Proyek Mobil Self-Driving Google

Salam sukses sahabat otomotif aspudin. Google dalam beberapa tahun terakhir sudah mengembangkan proyek mobil self-driving dibawah perusahaan Google Inc. Produk mobil self-driving Google, Waymo, sedang mengembangkan sistem teknologi mengemudi otonom dengan sistem sensor Lidar sendiri.
Pada setiap percobaan sebelumnya, uji coba mobil otonom google di jalan raya selalu di temani pengemudi manusia untuk menjaga dari kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Tapi untuk kali ini, di awal tahun 2017, percobaan mobil otonom google tanpa di dampingi pengemudi manusia.
Berikut adalah ucapan CEO Waymo, John Krafcik, pada pidato di konferensi teknologi Auto Mobil-D 2017" North American International Auto Show di Detroit :
1. Merancang sistem Lidar kita sendiri tidak hanya memberi kita produk lebih dapat di andalkan di bandingkan apa yang bisa kita dapatkan off the-sherf. Itu memumungkinkan kita mengembangkan sedikit biaya.
2. Ini adalah langlah besar dalam membuat teknologi ini terjangkau dan mudah di akses jutaan orang. 
3. Dengan kombinasi Lidar mampu melihat orang, benda-benda dekat dengan mobil dan tempat objek jauh dari mobil.
4. Di kutip dari sumber Detroit News.
Lidar adalah salah satu sistem sensor yang terdapat pada self-driving otonom. Sistem sensor ini mampu mendeteksi orang dan objek lain di sekitat mobil. Keberadaan dari teknologi sensor ini yang membedakan perusahaan pengembang mobil otonom. Semakin canggih sistem sensor lidar makin membuat mobil otonom mampu berakselerasi di jalan umum tanpa hambatan berarti.

Prediksi Mobil Otonom Di Tahun Mendatang

Melihat persaingan di industri mobil otonom, dengan banyaknya perusahaan raksasa yang secara serius mengembangkan teknologi mobil otonom, maka di prediksi mobil otonom di beberapa tahun mendatang akan menjadi pesaing berat bagi produsen mobil SUV. Meskipun begitu, hal tersebut mungkin akan terjadi dalam beberapa puluh tahun mendatang. Sampai saat ini belum ada satu produsen pun yang memproduksi secara masal mobil self-driving dengan sistem pengemudian otonom.

Keuntungan Mobil Otonom

Ada beberapa keuntungan dari kehadiran mobil otonom, yaitu :
1. Tidak perlu menyetir mobil sendiri.
2. Mengurangi akibat kecelakaan seperti korban jiwa.
3. Berkurangnya tilang pada pengemudi, siapa yang mau di tilang kan gak ada sopirnya. 
4. Mampu menghemat anggaran belanja negara karena mampu mengurangi jumlah polisi lalu lintas.

Kekurangan Mobil Otonom

Berikutbbeberapa kekurangan dari kehadiran mobil otonom, yaitu :
1. Banyak yang hilang pekerjaan sebagai sopir profesional.
2. Pengguna jalan raya lainnya seperti pejalan kaki tidak bisa menggunakan bahasa verbal seperti saat hendak menyebrang jalanan.
Dengan memperhatikan beberapa keuntungan dan kerugian dari pengembangan mobil otonom, sepertinya akan mengurangi peradaban manusia sebagai makhluk sosial jika mobil otonom tersebut di produksi secara masal sebagai kendaraan pribadi. Ada baiknya, mobil otonom tersebut di gunakan untuk keperluan industri atau jasa kendaraan umum saja. Karena hal tersebut lebih menjadikan manusia lebih manusiawi. 




Comments

Google+ Followers

Trending Sepekan

Tujuan Pencapaian Target Pembaca Blog

Direktur Pemasaran Google Analytics Berbicara Tentang Kegagalan

Dimanakah Fokus Kita : Optimalisasi Konten Vs Teknikal SEO

Mantaps Jiwa Nih Cewek Asal Italia

Manfaat Yang Terdapat Pada Gizi Kentang

Kecepatan Sama Dengan Pendapatan?

Adakah Yang Salah Dengan Menikah Beda Usia?

Dapatkan Postingan Terbaru Via Email