Skip to main content

Kenali Pecahan Uang Rupiah Desain Baru

Desain baru Uang Rupiah
7 pecahan uang kertas dengan desain baru
Presiden RI Joko Widodo di dampingi Gubernur Bank Indonesia  Agus Martowardojo dan Menkeu Sri Mulyani secara resmi telah meluncurkan uang rupiah dengan desain baru, Senin 19 Desember 2016. Dengan begitu, uang rupiah dengan desain baru sudah berlaku dan beredar di seluruh pelosok Negeri. Kenali pecahan uang rupiah dengan desain baru agar kita mampu beradaptasi dalam penggunaan uang rupiah. Inilah informasi dan ulasan tentang uang rupiah dengan desain baru.

Uang rupiah dengan desain baru terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan 4 pecahan uang logam. Tujuh uang pecahan kertas terdiri dari pecahan uang dengan nominal Rp 100.000,- , Rp 50.000,- , Rp 20.000,- , Rp 10.000,- , Rp 5.000,- , Rp 2.000,- dan Rp 1.000,-. Sedangkan uang rupiah dalam pecahan logam terdiri dari nominal Rp 1.000,- , Rp 500,- , Rp 200,- dan Rp 100,-.
Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan " Rupiah juga alat pembayaran yang sah dan wajib digunakan diseluruh NKRI, penggunaan kata uang asing tidak sejalan dengan semangat nasionalisme. Kami juga akan memastikan bahwa bank sentral mengupayakan agar ketersediaan rupiah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat"(dikutip dari suara.com).
Informasi uang rupiah dengan desain baru harus segera di sosialisasikan secara serentak ke masyarakat umum terutama mereka yang melakukan transaksi keuangan secara tunai seperti pedagang, transportasi dan lainnya. Sosialisi terhadap masyarakat di perlukan agar masyarakat mampu beradaptasi dalam penggunaan uang rupiah dengan desain baru tersebut.
Berikut adalah pecahan uang rupiah dengan desain baru, yaitu :
1. Uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 100.000,-.
Rupiah desain baru nominal Rp 100,-
Foto: Dok. Bank Indonesia

Uang Rupiah pecahan kertas dengan nominal Rp 100.000,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Dr(HC) Ir.Soekarno dan Drs.Mohammad Hatta.










2. Uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 50.000,-.
uang rupiah nominal Rp 50.000,-  
Foto : Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan kertas dengan nominal Rp 50.000,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Ir.H.Djuanda Kartawidjaja.











3. Uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 20.000,-.
Uang Rupiah nominal Rp 20.000,-
Foto: Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan kertas dengan nominal Rp 20.000,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Dr.G.S.S.J Ratulangi.











4. Uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 10.000,-.
Uang rupiah pecahan kertas nominal Rp 10.000,-
Foto : Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan kertas dengan nominal Rp 10.000,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Frans Kaisiepo.











5. Uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 5.000,-.
uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 5.000,-
Foto : Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan kertas dengan nominal Rp 5.000,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Dr.K.H.Idham Chalid.











6. Uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 2.000,-.
uang rupiah pecahan kertas nominal Rp 2.000,-
Foto : Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan kertas dengan nominal Rp 2.000,-  memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Mohammad Hoesni Thamrin.











7. Uang Rupiah pecahan kertas nominal Rp 1.000,-.
uang rupiah pecahan kertas nominal Rp 1.000,-
Foto : Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan kertas dengan nominal Rp 1.000,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Tjut Meutia.











8. Uang Rupiah pecahan logam Rp 1.000,-.
uang rupiah pecahan logam nominal Rp 1.000,-
Foto : Dok. Bank indonesia

Uang Rupiah pecahan logam dengan nominal Rp 1.000,- memiliki gambar depan Mr. I Gusti Ketut Pudja.










9. Uang Rupiah pecahan logam Rp 500,-.
uang rupiah pecahan logam dengan nominal Rp 500
Foto : Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan logam dengan nominal Rp 500,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Letjen TNI T.B. Simatupang.











10. Uang Rupiah pecahan logam Rp 200,-.
uang rupiah pecahan logam Rp 200,-
Foto : Dok. Bank Indonesia

Uang Rupiah pecahan logam dengan nominal Rp 200,- memiliki gambar Pahlawan Nasional Dr. Tjiptomangunkusumo.










11. Uang Rupiah pecahan logam Rp 100,-.
Foto : Dok. Bank Indonesia
Uang Rupiah pecahan logam dengan nominal Rp 100,- memiliki gambar depan Pahlawan Nasional Prof.DR.Ir. Herman Johannes.











