6 Momen Yang Hilang Di Bulan Suci Ramadhan Tahun Ini

Ada banyak momen yang tidak bisa dilakukan dibulan suci Ramadhan tahun ini.
Ada banyak momen yang tidak bisa dilakukan dibulan suci Ramadhan tahun ini. Dulu, setiap kali memasuki bulan puasa ada momen yang sering kita tunggu-tunggu. Tapi sekarang dah gak bisa lagi.
Menjalankan ibadah puasa ditengah pandemik covid-19 membuat banyak perbedaan dalam hal nuansa Ramadhan. Puasanya sih sama aja tapi itu loh, gak bisa ngabuburit, bangunin sahur.
Ngomongin suasana puasa tahun ini. 
Berikut adalah momen yang hilang dibulan suci Ramadhan tahun ini :
1. Ngabuburit
Ngabuburit adalah istilah nunggu buka puasa. Umumnya ngabuburit dilakuin bareng temen-temen.
Ngabuburit itu biasanya gajebo, sekedar nongkrong duduk-duduk bareng temen, ngobrol ngaler ngidul, ngacapruk atau ada juga yang kumpul nyalurin hobi yang sama. Intinya ngabuburit itu nunggu puasa, dah itu aja🤭
Yang malas baca bisa dengerin disini !!
2. Bukber
Bukber atau buka bareng pasti bikin kalian kangen kan. Secara tahun ini, kalian gak bisa mengadakan kumpul bareng jadi deh bukber pun sulit dilakukin. Sabar ya, ntar juga kalo dah hilang pandemik corona bisa bukber kokk.
Bukber itu biasanya dilakukan bareng temen sekolah, temen kerja, temen kuliah atau temen tapi demen🤭
Menu bukber pun bebas atau ada juga loh yang masak bareng. Kalo gue lebih suka yang masak bareng karena masaknya pake hati pasti rasanya menyentuh dijiwa. Idih apaan sih 🤭😂😂
3. Tarawih
Salat tarawih dibulan suci Ramadhan tahun ini sulit dilakukan. Bisa dimengerti. Yang jelas Tarawih ditahun ini berasa hambar dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Tarawih bagi saya sangat spesial karena jika dibulan lain kita tidak bisa melaksanakan salat sunnah secara berjamaah dalam sebulan full.
Tapi dibulan suci Ramadhan, kita bisa melaksanakan salat sunnah secara berjamaah sebulan full lagi. Apa gak sedih tuh, kita ninggalin momen terbaik bulan puasa.
4. Tadarus
Tadarus dibulan suci Ramadhan mempunyai makna yang sangat dalam. Tentu saja, selain karena dibulan suci Ramadhan pahalanya dilipat gandakan pastinya di bulan puasa ini Al-Qur'an diturunkan. Alhamdulillah🤲
Kalau bagi anak-anak, tadarus itu menjadi bagian momen yang indah dimalam hari. Loh kenapa? Karena eh eh karena, setelah tadarus atau menunggu giliran membaca Al-Qur'an, kita bisa icip-icip hidangan yang tersedia. Sebetulnya bukan cuman anak kecil doang lah abdi oge resep keneh.
Bukan masalah laper atau tidak laper, enak atau tidak enak hidangan dimasjid, cuman ya itulah yang dinamakan berkah(menguatkan). 
Sungguh disayangkan, Bulan puasa tahun ini, kita kehilangan salah satu momen terbaik bulan Ramadhan.
5. Bangunin Sahur
Lu kangen gak saat kalian bangunin sahur keliling kampung-kampung?
Kalo gue kangen banget bisa ada momen bangunin sahur keliling. Dengan membawa peralatan seadanya entah kentungan, bedug, atau sekedar botol yang penting mengeluarkan suara.
6. Sahur keliling
Ditahun-tahun sebelumnya, sahur keliling bisa laksanakan tapi dibatasin. Nah untuk tahun sekarang, PSBB jadi otomatis gak bisa ngelakuin sahur keliling.
Sahur keliling biasanya dilakukan dengan tujuan berbagi dan makan sahur barsama. Kaum dhuafa, pemulung, gelandangan biasanya sih jadi temen buat sahur keliling.
Seru banget deh kalo ngomongin momen indah dibulan puasa, kagak ada abisnya. Cuman secara garis besar ya itu deh 6 momen yang hilang dibulan suci Ramadhan.

Post a Comment

Silahkan Komentar sesuai topik bahasan. Diluar konteks bahasan tidak akan ditampilkan. Terimakasih