Tema 1 Analytics Dalam Pengembangan Channel

Pengembangan channel memiliki tujuan untuk membuat sebuah channel menjadi populer. Ketika channel sudah populer berarti pemirsa youtube mudah menemukan video dan meningkatkan penghasilan seorang youtubers. Untuk bisa seperti itu, seorang kreator youtube(youtubers) bisa memulai dengan cara analisa analytics dan manfaat dalam pengembangan channel. Berikut panduan youtubers yang di mulai dari materi 1 ringkasan analytics dalam tema cara analisa dan manfaat dalam pengembangan channel.
Pada materi sebelumnya, sudah diperkenalkan tentang analytics dan garis besar isi dari analytics. Untuk mempermudah mempelajari analytics secara kesinambungan, saya beri tema saja, yaitu tema 1 analytics dalam pengembangan channel. Gambaran umum pembahasan tema 1 adalah pengenalan analytics dan pembahasan isi analytics. Pembahasan isi analytics dimulai dengan materi 1 yang akan dibahas adalah ringkasan analytics.

Materi 1: Ringkasan Analytics

Materi 1: ringkasan analytics dan manfaat. Seperti yang sudah diperkenalkan dalam materi sebelumnya, dalam laporan analytics memuat ringkasan analytics. Ringkasan analytics adalah gambaran umum apa yang terjadi pada sebuah channel dengan rentang waktu yang ditentukan oleh pemilik channel. Menurut saya, rentang waktu yang ditentukan pemilik channel berkisar 28 hari sekali. Alasannya, dalam kurun waktu 28 hari sudah banyak aktivitas yang terjadi dalam channel sehingga data yang didapat sudah statis: tidak banyak perubahan. 
Berikut adalah isi dari ringkasan analytics(rentang waktu 28 hari), yaitu :
1. Penayangan real time dalam waktu 48 jam. Dalam data penayangan menunjukkan berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh pemirsa. Data ini penting sebagai bahan perbandingan dengan penayangan real time video yang terakhir dipublikasikan.
2. Penayangan real time dalam waktu 48 jam: video terakhir yang dipublikasikan. Data ini memperlihatkan jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan. Cara membacanya adalah jumlah penayangan real time(poin 1) - jumlah penayangan 3 video terakhir yang dipublikasikan= jumlah penayangan diluar 3 video terakhir dipublikasikan. Dengan demikian, kita akan mengetahui persentasi jumlah penayangan 3 video terakhir dipublikasikan. 
3. Waktu menonton(menit). Data ini menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton keseluruhan video dalam channel. 
4. Penayangan. Jumlah penayangan dalam waktu 28 hari. Berapakali video keseluruhan dalam channel ditonton oleh viewer.
5. Durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari. Data ini menunjukkan perbandingan durasi tonton rata-rata dalam waktu 28 hari terakhir dengan 28 hari sebelumnya.
6. Estimasi pendapatan rata-rata. Data ini menunjukkan perkiraan pendapatan yang akan diraih seorang subscriber.
7. Subscribers. Data ini menunjukkan peningkatan atau penurunan jumlah subscribers.
8. Persen disukai(vs tidak disukai). Data ini menunjukkan keterlibatan viewer dalam memberikan like pada video.
9. Video teratas. Data ini menunjukkan 5 video dalam daftar video teratas untuk kurun waktu 28 hari terakhir. 

Manfaat Membaca Data Ringkasan Analytics.

Setelah membaca data pada ringkasan analytics akan didapatkan manfaat dalam bentuk petunjuk pengembangan channel. Manfaat membaca data ringkasan analytics adalah sebagai berikut :
1. Kita akan mengetahui jumlah penayangan video secara cepat dalam waktu 48 jam terakhir.
2. Mampu menganalisa seberapa besar kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan. Jika persentasi kontribusi dari 3 video terakhir yang dipublikasikan cukup tinggi maka kita bisa membuat video dengan mengambil konten yang berkaitan dengan 3 video tersebut. Hal tersebut penting untuk memperkuat citra dimata viewer/subscriber untuk kembali lagi pada channel.
3. Dengan mengetahui jumlah waktu menonton dari viewer, kita bisa membuat konten yang memiliki durasi waktu yang akan dihabiskan viewer untuk menonton. Misal durasi waktu yang ditonton dalam rentang waktu 28 hari terakhir adalah 1 menit maka konten berikutnya harus dibuat dengan konten waktu sekitar 1 menit. Mengapa demikian? Karena jumlah durasi konten yang dibuat dengan waktu konten yang ditonton memiliki arti penting dalam SEO youtube. Jika durasi konten dengan durasi waktu seimbang akan memperkuat citra channel dimata SEO youtube. Tujuannya adalah video yang dimuat akan mudah ditemukan viewer dan pendapatan dari pengiklan akan mengalir deras. Beda halnya dengan durasi konten yang dimuat adalah 10 menit sedangkan waktu yang dihabiskan viewer dalam menonton adalah 1 menit, apa yang akan terjadi pada channel kita?, tentu video yang dimuat akan sulit ditemukan viewer dan berujung pada minimnya penghasilan.
4. Mengetahui peningkatan jumlah subscriber dan penurunan jumlah subscriber. Apakah jumlah subscriber meningkat atau menurun?. Jika meningkat maka pertahankan konten yang dibuat karena viewer sudah percaya pada konsistensi dan kualitas konten yang dimuat channel. Jika penurunan, ada baiknya periksa jumlah 5 video teratas yang paling banyak ditonton. Dengan begitu, konten yang dimuat selanjutnya adalah konten yang berhubungan dengan 5 video teratas.
5. Dengan mengetahui jumlah video teratas yang paling banyak ditonton maka cari video yang sudah dimuat namun viewernya masih rendah lalu gunakan layar akhir untuk menempatkannya di video teratas. Hasilnya akan tercapai keseimbangan viewer di berbagai video. Ingat: penempatan video pada layar akhir harus sesuai dengan tema video yang akan ditempatkan. Hal tersebut bertujuan untuk meraih kepercayaan dari viewer bahwa memang channel kita konsisten memuat video dengan tema tersebut.

Terpopuler

Analytics Mewujudkan Channel Youtube Populer

Mampukah Saya Mandiri Di Masa Lansia

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus

Kenali Penyebab Channel Youtube Di Banned

Proyek Mobil Self-Driving Google

Anda Punya Nyali Terima Tantangan Test Yang Satu Ini