Ondel Ondel Betawi
Demikian informasi singkat tentang desain baru uang rupiah. Semoga Bermanfaat!!.










Temukan Artikel Yang Anda Mau!!!

Artikel Populer Minggu Ini

Aksi Demian di America's Got Talent di Saksikan Langsung Donald Trump

Aksi Demian saat pertama kali tampil di America's Got Talent banyak menuai komentar negatif dari netizen asal Indonesia. Komentar negatif dari netizen membuat Demian merasa khawatir seni sulap akan hilang dari Indonesia. Lanjut baca"komentar Demian". Itu dulu, kini? Berkat aksi gemilang Demian di audisi tahap pertama di ajang America's Got Talent, Ia pun menjadi sorotan publik internasional bahkan mungkin sampai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mungkinkah?.


Lihatlah video di menit 4:55 saat Demian melakukan aksi keduanya di America's Got Talent, Donald Trump? !!!! Seperti yang kita ketahui bahwa Donald Trump adalah seorang tokoh televisi realita, hal tersebut memungkinkan Donald Trump menyaksikan langsung acara televisi America's Got Talent. Tapi seberapa pentingkah Donald Trump menyaksikan langsung aksi Demian?. Ah bagi saya mah, lelaki yang ada di video tersebut entah Donald Trump asli atau orang yang sengaja berdandan mirip Donald Trump ke, kagak pe…

Atasi Gangguan Iklan Pada Android

Loh kok tiba-tiba ada iklan yang muncul di smartphone saya, kenapa ya?. Mungkin sobat aspudin pernah mengalami kejadian tersebut; tiba-tiba muncul iklan di smartphone android. Terasa mengganggu karena iklan tersebut muncul bukan pada tempatnya. Yang perlu pertama kali kita sadari bahwa pemasangan iklan pada sebuah aplikasi android adalah sebagai salah satu cara untuk meraih penghasilan bagi para developer aplikasi android. Hal tersebut adalah biasa-biasa saja. Namun akan terasa mengganggu jika kemunculan iklan terjadi secara tiba-tiba padahal kita sedang menjalankan aplikasi contohnya WA.So, bagaimana cara mengatasi iklan pada smartphone android yang muncul tiba-tiba di layar smatphone?.
Untuk mengatasi iklan pada layar smartphone yang muncul secara tiba-tiba adalah mudah jika kita tahu caranya. Cara atasinya ya dengan download aplikasi yang khusus menangani adware. Salah satu aplikasi android yang pernah saya coba adalah anti adware.
Untuk download anti adware, sobat aspudin cukup m…

Iri Gak Melihat Anak Usia 8 Tahun Sukses Sebagai Pengusaha Termuda

Apa jadinya jika orang dewasa kalah secara finansial dari anak usia 8 tahun?. Iri, mungkin itulah gambaran yang tepat untuk melukiskan keraguan akan keberhasilan anak usia 8 tahun yang sudah mampu menghasilkan 13k Euro per tahun.



Junior Wyatt, nama anak usia 8 tahun yang sukses sebagai pengusaha termuda di Inggris. Usaha yang di dijalankannya bergerak di bidang penjualan dan pengiriman telur.
Apa yang menjadi ide bisnis Junior Wyatt? Junior Wyatt memiliki ide bisnis setelah menyaksikan acara Tv Channel 4"How'd You Get So Rich" dimana ia menyaksikan pengusaha sukses di bidang telur.
Junior memberi nama merk usahanya"Mr Free Range". Meskipun bisnis Junior sudah mampu mengantarkannya sebagai pengusaha termuda Inggris, namun Junior masih memiliki impian lain.
Menurut Junior" impian saya adalah untuk menjadi sukses, menjadi petinju profesional dan memiliki rumah yang di tinggali semua keluarganya.
"Duh ko pengen jadi petinju si, bukannya dah enak jadi pen…

Inovasi Kemasan Air Minum Yang Bisa di Makan

Kemasan air minum yang kita tahu selama ini berbahan plastik yang bisa mengakibatkan pencemaran lingkungan. Fakta tersebut mendorong sebuah perusahaan untuk membuat inovasi terhadap kemasan air minum yang bisa di makan. Mungkin kita belum bisa membayangkan ketika kemasan air minum bisa langsung di makan. Saat ini, kemasan air minum yang bisa langsung di makan baru benar-benar ada di sebuah forum atau acara-acara tertentu saja.


