Konten Artikel Populer Dan Viral Di Medsos

Era medsos, kira-kira begitulah istilah yang saya pakai untuk menggambarkan betapa banyak orang yang menggunakan dan ketergantungan pada medsos. Bila di perhatikan dengan seksama, isi medsos banyak yang sekedar mengungkapkan perasaan atau sekedar membagikan link dari situs yang ia baca. Hal tersebut mendorong penulis artikel online mengubah cara penulisan konten artikel dari teknik  SEO menjadi penulisan artikel yang populer dan viral di medsos.

Sebelum era medsos di mulai, penulisan artikel berorientasi pada teknik SEO semata. Pada teknik SEO artikel lebih menitik beratkan pada meta keyword dimana keyword menjadi faktor penting sebuah artikel mudah di temukan oleh pembaca di mesin pencarian. Tapi itu cerita dulu, kini keyword bukanlah faktor penting dalam SEO, faktanya google sendiri tidak memakai keywords.
"baca juga tentang 3 cara mendapatkan persetujuan Google Adsense"
Bagaimana dengan kondisi era medsos seperti sekarang?. Era medsos menjadikan komunikasi lebih mudah dan memperpendek jarak antar geografis. Banyak media sosial yang menyajikan layanan pertemanan sampai layanan komunikasi lewat bertatap muka secara langsung(video call).
Banyaknya ragam layanan medsos, di sadari atau tidak sudah menjadikan medsos sebagai komunikasi utama di berbagai belahan dunia. Komunikasi yang bersifat personal sampai komunikasi politik pun di lakukan melalui media sosial. Itulah fakta yang terjadi di era medsos.
Fakta terkait medsos membawa perubahan pada mindset pemilik situs atau blogger yang menyajikan konten tulisan artikel.  Jika beberapa tahun sebelumnya, mindset itu berkutat di sekitar pada cara penulisan artikel agar berada di halaman pertama mesin pencarian google. Pada era tersebut, para blogger senantiasa melakukan optimalisasi teknik seo dengan melakukan optimalisasi keywords, pencarian backling dan sebagainya.
Pencarian backling di lakukan dengan blogging ke blog atau situs lain dengan cara berkomentar untuk menanamkan backling. Tidak sedikit, blogger sampai membeli backling dari penyedia jasa jual backling. Backling situs berpengaruh pada tingkat kepercayaan mesin pencarian. Dengan makin banyak backling dari situs dengan peringkat tinggi akan menjadikan sebuah situs mudah di temukan di mesin pencarian. Itu semua di lakukan guna meningkatkan traffic pengunjung situs.
Kini di era medsos berubah total, keywords tidak di anggap penting lagi bahkan tidak memakai keywords saja sebuah artikel bisa menarik traffic pengunjung yang tinggi. Suka atau tidak, traffic tinggi adalah tujuan utama para blogger.
Untuk mendapatkan traffic pengunjung yang tinggi, para blogger harus banyak melakukan promosi di media sosial. Promosi para blogger bisa di lakukan dengan berbagai cara mulai dari pembuatan fanspage(facebook) sampai memanfaatkan iklan di medsos.
Promosi seperti tersebut tentu akan boros waktu dan uang, beda halnya jika penulisan artikel di buat semenarik mungkin agar bisa menjadi populer dan viral di medsos. Cara penulisan seperti itulah yang harus di titik beratkan oleh para blogger.
Sebuah artikel bisa populer dan viral di medsos bukan hal yang mudah, perlu sebuah analisa terhadap perilaku para pengguna medsos. Analisa sederhana tentang perilaku pengguna medsos adalah filosofi medsos itu sendiri. Secara filosofis, medsos atau media sosial hadir sebagai sarana komunikasi antar manusia dari berbagai belahan penjuru dunia. Terbukti keberadaan medsos di jadikan pula sebagai komunikasi antar personal sampai politik.
Dengan memperhatikan filosofi medsos, maka seorang blogger harus mampu memahami karakter pengguna medsos. Pada umumnya ada empat karakter utama pengguna medsos yaitu kebanggaan, eksistensi, emosi dan hiburan semata. Empat karakter tersebut yang menjadi pemicu ketergantungan pada media sosial.
Dengan memperhatikan empat karakter tersebut di atas, maka cara penulisan konten artikel pun harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna medsos. Oleh karena karakter tersebut merupakan kebutuhan pokok tiap manusia. Setiap manusia memiliki rasa kebanggaan, emosi, butuh hiburan dan pengakuan eksistensi status sosial di kehidupan nyata.
Kembali pada cara penulisan artikel agar populer dan viral di medsos, cobalah cari tema yang sesuai dengan empat karakter pengguna medsos. Sebagai contoh jika kita ingin menulis tentang tentara maka cobalah mencari topik yang bisa membangun rasa kebanggaan dan membangkitkan emosi pembaca. Emosi pembaca itu bisa bersifat kemarahan ataupun kesamaan dengan kondisi yang di alami. Kalau sudah di temukan topik artikel tentu penulisan itu harus bisa bersifat memicu rasa penasaran pembaca dan kepuasan dalam membaca. Jika kedua unsur tersebut sudah di penuhi dalam sebuah artikel maka bersiap-siaplah artikel anda menjadi populer dan viral.

Terpopuler

Analytics Mewujudkan Channel Youtube Populer

Mampukah Saya Mandiri Di Masa Lansia

Hindari 5 Hal Ini Biar Body Motor Tetap Mulus

Kenali Penyebab Channel Youtube Di Banned

Proyek Mobil Self-Driving Google

Anda Punya Nyali Terima Tantangan Test Yang Satu Ini