Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game Online Di Smartphone

So, bagaimana cara mengatasi anak kecanduan game online di smartphone?.

Mungkin anak anda termasuk kategori kecanduan game online di smartphone. Gak perlu risau, semua bisa diperbaiki dengan memulai menerapkan cara untuk mengatasi anak kecanduan game. So, bagaimana cara mengatasi anak kecanduan game online di smartphone?.
Di zaman now, rasanya semua orang sudah memiliki smartphone. Kemudahan tersebut membuat akses teknologi semakin tak terkendali. Banyak orang yang sudah mulai kecanduan menggunakan smartphone.

Orang dewasa baik lajang maupun orang tua sudah terbiasa menggunakan smartphone walau hanya untuk eksis di medsos. Saya kira perlu pengendalian terhadap situasi tersebut.
Yang lebih parah adalah ketika kebiasaan menggunakan smartphone menular pada anak. Biasanya hal tersebut diawali dengan sepele yaitu agar anak diem gak merengek minta sesuatu. Blass bisa berakibat fatal.
Secara gak sengaja, kita sudah membiasakan anak menggunakan smartphone. Diberilah kemudahan untuk main game di smartphone. Opss!!.

Cikal bakal tersebut jika dilakukan berulang-ulang akan membuat anak anda kecanduan main game online di smartphone. Jiaahhh jadi begitu dweh!!.
Kalau sudah mulai terlihat sang buah hati kecanduan game online, buru-buru diatasi sejak dini agar tidak benar-benar kecanduan main game online di smartphone.

Berikut ini tips cara mengatasi anak kecanduan main game online di smartphone adalah :

  1. Beri perhatian lebih. Jika anak sudah kecanduan main game online, cobalah beri perhatian lebih dengan mengikuti kemauan anak. Jangan biarkan anak anda sedang asyik sendiria main game. Ketika asyik main game cobalah tawarkan sesuatu yang menarik seperti makanan ringan atau lainnya.
  2. Mulai membatasi jam main game. Pembatasan jam main game online akan memberikan jeda pada anak untuk berhenti main game. Beri jeda misal satu atau dua jam untuk bermain game online.
  3. Ajak berlibur. Gunakan weekend semaksimal mungkin untuk berinteraksi dengan anak-anak anda. Ajaklah berlibur ke tempat-tempat edukasi yang menstimulus otak anak anda bekerja. Misal wahana robotik atau lainnya.
  4. Lakukan kegiatan menyenangkan seperti menanam bunga atau berkebun. Berikan reward pada anak misal memberi plang nama bunga sesuai kemauan si anak.
  5. Outbond. Ajak anak anda outbond bersama. Mulailah bangun teamwork dan berikanlah tantangan yang mengunggah nyali anak seperti flying fox.
  6. Sedikit beri tanggung jawab kecil misal mematikan Tv atau menyalakan Ac disaat-saat tertentu. Hal tersebut diharapkan akan menumbuhkan jiwa responsibility.

Kecanduan game online adalah kebiasaan buruk yang bukan merupakan pola hidul sehat. Akibat yang ditimbulkan karena kecanduan game online bisa berbeda-beda.
Mungkin efek buruk anak kecaduan game online bukan saja pada mata tapi kesehatan tubuh pun akan terganggu. Anak malas makan dan lebih banyak diam ditempat.
Semua bisa diatasi!! Jangan biarkan anak anda kecanduan game online.