Ooho! adalah kemasan pertama yang di perkirakan akan mengubah dunia menjadi lebih baik. Ooho! adalah kemasan yang terbuat dari rumput  laut. Apa itu Ooho?.
Ooho adalah 100% terbuat dari tanaman dan rumput laut. Biodegradable dalam 4-6 minggu dan bisa di makan.
Jika Ooho sudah di pasarkan secara komersial maka akan mampu mengurangi pencemaran laut akibat kemasan botol plastik.
Sumber : Ooho

Messi Pemicu Utama Neymar Pergi Meninggalkan Barcelona

Siapapun pemainnya tidak ingin selalu di bawah bayang-bayang pemain sepakbola lainnya, termasuk Neymar. Tentu, realistis bagi Neymar untuk pergi meninggalkan Barcelona. Kapankah waktu yang tepat bagi Neymar meninggalkan Barcelona?. Jendela bursa transfer musim panas ini adalah waktu yang tepat bagi Neymar meninggalkan Barcelona. Ada banyak alasan realistis yang mampu mendorong Neymar meninggalkan Barcelona. Messi adalah pemicu utama Neymar pergi meninggalkan Barcelona. Mengapa?

Messi adalah pemain terbaik dunia, sudah 5 kali meraih penghargaan bergengsi; Ballon D'or. Bagaimana dengan Neymar?. Neymar belum pernah meraih Ballon D'or sampai saat ini. Mungkinkah Neymar mampu meraih Ballon D'or?. Sangat mungkin bagi seorang Neymar untuk meraih Ballon D'or jika ia berkompetisi dengan baik yaitu di luar tim yang di perkuat Messi. Artinya Neymar harus pergi meninggalkan Barcelona dan bermain untuk tim yang memiliki tradisi mengantarkan pemain meraih Ballon D'or. Jika saja…

Kemunculan Sosok Ratu Adil Ada Sejak Indonesia Merdeka, Siapakah?

Saya merasa yakin banyak yang sudah tahu tentang ramalan Jayabaya akan kemunculan sosok Ratu Adil. Banyak yang percaya namun tidak sedikit pula yang meragukan kemunculan sosok Ratu Adil. Saya sedang tidak berada dalam percaya atau tidak tentang ramalan Jayabaya tersebut namun saya sedang mencoba membangun imaginasi saya tentang Ratu Adil itu sendiri. Pada umumnya, orang mempercayai bahwa Ratu Adil adalah sosok ksatria yang yatim piatu, sudah lulus weda Jawa, hanya berpedoman trisula(dikutip dari tribunsolo). Lalu, kehadiran Ratu Adil itu di harapkan akan memberikan kesejahteraan dan keadilan bagi masyarakat yang teraniaya. Kapan Ratu Adil akan muncul?. Saya berada dalam pandangan bahwa Ratu Adil itu telah datang sejak Indonesia Merdeka. Siapakah?.
Ratu adil dipercaya mampu mensejahterakan dan memberikan perlakuan adil bagi rakyatnya. Sepertinya sosok Ratu Adil adalah sosok misterius yang memang tidak diketahui pasti keberadaannya. Izinkan saya memberikan sebuah pandangan berbeda tent…

Coba Renungkan Nasehat Pegusaha Legendaris Ini

Ada banyak kisah tentang kiat-kiat sukses seorang pengusaha dalam mengembangkan bisnis. Kali ini, saya tertarik untuk menulis tentang nasehat dari kedua pengusaha legendaris Amerika Serikat yaitu Tony Robbins dan Warren Buffett. Nasehat ini bukan tentang bagaimana pengembangan model bisnis anda melainkan tentang investasi terbaik sepanjang masa.
Siapakah Tony Robbins?. Tony Robbins adalah Seorang multi-jutawan yang sempat menjalani karir sebagai petugas kebersihan. Kini, Tony Robbins mencari nafkah dengan menjual ispirasi ke semua orang. Tonny Robbins dikeal sebagai motivator terbaik didunia. Banyak kisah yang menceritakan perjalanan hidupnya sampai sukses seperti sekarang.
Siapakah Warren Buffett?. Warren Buffett adalah salah satu investor sukses sepanjang massa, nilai assetnya mencapai $75Miliar. kehidupan Warren Buffett terasa unik, dia tetap tinggal di rumah yang pertamakali ia beli. Rumahnya sederhana dan tidak dipagari. Tidak menggunakan telepon seluler dan komputer. Apakah nas…