Sunday, October 22, 2017

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Dimanakah fokus kita sebagai seorang blogger : Konten atau SEO?. Mari kita berfikir kembali tentang visibility konten yang mudah ditemukan audiens di mesin pencarian. Ada sebuah harapan bahwa semakin mudah konten ditemukan audiens semakin tinggi traffic pengunjung.
Bagi sebagian besar blogger ketika konten / postingan artikel masuk halaman pertama mesin pencarian google akan mampu meningkatkan traffic pengunjung blog/situs. Beranjak dari situlah, para blogger pun mencari cara untuk meningkatkan traffic pengunjung.
Teknikal SEO
Secara umum, teknikal SEO terdiri dari 2 bagian utama yaitu Off Page dan On Page. Seo On Page lebih menitik beratkan pada crawling(pengindeksan), navigasi dan coding. Seo Off Page lebih menitik beratkan pada deskripsi konten dan link building.
SEO Off Page dan SEO On Page merupakan elemen penting bagi seorang blogger. Pembicaraan tentang SEO tetap akan berlangsung panjang dan tak akan berhenti karena SEO itu adalah seni. Yupz seni modifikasi elemen-elemen web.
Untuk apa si modifikasi elemen-elemen web?. SEO itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan visibility(keterlihatan) web di mata mesin pencarian. Dari sanalah sebuah web akan memasuki peringkat satu / halaman pertama mesin pencarian terutama Google. Itulah Crawling dan pengindeksan sebuah web atau konten.
Secara garis besar, mesin pencarian bekerja untuk merayapi(Crawling) dan Index sebuah web/konten. Semakin mudah mesin pencarian merayapi dan menindeks sebuah konten maka akan semakin mudah pula sebuah konten memasuki halaman pertama mesin pencarian. Semestinya sebuah web tidaklah menggunakan coding yang memberatkan Crawling dari mesin pencarian.
Seperti yang sudah kita ketahui, mesin pencarian Google tidak pernah memakai Keywords(Kata kunci) namun tetap mempertimbangkan Keywords dalam perayapan namun sekarang ini Google benar-benar tidak memperhatikan Keywords tapi fokus pada meta deskripsi sebuah web.
Elemen-elemen SEO On Page
Berikut ini adalah elemen-elemen dalam SEO On Page yaitu :
  1. Url Domain
  2. Template
  3. Tag Judul
  4. Heading
  5. Sitemap
Elemen-elemen SEO Off Page
Berikut adalah elemen-elemen dalam SEO Off Page yaitu :
  1. Backling
  2. Share medsos

Optimalisasi Konten
Apa itu optimalisasi konten?. Optimalisasi konten merupakan bagian dari SEO itu sendiri namun lebih fokus pada bagaimana pengembangan konten yang SEO friendly di mata mesin pencarian. Sebetulnya, saya agak ribet juga menerangkan ide awal optimalisasi konten namun saya memiliki keyakinan bahwa konten itulah yang mempengaruhi audiens berkunjung dan menjadi pengikut web.
Audiens bukan datang ke web/blog tanpa sebab, mereka menginginkan kebutuhannya terpenuhi. Entah butuh informasi tentang olahraga dan lain sebagainya. Konten adalah raja.
Membangun Audiens dari sekedar lewat menjadi follower web bukanlah pekerjaan mudah. Perlu sebuah analisa mendalam asal muasal mereka berkunjung ke web. Kita mungkin pernah tahu cara meningkatkan traffic pengunjung blog/web dengan membuat judul yang bombastis. Itu mungkin berhasil tapi bagaimana jika audiens kecewa dengan konten? tak akan berkunjung lagi bukan.
Optimalisasi konten tidak berhenti pada pembuatan judul, url judul dan deskripsi namun berkembang jauh pada menjawab kebutuhan audiens dan advertiser. Tujuan dari optimalisasi konten itu adalah audiens yang tinggi dan bersahabat dengan perusahan advertiser. Dengan begitu diharapkan dua sisi web akan terpenuhi yaitu traffic pengunjung dan pendapatan.




No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih

KESEHATAN

NUTRISI

REVIEW SMARTPHONE