Pergeseran ini adalah tantangan baru bagi industri minyak. Di satu sisi permintaan petrokimia meningkat sedangkan di satu sisi konsumsi bensin dan solar di naikkan kembal…

Cara Efektif Promosi Video Youtube

Penyebab Kegagalan Mendatangkan ViewerPenyebab Channel Di BannedPengembangan Channel Dengan Analytics
Video yang sudah di muat ke youtube diharapkan akan mendapatkan viewer yang banyak. Untuk mendapatkan viewer yang banyak di butuhkan promosi video dengan memakai jasa google adword atau share ke medsos. Cara-cara tersebut tentu bisa membuahkan hasil yang diinginkan namun perlu biaya lebih dan ga efektif(dalam jangka panjang). Sebetulnya, ada cara efektik dalam promosi video youtube untuk mendatangkan viewer. Jenis Promosi Video Youtube Promosi video youtube bertujuan untuk mendatangkan viewer ke konten yang sudah dimuat. Promosi yang dilakukan tentu adalah langkal legal yang dibenarkan pihak youtube. Berikut jenis-jenis promosi yang bisa di lakukan oleh youtubers, yaitu : 1. Promosi berbayar. Promosi berbayar yaitu memakai jasa google adword. Promosi melalui adword menjadi pilihan utama guna mendatangkan viewer secara cepat. Biaya relatif murah dan dibayar per klik iklan. 2. Promosi g…

Fakta Unik Tahu Tempe

Tahu tempe merupakan bahan makanan yang sering dan mudah dijumpai diberbagai daerah. Tahu tempe sebagai bahan olahan makanan sederhana tapi kaya akan kandungan gizi terutama asupan gizi protein. Banyak masyarakat yang tidak menyadari nilai nilai gizi yang terkandung didalam tahu tempe. Banyak masyarakat yang tidak mengetahui fakta unik tahu tempe.  Masyarakat pada umumnya memandang protein hewani yang berasal dari daging sapi, ayam atau daging hewani adalah gaya hidup sehat yang mencukupi kebutuhan protein hewani bagi tubuh. Gaya hidup sehat yang mementingkan ketercukupan kebutuhan protein hewani bukanlah termasuk pola hidup sehat yang sebenarnya. Pola hidup sehat lebih mementingkan pada pemenuhan kebutuhan gizi seimbang. Ketika harga daging naik terjadi kebingungan pada masyarakat umumnya akan asupan gizi protein hewani yang memiliki kandungan dan manfaat gizi protein hewani. Akan tetapi pemenuhan gizi protein bisa disiasati dengan alternatif pengganti protein hewani yang berasal dari…